Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Bisa Dipertimbangkan! Ini 7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK

oleh | Jun 30, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, Tips | 0 Komentar

Jurusan kuliah untuk SMK – Apakah kamu lulusan SMK tapi sedang berpikiran untuk melanjutkan kuliah? Meskipun sebenarnya lulusan SMK sudah dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja, tapi banyak juga dari lulusan SMK yang masih ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Lulusan SMK yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya akan mendapatkan ilmu hingga skill yang lebih mendalam untuk dapat terjun ke dunia kerja. Dikarenakan pendidikan di SMK yang sudah menjurus kepada keahlian tertentu, pilihan jurusan yang bisa dipilih oleh lulusan SMK pun terbatas karena biasanya terdapat persyaratan khusus untuk dapat mengambil program studi tertentu.

Untuk kamu yang masih bingung ingin memilih jurusan kuliah setelah lulus dari SMK, kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan di bawah ini!

Jurusan Pariwisata

Jika kamu lulusan SMK dengan program keahlian Perhotelan, Tata Boga atau Usaha Perjalanan Wisata, kamu bisa nih melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dengan mengambil jurusan pariwisata. Ilmu dan skill yang akan diperdalam seperti manajemen perhotelan, tour and travel hingga berbagai kemampuan komunikasi yang dibutuhkan di dunia kerja nantinya. 

Lulusan jurusan pariwisata dapat bekerja sebagai pengusaha atau agen perjalanan wisata, concierge hotel, pemandu wisata, manajer tempat wisata dan lain-lain. Jurusan ini tersedia di beberapa kampus seperti Universitas Udayana, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Indonesia dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca juga: Berbagai Pilihan Sekolah Kedinasan Pariwisata di Indonesia

Jurusan Film dan Televisi

Untuk kamu lulusan SMK dengan Program Keahlian Multimedia, jurusan Film dan Televisi bisa jadi pilihan yang sangat tepat, nih. Keahlian yang sudah kamu dapatkan selama di bangku SMK akan sangat berguna untuk mengasah skill di bidang ini saat kuliah. Tentunya, pembelajaran yang didapatkan akan lebih mendalam mulai dari manajemen produksi, penulisan naskah, editing elektronik, tata artistik dan lainnya. 

Prospek kerja untuk jurusan ini pun sangat luas, mulai dari produser TV atau film, jurnalis, reporter, penata musik, videografer, sutradara dan masih banyak lagi. Jurusan Film dan Televisi dapat kamu temukan di beberapa universitas seperti Binus University, Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Trisakti dan lainnya.  

Jurusan Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu jurusan di kelompok soshum yang paling banyak diminati untuk melanjutkan kuliah. Jika kamu lulusan SMK dengan program keahlian akuntansi, kamu bisa juga mengambil gelar sarjana ekonomi dengan kuliah di jurusan ini. Tentunya kamu akan mendapatkan pembelajaran yang lebih luas mengenai pembukuan, debit-kredit, audit hingga perpajakan. 

Peluang kerja untuk jurusan akuntansi sangatlah luas mulai dari institusi pemerintahan, bank, konsultan pajak hingga berbagai perusahaan swasta pasti membutuhkan seorang akuntan. Beberapa kampus yang bisa kamu jadikan pilihan untuk kuliah akuntansi seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Airlangga (Unair).

Jurusan Teknik Informatika

Di jaman serba digital ini, kebutuhan tenaga kerja yang dengan skill di bidang teknik informatika, teknologi informasi atau sistem informasi sangat besar untuk berbagai industri. Jurusan teknik informatika bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMK dengan keahlian Teknik Komputer Jaringan atau Rekayasa Perangkat Lunak. 

Jurusan Teknik Informatika bisa kamu temui di beberapa kampus seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kampus lainnya. Setelah lulus, kamu bisa menjadi seorang programmer, software engineer, web developer, UI/UX designer dan berbagai profesi kekinian yang banyak dibutuhkan di berbagai industri. 

Baca juga: Banyak Dibutuhkan, Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Farmasi

Jika ingin berkarir sebagai apoteker, lulusan SMK dengan jurusan farmasi harus melanjutkan pendidikan lebih dahulu dengan mengambil gelar sarjana farmasi dan profesi apoteker. Selain belajar lebih mendalam mengenai obat-obatan, kamu juga akan dibekali dengan administrasi hingga manajemen pemasaran obat. 

Tidak hanya bisa bekerja sebagai apoteker, lulusan farmasi juga banyak dibutuhkan di berbagai industri obat atau kesehatan, BPOM, rumah sakit hingga industri kosmetik. Banyak kampus yang menyediakan jurusan farmasi, di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan masih banyak lagi. 

Jurusan Tata Busana atau Fashion Design

Semakin banyaknya pakaian local brand yang eksis belakangan ini menunjukkan potensi yang masih sangat besar untuk seorang fashion designer atau penata busana. Setelah lulus dengan keahlian tata busana di SMK, kamu bisa juga melanjutkan pendidikan dan mengasah skill lebih dalam dengan kuliah di jurusan tata busana atau fashion design

Jurusan tata busana atau fashion design ditawarkan di beberapa universitas seperti Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Lulusan tata busana dapat berkarir menjadi seorang fashion designer, wirausahawan, fashion stylist, fashion journalist hingga fashion blogger

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu pilihan yang tepat untuk calon mahasiswa lulusan SMK dengan keahlian Desain Grafika. Di jurusan ini, kamu akan banyak mendapatkan pembelajaran mengenai komunikasi visual atau grafis, dasar seni rupa, visual branding dan lainnya. 

Baca juga: Yang Perlu Diketahui dari Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Setelah lulus, sarjana DKV banyak dibutuhkan di berbagai agensi periklanan, berbagai instansi dan perusahaan, production house atau menjadi seorang animator. Beberapa kampus yang bisa kamu jadikan pilihan untuk kuliah DKV seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), 

Bagaimana? Apakah kamu semakin yakin untuk melanjutkan kuliah setelah lulus dari SMK? Semoga informasi ini dapat membantu kamu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!