7 Program Studi di UNJ dengan Keketatan Tertinggi SNMPTN 2021

oleh | Mar 26, 2021 | Blog, Program Studi, UNJ | 0 Komentar

SNMPTN 2021 – Berdasarkan konferensi pers LTMPT yang digelar secara daring melalui kanal Youtube LTMPT OFFICIAL pada tanggal 22 Maret 2021, terdapat 40 program studi (20 saintek dan 20 soshum) dengan keketatan tertinggi. Hasil selektivitas yang dipublikasikan oleh LTMPT berdasar pada perbandingan jumlah pendaftar dengan daya tampung yang tersedia.

Di antara 40 program studi terketat SNMPTN 2021, tujuh di antaranya berada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Hal ini menjadikan UNJ sebagai universitas dengan program studi selektivitas tinggi terbanyak di tahun ini.

Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi pendidikan di Indonesia. Dulunya, UNJ merupakan bagian dari Universitas Indonesia dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kemudian, FKIP ditetapkan menjadi instansi tersendiri bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP).

Saat ini, IKIP Jakarta sudah berganti nama dan dikenal dengan nama Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Di kampus ini, tersedia banyak pilihan program baik pendidikan maupun non pendidikan. Yuk, cari tahu tentang 7 Program Studi di UNJ dengan Keketatan Tertinggi SNMPTN 2021!

Manajemen

Program Studi Manajemen di UNJ menjadi yang terketat di SNMPTN tahun 2021 dengan perbandingan penerimaan mencapai 1:128. Program studi ini tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Mahasiswa yang tergabung dalam program ini diarahkan untuk menguasai beberapa bidang manajemen seperti SDM, Pemasaran, dan Keuangan.

Baca juga Mengenal Manajemen, Program Studi Terketat di SNMPTN 2021.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang populer di ranah ilmu sosial. Berangkat dari hal itu, Universitas Negeri Jakarta memutuskan untuk membuka Program Studi Ilmu Komunikasi di tahun 2018. Sejak awal dibuka, program ini sudah menarik minat banyak pendaftar. Sampai tahun 2021 ini, Ilmu Komunikasi UNJ masih menjadi favorit, terbukti dari selektivitas SNMPTN-nya yaitu 1:109.

Ilmu Komputer

Berikutnya yaitu Program Studi Ilmu Komputer yang berada dalam rumpun saintek. Program ini didirikan pada tahun 2013 dan menarik minat banyak pendaftar di SNMPTN 2021 dengan keketatan 1:67. Terdapat 3 konsentrasi yang tersedia dalam program ini yaitu Sistem Informasi, Machine Learning, dan Artificial Intelligent.

Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin juga menjadi salah satu yang memiliki selektivitas tinggi di UNJ. Pada seleksi SNMPTN tahun 2021 ini, keketatan program ini mencapai 1:63. Program yang tergabung dalam Fakultas Teknik (FT) ini memiliki 5 konsentrasi peminatan. Di antara kelima konsentrasi itu, ada 1 peminatan yang istimewa yaitu fire protector and safety engineering. Hal ini dikarenakan konsentrasi tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia.

Sastra Inggris

Kemampuan bahasa Inggris merupakan sebuah hal yang krusial di era globalisasi seperti sekarang ini. Hal ini mendorong berbagai universitas untuk mendirikan program studi khusus bahasa Inggris guna menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang tersebut. Sastra Inggris di Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satunya.

Pada tahun 2021 ini, selektivitas jalur SNMPTN untuk Sastra Inggris UNJ termasuk yang terketat yaitu 1:57. Setelah dinyatakan resmi menjadi mahasiswa di program ini, maka peserta didik akan mendapat beban studi sebanyak 146 SKS. Kemudian, setelah lulus akan mendapatkan gelar S.S. atau Sarjana Sastra.

Akuntansi

Akuntansi merupakan program studi keenam di UNJ yang memiliki tingkat keketatan tinggi di SNMPTN 2021. Perbandingan pendaftar dengan daya tampung program ini mencapai 1:56. Hal ini menjadikan adanya 2 program studi favorit di Fakultas Ekonomi UNJ.

Lulusan Program Studi Akuntansi bisa berkarir di berbagai posisi dan perusahaan, seperti:

  • Junior auditor di kantor akuntan publik;
  • Analisis proses bisnis;
  • Pemrogram teknologi informasi akuntansi;
  • Manajer tingkat pertama di bidang akuntansi, keuangan, maupun pajak;
  • Wirausahawan perusahaan ataupun instansi sektor publik;
  • Profesional di bidang akuntansi, auditing, dan perpajakan.

Pendidikan Vokasional Seni Kuliner

Program studi terketat SNMPTN 2021 di UNJ yang terakhir yaitu Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Keketatan penerimaannya mencapai 1:56.

Pendidikan Vokasional Seni Kuliner juga biasa dikenal sebagai Pendidikan Tata Boga. Program ini tergabung dalam Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) di Fakultas Teknik UNJ. Meskipun penerimaan program ini termasuk dalam rumpun soshum, namun pada kenyataannya mahasiswa tetap mempelajari hal yang berhubungan dengan IPA, seperti gizi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...