10 Pilihan Jurusan Kuliah untuk Kamu Anak Kelas Bahasa

oleh | Des 30, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Bahasa – Pemilihan jurusan kuliah sangatlah penting karena bisa menentukan masa depan. Setiap siswa tentunya memiliki keinginan dan minat masing-masing. Meskipun begitu, terkadang memilih jurusan tetap terasa sulit karena berbagai faktor.

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keputusan ini yaitu asal jurusan di bangku sekolah. Biasanya, siswa dari setiap jurusan akan memiliki minat berbeda. Selain itu, beberapa jurusan kuliah juga memiliki syarat pendidikan tertentu seperti misalnya Kedokteran yang mengharuskan pendaftarnya merupakan lulusan IPA.

Bagi kamu yang berasal dari jurusan bahasa, tidak perlu merasa bingung. Ada banyak jurusan di perguruan tinggi yang cocok untuk kamu pilih. Simak berbagai jurusan kuliah untuk lulusan bahasa di bawah ini!

Pendidikan Bahasa

Jurusan pertama yang bisa kamu pilih yaitu Pendidikan Bahasa. Jurusan ini berbeda dengan bahasa dan sastra karena prospek utama lulusannya adalah menjadi guru di bidang bahasa. Jurusan ini bisa kamu pilih jika memang tertarik untuk menggeluti dunia pendidikan. Kamu bisa memilih jurusan seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Jawa, dan lain-lain.

Bahasa dan Sastra

jurusan kuliah bahasa

Jika kamu tidak tertarik menjadi guru, tentu tetap bisa mempelajari bidang bahasa dan sastra sebagai ilmu murni. Di jurusan ini kamu akan mempelajari banyak hal seperti ilmu linguistik. Pilihan jurusan di bidang ini juga bermacam-macam seperti Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Prancis, Sastra Korea, Bahasa Mandarin, dan lain sebagainya.

Jurnalistik

Jurusan kuliah Jurnalistik juga banyak dipilih oleh siswa yang berasal dari kelas bahasa. Jurusan ini merupakan pilihan tepat jika kamu tertarik untuk menjadi jurnalis baik untuk media cetak, media broadcasting, bahkan media online. Kamu pun akan mendapat kuliah yang mendukung seperti menulis, mencari berita, editing, dan lain-lain.

Antropologi

Antropologi juga bisa dipilih oleh kamu siswa kelas bahasa yang tertarik untuk mempelajari budaya. Di jurusan ini, kamu akan belajar seluk-beluk dari kebudayaan dalam kehidupan manusia. Jurusan ini memang berada dalam rumpun sosial dan humaniora, namun siswa lulusan bahasa juga bisa masuk ke jurusan Antropologi.

Baca juga Pilihan Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar.

Sosiologi

jurusan kuliah bahasa

Sesuai namanya, Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena sosial dalam kehidupan manusia. Kamu akan belajar menganalisa peristiwa sosial, masyarakat, dan juga perilakunya. Di sini, kamu tidak hanya belajar teori saja. Kamu akan banyak terjun ke masyarakat untuk melakukan penelitian. Menarik, kan?

Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah lainnya yang bisa kamu pilih sebagai lulusan bahasa yaitu Ilmu Komunikasi. Kamu akan belajar tentang produksi pesan, pengolahan, serta penyampaiannya. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari penggunaan berbagai media sebagai sarana penyampaian pesan seperti media sosial, televisi, dan lain sebagainya.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional termasuk sebagai jurusan kuliah di rumpun sosial yang memiliki banyak peminat. Kamu akan mempelajari berbagai hal terkait hubungan antar negara baik itu di bidang sosial, ekonomi, hukum, budaya, dan lain-lain. Tentunya, kamu juga akan belajar ilmu seperti cara berkomunikasi, negosiasi, dan juga diplomasi untuk menunjang hal ini.

Seni

Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan merupakan pribadi kreatif, bisa memilih untuk berkuliah di jurusan seni. Jurusna seni di Indonesia sendiri sangatlah beragam mulai dari seni rupa, seni teater, seni tari, seni musik, dan lain-lain. Kamu bisa memilih jurusan seni sesuai minat dan kemampuan.

Pariwisata

Pariwisata merupakan sektor penting untuk menunjang perekonomian negara. Hal ini membuat peluang kerja bagi lulusan pariwisata sangatlah tinggi. Jika kamu tertarik bekerja di bidang pariwisata atau hospitality, bisa memilih untuk berkuliah di jurusan pariwisata.

Psikologi

Tertarik untuk mempelajari kepribadian, pikiran, atau interaksi manusia? Kamu bisa memilih untuk berkuliah di jurusan Psikologi. Kamu bisa belajar berbagai bidang yang ada di jurusan ini seperti psikologi klinis dan psikologi industri. Peluang kerja lulusan ini pun besar karena ahli psikologi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Itulah 10 pilihan jurusan kuliah untuk kamu anak kelas bahasa. Kamu bisa memilih salah satu jurusan di atas ketika melakukan pendaftaran kuliah. Meskipun begitu, kamu tetap dapat memilih jurusan lain sesuai minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…