6 Alasan Kenapa Kuliah Kedokteran Mahal

oleh | Des 28, 2023 | Biaya Kuliah, Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Alasan Kenapa Kuliah Kedokteran Mahal – Dalam menempuh kuliah kedokteran, hampir di semua perguruan tinggi akan menerapkan biaya pendidikan yang rata-rata mahal jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Ini tentunya menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh siswa-siswi yang mau mendaftar, terutama wali murid. Nah kira-kira alasan apa yang membuat biaya kuliah jurusan kedokteran terbilang mahal? Yuk kita bahas!

Alasan Kenapa Kuliah Kedokteran Mahal

Kalau ditanya soal cita-cita, anak kecil akan mendominasi dengan jawaban menjadi dokter. Profesi ini menjadi profesi yang bergengsi dan tentu terpandang. Tapi, tidak semua orang bisa mewujudkan cita-citanya menjadi dokter karena biaya pendidikannya yang tidak sedikit. Berikut beberapa alasannya:

1.    Tahapannya Butuh Proses yang Lama

Dalam menggapai cita-cita menjadi dokter, mahasiswanya harus siap menempuh pendidikan bertahun-tahun. Apalagi jika kamu mau menjadi dokter spesialis. Untuk tahapan pertama kamu bisa berkuliah di jenjang S1 selama 4 tahun, dan setelah lulus harus mengikuti koas atau pendidikan profesi. Setelah itu setelah koas 1,5 – 2 tahun, kamu harus ikutan ujian sertifikasi.

Baca juga: Definisi dan Cara Mengetahui Siswa Eligible, Jadi Syarat Penting SNBP!

Lalu untuk bisa membuka praktik sendiri dan memiliki Surat Izin Praktik, kamu harus mengikuti internship dan baru bisa dikatakan menjadi dokter resmi. Kamu bisa melanjutkan studi spesialis, atau juga membuka praktik sendiri di rumah.

2.    Harga Buku Referensinya Relatif Mahal

Dalam kuliah kedokteran, mahasiswanya butuh banyak sekali referensi buku untuk dipelajari. Apalagi dalam kedokteran juga ada banyak aspek yang harus dipelajari. Sedangkan setiap bukunya harganya juga tidak murah, dan selama perkuliahan mereka tidak hanya butuh 1 buku referensi saja. Bahkan untuk satu bukunya ada yang sampai satu juta!

3.    Banyak Praktikum

Selama pendidikan S1 kedokteran, ada banyak praktikum yang harus dilalui, seperti:

  • Praktikum Anatomi.
  • Praktikum Biokimia.
  • Praktikum Histologi Umum.
  • Praktikum Kimia Medik.
  • Praktikum Mikrobiologi.
  • Praktikum Patologi Klinik.

Untuk perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri rata-rata tidak menerapkan biaya praktik, berbeda halnya kalau kamu kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Ada yang sampai membeli kadaver (mayat) untuk praktik anatomi, namun ini kembali lagi ke kebijakan masing-masing kampus.

4.    Alat-Alat Medis Penunjang Praktik yang Relatif Mahal

Alasan selanjutnya adalah karena dalam menempuh kuliah kedokteran, mahasiswanya juga harus menyiapkan alat-alat medisnya sendiri. Misalnya seperti stetoskop, tensimeter, penlight, alat bedan minor dan lain sebagainya. Namun ada juga kampus yang menyediakan semua itu, namun dengan kualitas yang standar. Kalau kamu mau membeli alat praktik sendiri, ada berbagai macam varian harga mulai dari yang murah sampai yang mahal.

5.    Metode yang Digunakan Memiliki Resiko Tinggi

Dalam pembelajarannya, yakni saat praktik, mahasiswa kedokteran diharuskan memahami dengan sungguh-sungguh akan apa yang sudah diajarkan dosennya. Ini dikarenakan saat praktik secara nyatanya nanti, akan menggunakan pasien yang berupa manusia asli. Itulah yang mengharuskan setiap dokter harus ahli dan profesional karena bisa membahayakan keselamatan pasiennya. Jadi praktik dan alat-alat medisnya harus maksimal.

6.    Besaran Gaji Dosen

Selanjutnya juga karena faktor penggajian dosen kedokteran yang tentunya merupakan dokter ahli dan berpendidikan minimal S2. Biasanya semakin tinggi pendidikan dan juga semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tawaran gajinya. Contohnya seperti dosen kedokteran yang sudah berpengalaman 10 tahun mengajar, dan berpengalaman di instansi bergengsi.

Nah dari keenam alasan kenapa kuliah kedokteran mahal ini, pastinya kamu sudah bisa menyelaraskan. Karena untuk menjadi dokter profesional dibutuhkan pendidikan yang tidak sembarangan, dan itu tidak gratis ya Teman-teman.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.