Kenali, Ini 5 Pangkat Taruna Akmil yang Perlu Kamu Tahu

oleh | Jul 26, 2023 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Pangkat taruna Akmil – Salah satu jalur pendidikan yang bisa ditempuh untuk menjadi anggota TNI yaitu melalui Akademi Militer (Akmil). Pendidikan di Akmil dilaksanakan selama 4 tahun yang setara dengan pendidikan Sarjana di Perguruan Tinggi. Setelah lulus, taruna Akmil akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han) dan diangkat menjadi perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua (Letda). 

Para taruna akan menjalankan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 1, Kota Magelang, Jawa Tengah. Tak hanya setelah lulus, ternyata taruna Akmil juga memiliki beberapa pangkat selama menempuh pendidikan, loh. Pangkat ini akan mengalami kenaikan setiap melewati masa pendidikan tertentu yang dibagi menjadi 5 pangkat. 

Penasaran? Intip infonya di bawah ini!

Baca juga: Pendaftaran Akmil 2023/2024 Sudah Dibuka! Simak Persyaratannya di Sini!

1. Prajurit Taruna (Pratar)

Pangkat Prajurit Taruna didapatkan oleh peserta didik yang baru saja masuk Akmil. Taruna akan menyandang gelar ini selama 3-4 bulan awal mengikuti pendidikan. Selama masa tersebut, taruna akan mendapat pelatihan fisik, mental, dan mindset-nya.

2. Kopral Taruna (Koptar)

Setelah mengikuti pelatihan awal, taruna akan naik pangkat menjadi Kopral Taruna. Pangkat ini akan dimiliki taruna selama 9 bulan pendidikan lanjutan. Pada masa ini, para taruna Akmil akan mendapatkan sebagian besar latihan lapangan (70%) dan materi (30%).

3. Sersan Taruna (Sertar)

Pada tahun kedua, para taruna Akmil akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Sersan Taruna. Taruna akan menyandang pangkat ini selama 1 tahun atau 12 bulan ke depan.

4. Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar)

Memasuki tahun ketiga, taruna akan naik pangkat lagi menjadi Sersan Mayor Dua Taruna. Sama seperti pangkat sebelumnya, taruna akan berpangkat Sermadatar selama 12 bulan.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Berbagai Informasi Terkait Profil Akmil!

5. Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar)

Pangkat terakhir yang dimiliki oleh taruna tahun keempat di Akmil yang sudah berfokus untuk mempersiapkan diri menjadi anggota TNI. Pangkat Sermatutar dimiliki oleh taruna selama 12 bulan sebelum kemudian dinyatakan lulus dan diangkat menjadi anggota TNI berpangkat Letnan Dua (Letda).

Nah, itulah 5 pangkat yang akan dimiliki oleh para Taruna Akmil selama menempuh pendidikan nantinya. Apakah kamu juga tertarik menjadi taruna Akmil?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…