Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Menjanjikan! Ini 5 Prospek Kerja untuk Lulusan Bioteknologi

oleh | Jun 22, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek kerja bioteknologi – Ingat pelajaran biologi mengenai domba Dolly? Atau vaksin yang yang dikembangkan untuk pandemi COVID-19 lalu? Itu semua adalah beberapa contoh penerapan bioteknologi di kehidupan sehari-hari dan masih banyak lagi penerapannya yang tidak kalah penting. 

Jurusan Bioteknologi umumnya mempelajari pemanfaatan dari makhluk hidup untuk mendapatkan suatu produk atau nilai guna yang dapat bermanfaat bagi manusia dan lingkungan. Pemanfaatan ini juga semakin berkembang luas seiring berjalannya waktu didukung dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Namun, perkembangan bioteknologi yang sangat pesat ini belum didukung dengan sumber daya yang mencukupi di Indonesia. Kampus yang menawarkan jurusan bioteknologi juga masih terbatas. Padahal, prospek kerja lulusan bioteknologi sangat luas dengan ilmu yang kompleks tersebut. 

Kamu sedang berkuliah di jurusan bioteknologi? Atau tertarik masuk jurusan ini? Yuk, simak terlebih dahulu beberapa prospek kerja untuk lulusan bioteknologi di bawah ini!

Peneliti (Researcher)

Keilmuan dan praktik-praktik yang banyak didapatkan selama kuliah sangat mendukung untuk mengembangkan keilmuan melalui berbagai penelitian. Kamu bisa menjadi peneliti di lembaga penelitian swasta hingga milik pemerintah di pusat maupun daerah seperti Badan Penelitian dan Riset Indonesia (BRIN), Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan dan lainnya. 

Research and Development (RnD)

Penelitian dan pengembangan umumnya dibutuhkan di berbagai industri melalui divisi Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan untuk mengembangkan produk baru, meningkatkan kualitas produk, menguji produk hingga efisiensi kebutuhan produksi. Lulusan bioteknologi banyak dibutuhkan di industri yang bergerak di bidang pangan, kesehatan, kecantikan hingga pertanian. 

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Sipil, 8 Peluang yang Bisa Kamu Pilih

Analis atau Teknisi Laboratorium

Profesi ini cocok banget nih untuk kamu yang senang bekerja di laboratorium. Banyak laboratorium yang membutuhkan tenaga dengan skill bioteknologi untuk menganalisa berbagai macam sampel contohnya seperti pada pengujian COVID-19. Laboratorium di bidang lingkungan, pertanian dan lainnya juga banyak terbuka untuk lulusan bioteknologi.

Tenaga Pendidik

Menjadi tenaga pendidik seperti dosen juga bisa menjadi pilihan yang tepat, nih. Selain bertugas sebagai tenaga pendidik, menjadi dosen juga akan memberikan kamu kesempatan untuk melakukan penelitian sekaligus. Namun, tentunya dibutuhkan sekolah ke jenjang yang lebih lanjut dan menjadi magister atau doktor agar bisa memenuhi syarat sebagai dosen. Kamu yang suka berbagi ilmu tapi ingin tetap meneliti cocok banget nih berkarir menjadi tenaga pendidik. 

Pengusaha (Entrepreneur)

Ranah keilmuan yang sangat luas membuka kesempatan dan peluang yang luas juga bagi lulusan bioteknologi yang ingin berwirausaha. Kamu bisa menjadi pengusaha (entrepreneur) dengan mengembangkan inovasi produk maupun layanan dan jasa berbasis bioteknologi. Contohnya pengembangan di bidang pertanian seperti hidroponik dan lainnya Beberapa contoh pengusaha yang merintis di bidang bioteknologi seperti Nusantics dan Nalagenetics. 

Itulah beberapa prospek dan peluang kerja untuk lulusan bioteknologi. Kira-kira bisa berkarir di bidang apa lagi ya?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!