7 Program Studi IPB dengan Persaingan Tertinggi

oleh | Mei 15, 2021 | Blog, IPB, Program Studi | 0 Komentar

Program Studi IPB – Institut Pertanian Bandung atau biasa disingkat sebagai IPB merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sesuai dengan namanya, institusi ini berfokus pada ilmu pertanian meskipun terdapat program studi lain yang di luar rumpun tersebut.

Kampus yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis. Masing-masing fakultas terdiri dari berbagai program studi yang memiliki rumpun studi sejenis.

Sebagai salalh satu lembaga pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, bukan hal mengherankan jika IPB menarik minat banyak pendaftar. Terlebih lagi dengan keunggulannya di bidang pertanian dan output penelitian yang tinggi.

Pada penerimaan jenjang sarjana 2020, IPB mempublikasikan keketatan masing-masing program studi yang tersedia. Berikut ini 7 program studi IPB dengan persaingan tertinggi berdasarkan daftar tersebut.

Ilmu Gizi

Program Studi Ilmu Gizi IPB

Program studi Ilmu Gizi di IPB mengaitkan pertanian, pangan, gizi, dan kesehatan. Prodi ini sudah terakreditasi A dan tersertifikasi oleh ASEAN University Network atau AUN.

Melihat keunggulan tersebut, Ilmu Gizi IPB berhasil menarik minat banyak pendaftar terbukti dengan keketatan penerimaan di program studi ini. Pada seleksi tahun 2021, keketatan untuk jalur SNMPTN yaitu 32,57, jalur SBMPTN 26,26, sedangkan lewat jalur Mandiri yaitu 49,88.

Manajemen

Program studi dengan persaingan tertinggi di IPB berikutnya yaitu Manajemen. Keketatan untuk bisa menjadi mahasiswa Manajemen IPB yaitu untuk jalur SNMPTN sebesar 22,04, SBMPTN 17,00, dan jalur Mandiri 23,58.

Mahasiswa yang belajar di program studi Manajemen akan belajar mengenai keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, produksi, dan operasi. Berbekal ilmu tersebut, lulusan dari prodi ini bisa masuk ke berbagai sektor kerja profesional mulai dari perusahaan swasta, pemerintahan, LSM, BUMN, dan lain sebagainya.

Aktuaria

Mahasiswa program studi ini akan dididk untuk menjadi Aktuaris. Di IPB sendiri, pendidikan di prodi Aktuaria telah disesuaikan dengan kurikulum ujian aktuaris profesional Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan kurikulum Departmen of Statistics and Actuarial Science, University of Waterloo, Kanada.

Pada seleksi mahasiswa baru tahun 2020, program studi Aktuaria termasuk yang memiliki persaingan tinggi di IPB. Keketatan penerimaan melalui jalur SNMPTN yaitu 23,60, jalur SBMPTN 16,28, dan melalui jalur Mandiri sebesar 44,95.

Baca juga Yuk, Kenali Berbagai Jalur Masuk IPB.

Ilmu Komputer

Program Studi Ilmu Komputer IPB

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kebutuhan untuk ahli dalam bidang komputer semakin tinggi. Hal ini selaras dengan tingginya minat masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai termasuk salah satunya melalui program studi Ilmu Komputer di IPB.

Pada tahun 2020, keketatan seleksi jalur SNMPTN yaitu 16,82. Melalui jalur SBMPTN sebesar 13,55. Sedangkan seleksi jalur Mandiri keketatannya mencapai 45,44.

Statistika dan Sains Data

Program studi dengan keketatan tinggi di IPB selanjutnya yaitu Statistika dan Sains Data. Keketatan di tahun 2020 untuk jalur SNMPTN yaitu 22,81, jalur SBMPTN 15,75, dan melalui jalur Mandiri sebesar 33,67.

Mahasiswa yang lolos seleksi dan menjadi bagian dari prodi Statistika akan mendapatkan pendidikan untuk menjadi ahli statistika yang handal. Di sini, mahasiswa akan belajar tentang pengumpulan atau pembangkitan dan pengolahan, serta penyajian data untuk analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil tersebut kemudian digunakan untuk menarik kesimpulan secara sah.

Tenik Sipil dan Lingkungan

Program studi Teknik Sipil dan Lingkungan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu teknik perencanan dan pengelolaan sumber daya air, infrastruktur dan bangunan, serta penanganan populasi dan sanitasi lingkungan. Terdapat empat bidang keahlian yang tersedia yaitu:

  1. Teknik Sumber Daya Air;
  2. Teknik Struktur dan Infrastruktur;
  3. Teknik Lingkungan; dan
  4. Teknik Geomatika.

Teknik Sipil dan Lingkungan masuk dalam daftar program studi terketat di IPB. Keketatan seleksi di tahun 2020 untuk jalur SNMPTN yaitu 17,86, jalur SBMPTN 14,20, dan jalur Mandiri sebesar 46,03.

Arsitektur Lanskap

Arsitektur Lanskap Program Studi IPB

Program studi dengan keketatan tinggi di IPB yang terakhir yaitu Arsitektur Lanskap. Persaingan mahasiswa baru di tahun 2020 melalui jalur SNMPTN yaitu 12,77, jalur SBMPTN 11,03, dan jalur Mandiri 19,71. Setelah lolos, mahasiswa akan mempelajari beberapa hal terkait arsitektur lanskap, di antaranya yaitu:

  1. Pengembangan Ilmu Perencanaan (Planning);
  2. Perancangan (Design);
  3. Pembangunan (Construction);
  4. Pengelolaan (Management);
  5. dan lain-lain.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah...

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Beasiswa Telkom University – Melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut terkadang menjadi beban untuk sebagian orang. Biaya besar yang perlu dikeluarkan bukan lagi sebuah hal baru. Calon mahasiswa harus mengeluarkan banyak uang mulai dari mengikuti seleksi sampai lulus...

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

SMB Telkom University – Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini dinobatkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai PTS terbaik di Indonesia....

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY – Salah satu universitas swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY kembali membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Seleksi tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi mahasiswa UMY asalkan memenuhi persyaratan...