5 Cara Sukses Masuk Farmasi UAD 2020

oleh | Mei 13, 2020 | Blog, UAD | 4 Komentar

FARMASI UAD –  Universitas Ahmad Dahlan atau biasa di sebut dengan UAD, merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di kota Yogyakarta. Farmasi UAD sendiri telah berdiri sejak tahun 1996 berdasarkan SK dirjen Dikti No. 51/DIKTI/Kep./1997. Pada pembukaan perdananya di tahun 1997 Farmasi UAD telah menerima mahasiswa sebanyak 117 orang yang ketika itu masih didominasi mahasiswa dari pulau jawa hingga akhirnya meluas sampai penjuru negeri.

Farmasi Universitas Ahmad Dahlan atau UAD telah mendapatkan Akreditasi A oleh BAN-PT sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014, yang mana menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Yogyakarta terakreditasi dengan peringkat A. Maka tak heran apabila setiap tahunnya Farmasi UAD menjadi primadona bagi para calon mahasiswa di kalangan Universitas Swasta terbaik.

Baca juga artikel mengenai Cara Sukses Masuk Kedokteran UAD

Berikut 5 Tips Sukses Masuk Farmasi UAD Di Tahun 2020

Cepatnya pertumbuhan pendidikan di UAD serta Akreditasi yang telah dimiliki baik kampus maupun Fakultas Farmasi menjadikan Farmasi UAD banyak dilirik oleh para calon mahasiswa baru. Di tahun 2019 Universitas Ahmad Dahlan telah berencana untuk melebarkan sayapnya untuk Farmasi UAD ke ranah Internasional, baik itu dikancah ASEAN maipun Eropa. Tentunya dengan adanya rencana seperti itu akan semakin menjadikan Farmasi UAD di incar oleh para calon mahasiswa baru dan tentu persaingan untuk bisa masuk ke Farmasi UAD setiap tahunnya akan semakin ketat.

Untuk kalian para calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Farmasi UAD sebaiknya mempersiapkan diri sedini mungkin, karena melihat persaingan yang akan kalian hadapi nantinya. Berikut adalah beberapa tips sukses yang perlu kalian perhatikan sebelum masuk Farmasi UAD :

1.Calon Mahasiswa Farmasi harus dari jurusan IPA

Apabila kalian ingin mendaftar ke Farmasi UAD sebaiknya kalian adalah lulusan dari jurusan IPA saat di bangku SMA. Hal ini dikarenakan segala macam ilmu farmasi sangat erat kaitannya dengan ilmu eksakta seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi. Tentunya hal ini bertujuan agar para mahasiswa Farmasi UAD dapat menjalani perkuliahan di farmasi kelak secara optimal, maka dari itu diperlukan pemahaman yang baik mengenai dasar keilmuan yang diperlukan untuk menunjang perkuliahan. Persiapkanlah sejak dini agar kalian bisa masuk jurusan IPA saat dibangku SMA apabila ingin masuk ke Farmasi UAD.

2. Tidak buta warna

Seorang calon mahasiswa Farmasi tdiak boleh buta warna dan harus bisa lolos tes buta warna. Hal ini dikarenakan nantinya mereka akan mempelajari tentang identifikasi zat aktif secara visual, termasuk warna dari zat tersebut, sehingga kemampuan membedakan warna adalah mutlak diperlukan bagi calon mahasiswa. Terlebih untuk kedepannya para alumni Farmasi akan memiliki tanggung jawab akan berhubungan dengan kesehatan masyarakat. Maka dari itu pastikan kalian merawat mata kalian dengan baik dan pastikan kalian tidak buta warna.

3. Perbanyak Informasi dan relasi

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai Farmasi UAD, baik itu pendaftaran, berkas dan persyaratan, jadwal, jenis seleksi, serta informasi apapun yang dapat membantu kalian untuk masuk Farmasi UAD. Perbanyak juga relasi kalian, itu akan membantu kalian dalam segi apapun tidak hanya akan masuk ke jurusan tersebut, apabila kalian sudah lulus relasi yang banyak bisa membantu kalian dalam dunia kerja. Mulailah untuk membangun relasi yang berguna untuk masa depan kalian.

4. Persiapkan nilai yang bagus saat SMA

Nilai juga akan menjadi faktor penentu kamu lolos atau tidaknya ke tahapan selanjutnya untuk masuk Farmasi UAD. Belajarlah lebih extra agar kalian bisa menapatkan nilai yang memuaskan di bangku SMA. Pihak Universitas juga akan melihat perjuangan kalian dalam mendapatkan dan mempertahankan konsistensi kalian melalui nilai tersebut. Disamping nilai Ujian Akhir juga akan mempengaruhi penilaian kalian.

5. Pahami jenis tes di Farmasi UAD

Hal penting lainnya adalah dengan cara mencari informasi mengenai jenis tes dan seleksi yang akan kalian hadapi di Farmasi UAD. Setelah kalian mendapatkan informasi mengenai jenis tes dan seleksinya, maka sebaiknya kalian untuk memahami tes tersebut dengan cara mencoba mengerjakan soal-soal farmasi yang berkaitan. Kalian sebagai ca;on mahasiswa bisa menggunakan kemajuan teknologi dan Internet untuk mencari soal-soal yang sejenis atau memanfaatkan relasi kalian ke kaka tingkat atau teman yang sudah masuk ke Farmasi UAD. Hal ini akan sangat membantu kalian agar bisa lolos di Farmasi UAD.

4 Komentar

  1. Nada lesmana

    Bagaimana jika lulusan dari pondok yang bukan merupakan jurusan ipa

    Balas
    • Safina Rahma

      Syarat pendaftaran untuk Farmasi UAD itu dari SMA/MA jurusan IPA atau SMK Farmasi, ya 😊

      Balas
  2. Cahaya widowati

    Kalau misal masuk dari mulai S1 bagaimana?bisa atau tidak?

    Balas
    • Safina Rahma

      Program Studi Farmasi di UAD tersedia baik untuk jenjang S1, Profesi Apoteker, maupun Pascasarjana 😊

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...