Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kedokteran Universitas Jember (UNEJ): Kurikulum, Fasilitas, Biaya Kuliah dan Beasiswa

oleh | Mei 25, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran UNEJ – Universitas Jember (UNEJ) merupakan salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur yang menyediakan Program Studi Kedokteran yang unggul. Fakultas Kedokteran UNEJ juga memiliki program studi yang paling diminati untuk menempuh studi kedokteran hingga menjadi program studi kedokteran dengan keketatan teratas di SNMPTN 2021 lalu. 

Fakultas Kedokteran UNEJ sendiri telah berdiri sejak tahun 2000 dan sudah mengantongi akreditas A atau Unggul dari LAM/PTKes. Saat ini, FK UNEJ memiliki dua program studi yaitu Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Profesi Dokter. Bagi kamu yang ingin kuliah kedokteran, FK UNEJ bisa jadi salah satu pilihan, nih

Yuk, simak terlebih dahulu informasi mengenai Kedokteran UNEJ berikut!

Visi

Menjadi Lembaga Pendidikan yang unggul dalam Bidang Agromedis di Asia Tenggara Tahun 2025

Misi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi yang bekualitas dan berwawasan wirausaha dan bereputasi internasional
  2. Melaksanakan dan mengembangkan sains, teknologi, dan seni melalui proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif, inovatif dan bernilai tinggi dalam rangka pengembangan bidang agromedis
  3. Mengembangkan sistem pengelolaan fakultas yang transparan dan akuntabel
  4. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas institusi.

Kurikulum

Pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran UNEJ dilaksanakan dalam tiga fase selama 11 semester. Fase I dan II merupakan tahap akademik atau tahap pendidikan sarjana (S1). Peserta didik yang telah menyelesaikan dua fase ini akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) dan dapat melanjutkan ke fase III yaitu tahap pendidikan profesi. Lulusan pendidikan profesi akan mendapatkan gelar Dokter (dr.)

Kurikulum pendidikan di FK UNEJ berbasis kompetensi (KBK) yang kemudian dipecah menjadi kurikulum mikro (blok). Pendidikan sarjana akan ditempuh dalam 148 SKS sedangkan pendidikan profesi sebanyak 40 SKS. Kegiatan pembelajaran akan diisi dengan:

  • Perkuliahan
  • Diskusi tutorial
  • Pelatihan keterampilan medik
  • Kerja klinik
  • Kerja lapangan
  • Konsultasi pakar
  • Belajar mandiri

Fasilitas

Fakultas Kedokteran UNEJ memiliki empat gedung antara lain Gedung Dekanat, Gedung Biomedik, Gedung Keterampilan Klinik, Gedung Student Center. Selain itu, pembelajaran di FK UNEJ juga didukung oleh RSUD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit Pendidikan bagi Program Studi Pendidikan Kedokteran. Terdapat juga laboratorium yang lengkap di antaranya:

  • Laboratorium Anatomi
  • Laboratorium Histologi
  • Laboratorium Patologi Anatomi
  • Laboratorium Parasitologi
  • Laboratorium Mikrobiologi
  • Laboratorium Patologi Klinik
  • Laboratorium Biokimia
  • Laboratorium Gizi
  • Laboratorium Fisiologi
  • Laboratorium Farmakologi
  • Laboratorium Biomolekuler

Baca juga: Skill Ini Harus Kamu Miliki Jika Ingin Sukses Menjadi Mahasiswa Kedokteran

Biaya Kuliah

FK UNEJ menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan 6 kelompok mulai dari Rp. 500.000 dan dibayarkan per semester. Mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN hanya akan dikenakan UKT. Mahasiswa yang lulus melalui jalur mandiri baik melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya (SBMPTBR) atau UM UNEJ, akan dikenakan biaya pendidikan yang meliputi UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). 

UKT yang didapatkan oleh mahasiswa jalur mandiri juga hanya berada di kelompok III sampai IV dengan SPI yang dibagi menjadi 3 kelompok. Berikut rincian biaya S1 Pendidikan Dokter di FK UNEJ:

UKT Program Studi Kedokteran UNEJ 2022
Sumbangan Pengembangan Institusi (SKI) Kedokteran UNEJ 2022

Beasiswa

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin berkuliah di Fakultas Kedokteran UNEJ namun terkendala finansial. Banyak skema beasiswa yang tersedia untuk membantu kamu melanjutkan studi seperti:

  • Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
  • Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa)
  • Beasiswa Supersemar
  • Beasiswa Bidik Misi atau Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K)
  • Dan masih banyak lagi.

Semakin tertarik ingin berkuliah di UNEJ? Semoga informasi mengenai Kedokteran Universitas Jember (UNEJ): Kurikulum, Fasilitas, Biaya Kuliah dan Beasiswa ini dapat membantu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online. Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.


0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tahap Pendidikan, Peluang Karir, Fasilitas, dan Biaya Kedokteran Unri | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Kedokteran Universitas Jember (UNEJ): Kurikulum, Fasilitas, Biaya Kuliah dan Beasiswa […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!