4 Tips Masuk Kedokteran Favorit 2020

oleh | Mei 8, 2020 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

SEKOLAH KEDOKTERAN – Sekolah kedokteran merupakan jurusan di perguruan tinggi yang dapat dikatakan salah satu jurusan favorit. Selain terkenal dengan jurusan favorit, kedokteran juga terkenal sebagai jurusan elit, hal ini dikarenakan jurusan kedokteran hampir sebagian besar ditempati oleh para mahasiswa yang memiliki dana lebih dan juga kecerdasan otak yang luar biasa. Biaya yang mahal dan tigkat kecerdasan yang lebih ini lah menjadikan jurusan kedokteran dipandang sebagai jurusan favorit dan elit. Namunm, apabila kalian bisa masuk dan lulus dari sekolah kedokteran, kalian akan mendapatkan keuntungan yang setimpal dengan perjuangan kalian. Beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh apabila bisa masuk kedalam sekolah kedokteran favorit adalah sebagai berikut :

  1. Mendapatkan gaji yang cukup besar dan setimpal;
  2. Masa depan lebih terjamin;
  3. Akan mendapatkan tempat khusus di tengah masyarakat;
  4. Secara tidak langsung akan mengangkat martabat keluarga.

Terlepas dari beberapa hal itu, menjadi seorang dokter adalah sbuah cita-cita yang sangat mulia dan idaman bagi beberapa orang. Dapat dikatakan juga bahwa tugas seorang Dokter adalah penghubung do’a antara hamba dan Tuhannya mengenai masalah kesehatan.

Pada awal tahun 2020 ini QS WUR kembali merilis peringkat tentang Universitas Top di dunia beserta jurusannya, tentunya untuk Kedokteran yang ada di Indonesia telah mendapatkan rilis peringkat terbarunya. QS WUR atau Quacquarelli Symonds World University Rankings bertujuan untuk membantu masyarakat untuk mempermudah dan mengenali universitas terbaik di seluruh dunia beserta jurusannya. Untuk kalian yang akan melanjutkan studi ke Kedokteran baik itu di perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), berikut adalah jurusan Kedokteran favorit di Indonesia menurut QS WUR 2020 yang bisa menjadi referensi kalian :

  1. Kedokteran di Universitas Indonesia (UI);
  2. Kedokteran di Universitas Gadjah Mada (UGM);
  3. Kedokteran di Universitas Airlangga (Unair);
  4. Kedokteran di Universitas Padjadjaran (Unpad).

4 Tips Sukses Masuk Kedokteran Terfavorit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian mendaftar atau melanjutkan studi ke jurusan Kedokteran. Berikut ini adalah beberapa cara sukses yang bisa kalian perhatikan untuk mempermudah kalian dalam masuk ke sekolah Kedokteran favorit kalian :

  • Persiapkan Mental ketika akan masuk Fakultas Kedokteran

Persiapan awal yang harus di perhatikan adalah keadaan mental kalian nantinya apabila masuk ke fakultas kedokteran. Mental kalian perlu ditempa lebih keras sebelum memasuki dunia kedokteran, karena nantinya kalian akan dituntut untuk belajar lebih extra, banyaknya tugas yang akan diberikan, pemikiran kalian dituntut supaya cepat tanggap dan tepat, kalian akan dituntut untuk menyelamatkan nyawa manusia, dituntut untuk menjadi seorang pemimpin dalam mengerahkan tenaga medis lainnya dsb. Secara umum mental kalian nantunya akan melewati tahap untuk :

  1. Menghadapi dunia pendidikan kedokteran;
  2. Saat pertama kali memasuki dunia klinis dan menjadi seorang dokter muda;
  3. Dan saat setelah menjadi seorang Dokter.
  • Persiapkan Nilai yang baik saat SMA

Nilai juga tentunya akan menjadi pertimbangan sebuah Universitas dalam menerima para calon mahasiswanya. Jadi apabila kalian bermaksud untuk melanjutkan studi di fakultas Kedokteran di Universitas favorit kalian, sebaiknya kalian menyiapkan nilai terbaik kalian saat berada di bangku SMA dan setaranya. Selain menyiapkan nilai Ujian Akhir yang baik kalian juga perlu mempertahankan nilai kalian yang bagus dari masuk hingga lulus dari sekolah menengah tersebut. Hal ini dikarenakan pihak Universitas juga akan melihat perjuangan kalian selama di sekolah menengah tersebut.

  • Pelajari bahasa lain

Ketika kamu memasuki dunia pendidikan kedokteran ataupun dunia klinis nantinya, selain menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,  kamu juga akan dihadapkan dan dituntut untuk mengerti akan bahasa Inggris dan bahasa latin. Sebaiknya sebelum masuk ke dunia pendidikan Kedokteran, kamu mempelajari dua bahasa tersebut terlebih dahulu untuk membantu kalian nantinya dalam proses pembelajaran. Disamping itu juga ilmu kedokteran pastinya terus berkembang di seluruh belahan dunia dan kamu yang sebagai dokter nantinya dituntut untuk wajib mengetahui informasi mengenai bidang tersebut.

  • Cari informasi sebanyak mungkin

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai dunia klinis ataupun sekolah kedokteran favorit kalian. Hal ini akan sangat membantu kalian nantinya dalam proses seleksi di Universitas tersebut. Kumpulkan informasi jurusan Kedokteran yang berguna dan pelajari proses seleksi Kedokteran di Universitas favorit kalian. Hal ini tentunya akan semakin mudah dengan dibantu oleh fasilitas Internet.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...