Ingin Menunda Kuliah? Lakukan 5 Kegiatan Ini Agar Tetap Produktif selama Gap Year

oleh | Jul 11, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Kegiatan produktif selama gap yearSaat dihadapkan dengan hasil seleksi masuk perguruan tinggi impian yang tidak sesuai harapan, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Mengikuti jalur seleksi lain seperti jalur mandiri, melanjutkan studi di perguruan tinggi lain atau menunda kuliah hingga tahun depan. 

Sebenarnya, memilih untuk menunda kuliah atau gap year tidak hanya dilakukan karena ingin memperjuangkan kampus impian di tahun berikutnya. Banyak juga yang memilih untuk gap year karena kondisi finansial, ingin mencari pengalaman lain atau sekadar ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan studi. 

Namun, gap year kadang malah membuat kita terlena dan tidak melakukan kegiatan yang bermanfaat. Padahal, dengan waktu luang yang cukup banyak tersebut, ada banyak kegiatan produktif yang bisa dilakukan, lho

Untuk kamu yang ingin menunda kuliah, yuk simak beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif di bawah ini!

Menekuni hobi

Jika sebelumnya kamu tidak punya waktu untuk menyalurkan hobimu karena sibuk belajar dan menyiapkan ujian masuk kampus, ini saatnya kamu mulai menekuni hobimu sepuasnya. Entah itu berkebun, memasak, membaca buku, menggambar, menulis dan lainnya bisa kamu lakukan tanpa takut akan mengganggu kegiatan lain. Terlebih lagi kalau hobi ini nantinya bisa menghasilkan uang, lumayan bukan?

Baca juga: Jangan Putus Asa! Berikut Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

Belajar skill baru

Dengan waktu luang yang banyak, selama gap year kamu juga bisa belajar skill baru yang sebelumnya tidak kamu temukan di sekolah. Kamu bisa dengan mudah belajar melalui berbagai course, bootcamp, webinar atau konten-konten edukatif yang banyak seliweran di media sosial tanpa keluar biaya.

Beberapa skill yang bisa kamu pelajari seperti digital marketing, design graphics, content writing, video editing dan masih banyak lagi. Keahlian di bidang digital seperti ini banyak dibutuhkan dan bisa menambah kemampuan kamu untuk bekerja nantinya. 

Mencoba freelance atau magang

Setelah belajar berbagai skill baru tadi, kamu bisa juga langsung mempraktekkannya dengan bekerja secara freelance atau magang/internship. Dengan skill atau portofolio yang menunjang, pekerjaan-pekerjaan digital seperti content writer, digital marketer, graphics designer dan lainnya bisa kamu temukan secara online

Saat ini, semakin banyak juga perusahaan yang menerapkan sistem kerja Work from Home (WFH) atau Anywhere (WFA) dan bisa diikuti tanpa keluar rumah. Selain mengisi waktu luang, mengikuti internship, part time atau freelance bisa menambah pengalaman kamu di CV dan portofolio yang mendukung untuk masuk dunia kerja. 

Mengikuti volunteer

Selain bekerja, kamu bisa juga menjadi relawan atau volunteer yang bekerja secara sukarela yang biasanya banyak dibuka oleh organisasi atau lembaga sosial. Meskipun kegiatan volunteering tidak memperoleh keuntungan finansial, namun kamu akan mendapatkan pengalaman, wawasan dan relasi baru yang akan berguna di masa depan. 

Belajar untuk ujian selanjutnya

Jika tujuanmu menunda kuliah/gap year adalah untuk mempersiapkan kuliah di tahun berikutnya, maka manfaatkan waktu luang ini untuk belajar materi seleksi atau ujian nantinya. Kamu bisa menyusun jadwal, perbanyak latihan soal dan target agar tetap on track sampai waktu ujian nanti. 

Pastikan juga kamu mengecek materi-materi ujian yang masih menjadi kelemahanmu agar bisa lebih kamu pelajari dan pahami. Kamu juga bisa mengikuti bimbingan belajar untuk bantu memastikan kesiapan kamu menghadapi seleksi masuk kampus impian.

Gimana? Kamu sudah memutuskan ingin melakukan kegiatan apa saat gap year nanti? Semoga rekomendasi kegiatan agar tetap produktif saat gap year ini dapat membantu kamu, ya! Semangat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!