7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Bimbingan Belajar Online di Masa Covid-19

oleh | Feb 6, 2021 | Blog | 0 Komentar

Sebagai seorang pelajar, belajar merupakan sebuah kewajiban. Tidak hanya saat jam sekolah, di luar waktu itu pun siswa melakukan aktivitas ini secara mandiri. Hal ini penting untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang materi yang telah dipelajari.

Belajar secara mandiri tentunya merupakan proses yang berbeda bagi setiap orang. Hal ini ditentukan oleh kemampuan individu dan juga tujuan yang ingin dicapai. Jika kegiatan ini dilakukan secara efektif dan maksimal, maka kemampuan siswa akan meningkat dan hasil akhir yang diinginkan pun akan tercapai.

Guna meraih target yang telah ditentukan, tidak sedikit siswa yang menggunakan bantuan orang lain. Mereka banyak melakukan diskusi dengan teman dan bahkan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Sebelumnya, kegiatan bimbingan belajar banyak dilakukan di sebuah lembaga secara tatap muka langsung. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, aktivitas tersebut menjadi sedikit terhambat mengingat sekolah formal pun diadakan secara daring.

Salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk memaksimalkan kegiatan belajar dengan kondisi saat ini yaitu dengan mengikuti bimbingan belajar online. Jika kamu masih ragu-ragu dan skeptis tentang keefektivitasannya, simak beberapa keuntugan bimbingan belajar daring di bawah ini, yuk!

Menurunkan Resiko Tertular Covid-19

Salah satu kekhawatiran terbesar yang dimiliki banyak orang saat ini yaitu tertular virus Covid-19. Meskipun protokol kesehatan guna mencegah penyebaran talh digalakkan, namun fakta bahwa virus ini memiliki tingkat penyebaran yang sangat tinggi tetap menimbulkan kecemasan.

Bagi para siswa yang ingin mengikuti kegiatan bimbingan belajar namun tidak ingin tertular Covid-19, mendaftarkan diri di program bimbel online merupakan pilihan yang tepat. Kegiatan ini tidak mengharuskan kita untuk bertemu langsung dengan orang lain sehingga resiko tertular pun turun. Tidak hanya itu, kegiatan in juga membantu menghambat penyebaran Covid-19.

Tetap Produktif Meski #DiRumahAja

Alasan ke dua kamu harus ikut bimbingan belajar online yaitu untuk menambah kegiatan produktif selama mengikuti gerakan #DiRumahAja. Daripada waktu habis untuk berselancar di sosial media, kegiatan ini lebih bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan. Lebih dari itu, ikut bimbel online juga aktivitas yang tidak akan membuat kamu diomelin orang tua karena rebahan mulu selama di rumah.

Kesempatan untuk Mendapat Materi Tambahan

Dengan mengikuti bimbingan belajar, tentunya kamu akan memperoleh banyak materi pelajaran tambahan. Bahan belajar ini akan berguna untuk bahan referensi dan menambah pemahaman di berbagai mata pelajaran.

Tidak hanya itu, jika kamu sudah menetapkan tujuan yang pasti seperti ikut bimbel untuk persiapan UTBK, materi-materi yang diperoleh juga akan lebih sesuai. Hal ini tentunya akan banyak membantu terkait ujian yang akan dihadapi.

Komunikasi dengan Pengajar Profesional

Bertanya kepada orang yang lebih paham atau ahli merupakan jalan terbaik ketika kamu merasa kesulitan menyelesaikan berbagai permasalahan. Hal ini juga berlaku untuk untuk belajar. Ketika kesusahan memahami atau menjawab soal, bertanya kepada tutor sangatlah membantu. Mengikuti bimbingan belajar online memungkinkan kamu untuk bisa konsultasi dengan banyak pengajar yang sudah profesional di bidangnya masing-masing.

Punya Teman Diskusi

Jika kamu merupakan tipikal orang yang suka membahas berbagai soal atau permasalahan dengan orang lain supaya mendapatkan pemahaman yang lebih, hal itu juga bisa didapatkan di bimbel daring. Kamu akan punya kesempatan untuk diskusi dengan teman-teman lain yang juga mengambil kelas yang sama. Tentunya pembahasan yang dilakukan juga lebih fokus.

Bisa Diakses Dimana Saja

Keuntungan lain yang didapat dengan memanfaatkan teknologi internet yaitu kemudahan akses. Batasan berupa ruang seolah menghilang dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini juga berlaku untuk bimbingan belajar daring. Meskipun kamu berada di kota lain yang jaraknya ratusan kilometer, kamu tetap bisa mengakses berbagai materi yang tersedia.  

Hemat Tenaga dan Biaya Transportasi

Mengikuti bimbingan belajar online berarti kamu bisa melakukan kegiatan ini di rumah. Kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk berpindah ke tempat lain. Hal ini juga berarti kamu lebih hemat biaya karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk naik transportasi umum atau membeli bahan bakar kendaraan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...