6 Tips Masuk Kedinasan STTD Paling Ampuh!

oleh | Jun 10, 2020 | Blog, Matra Darat | 0 Komentar

KEDINASAN STTD – Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau dapat disingkat menjadi STTD merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Perguruan Tinggi Kedinasan STTD yang awalnya memiliki nama Akademi Lalu Lintas atau ALL ini berlamatkan di Jalan Raya Setu No. 89, Bekasi 17520. Perlu diketahui bahwa Perguruan Tinggi Kedinasan STTD menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat. Bisa melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Kedinasan STTD tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Program studi yang di tawarkan oleh Sekolah Kedinasan STTD Indonesia ada 3 yaitu :

  1. Diploma IV Transportasi Darat;
  2. Diploma III Manajemen Transportasi Jalan;
  3. Diploma III Manajemen Transportasi  Perkeretaapian.

Tentu peluang kerja yang dimiliki oleh sekolah kedinasan STTD tak kalah saing dengan Perguruan Tinggi Kedinasan lainnya. Pada dasarnya Sekolah Kedinasan STTD bertujuan untuk menyiapkan kader-kader yang handal dalam bidang transportasi darat yang nantinya akan di tempatkan di berbagai kantor kementerian perhubungan baik itu di kantor pusat ataupun daerah. Kalian juga nantinya sebagai calon lulusan dari Sekolah Kedinasan STTD akan diangkat menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara). Selain itu kalian juga bisa mengikuti tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan apabila beruntung kalian akan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan di tempatkan di institusi terkait.

Berikut 6 Tips Masuk Kedinasan STTD Paling Ampuh :

Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa kalian ikuti untuk bisa masuk kedalam sekolah kedinasan STTD, antara lain :

  1. Berdo’a kepada Tuhan YME

Untuk kalian yang akan masuk kedalam sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dianjurkan sebelum mengawali dan mengakhiri sesuatu untuk berdo’a terlebih dahulu. Hal ini di karenakan untuk memberikan rasa tenang dalam jiwa kalian dalam mengerjakan sesuatu, tidak terkecuali saat kalian mengerjakan tes di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) ini. Mintalah ketenangan batin dan ridho-NYA agar kalian fokus dalam mengerjakan setiap tahapan tes dan seleksi yang ada di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

  • Minta restu Orang Tua

Restu dari Orang Tua kalian juga akan berpengaruh pada apa yang akan kalian kerjakan. Mintalah dengan cara yang baik dan sopan agar kalian bisa tenang dalam mengerjakan tes dan seleksi di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

  • Carilah Informasi sebanyak mungkin mengenai STTD

Cara jitu lainnya adalah dengan mencari informasi terkait mengenai Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Informasi sekecil apapun akan sangat membantu kalian nantinya. Informasi-informasi tersebut bisa kalian dapatkan dengan cara memperlebar jaringan pertemanan kalian ataupun dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi dan Internet. Informasi-Informasi yang kalian kumpulkan nantinya akan menjadi sebuah acuan persiapan dalam menghadapi tahapan tes ataupun seleksi nantinya.

  • Niat dan semangat yang tak padam

Yang paling utama adalah niat dan semangat yang tak pernah goyah untuk mengerjakan guna mencapai sesuatu. Fokuskan tujuan kalian agar kalian bisa lolos seleksi masuk dan bisa bergabung menjadi bagian dari sekolah kedinasan STTD.

  • Belajar lebih giat

Teruslah kalian belajar dan memperluas ilmu kalian karena kalian akan memasuki dunia Perguruan Tinggi. Dengan belajar lebih extra dapat membantu kalian dalam beradaptasi dengan dunia pendidikan di PTK pada nantinya

  • Kenali jenis dan tahapan tesnya

Ada beberapa jenis tes dan tahapannya agar kalian bisa masuk kedalam sekolah kedinasan STTD ini, dan daftarnya antara lain :

  1. Tes TKD

Tes TKD ini terdiri dari TIU (Tes Intelegensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TKP (Tes Kepribadian Pribadi). Tes TKD ini ada passing grade nya, kalian harus ngelampaui 3 passing grade itu, meskipun kalian menyelesaikan 1 (satu) atau 2 (dua) maka kalian akan tetap dinyatakan gugur.

  • TPA

Tes TPA ini terdiri dari matematika, fisika dan bahasa inggris. Disini tidak ada passing grade, jadi kalian harus menghasilkan nilai yang sebesar mungkin atau maximal. Materinya seperti materi UN, tapi soalnya di atas atau beberapa tingkat diatas dari soal UN. Sama seperti tes TKD tidak ada nilai pengurangan, jadi kalian diminta untuk mengerjakan semaksimal mungkin.

  • Psikotes

Tes psikotes di sekolah kedinasan STTD sama seperti halnya tes psikotes lainnya di sekolah kedinasan.

  • Kesehatan

Tes ini terdiri dari tes berat badan tinggi badan, tes tensi, tes mata, tes gigi, tes urin, rongen, auditorium, tes fisik, EKG, tes darah.

  • Kesamaptaan dan Wawancara

Tes ini di gabung menjadi 1 hari. Tes kesamaptaan terdiri dari tes yang akan menguji fisik kalian nantinya seperti lari tanpa henti selama waktu dan jarak yang telah ditentukan. Lalu apabila kalian lolos selanjutnya akan di hadapkan dengan seksi interview.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Latihan Fisik Ini Bisa Buat Kalian Masuk Kedinasan! | LKBB Indonesia college - […] 6 Tips Masuk Kedinasan STTD Paling Ampuh! […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah...

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Beasiswa Telkom University – Melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut terkadang menjadi beban untuk sebagian orang. Biaya besar yang perlu dikeluarkan bukan lagi sebuah hal baru. Calon mahasiswa harus mengeluarkan banyak uang mulai dari mengikuti seleksi sampai lulus...

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

SMB Telkom University – Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini dinobatkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai PTS terbaik di Indonesia....

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY – Salah satu universitas swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY kembali membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Seleksi tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi mahasiswa UMY asalkan memenuhi persyaratan...