7 Tips SKD CPNS Supaya Lolos Seleksi Tahun Ini

oleh | Agu 20, 2021 | Blog, CPNS | 0 Komentar

Tips SKD CPNS – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan salah satu tahapan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang harus dihadapi oleh peserta. Pada tahapan ini, peserta harus mengerjakan serangkaian tes yang nantinya akan menentukan kelolosan dalam seleksi CPNS.

Seleksi Kompetensi Dasar adalah tahapan yang penting dalam seleksi CPNS. Tahapan ini merupakan tahapan tes setelah Seleksi Administrasi. Hasil dari SKD akan menentukan apakah peserta bisa lanjut ke tahapan berikutnya atau tidak. Selain itu, nilai SKD juga akan digunakan untuk penilaian akhir yang menentukan kelolosan peserta seleksi CPNS.

Tentunya, setiap peserta seleksi CPNS ingin lolos SKD. Yuk, ikuti berbagai tips mengikuti SKD CPNS di bawah ini!

Belajar dengan Maksimal

Sebelum mengikuti ujian, hal yang penting untuk dilakukan oleh peserta tentunya adalah belajar. Kamu bisa mempelajari berbagai materi yang sesuai dengan kisi-kisi SKD CPNS. Pada tahun ini, materi yang diujikan yaitu berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Supaya belajar bisa maksimal, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Kamu perlu mengatur jadwal belajar terutama jika kamu memiliki kesibukan lain. Melalui penjadwalan ini, kamu akan memiliki waktu khusus untuk bisa belajar terkait soal-soal seleksi CPNS.

Tetap Istirahat dengan Cukup

Serius dan tekun belajar merupakan hal yang baik, namun jangan sampai kamu mengorbankan waktu istirahatmu, ya! Kamu perlu beristirahat yang cukup setiap harinya supaya bisa tetap bisa segar saat belajar.

Selain itu, kamu juga perlu untuk istirahat terutama sebelum ujian dimulai. Wajar memang jika kamu gelisah dan ingin terus belajar menjelang ujian. Namun, belajar dan cemas berlebih akan membuatmu tidak fokus dan lelah saat mengerjakan ujian.

Menjaga Kesehatan

Tips untuk siap mengikuti SKD CPNS yang berikutnya yaitu selalu menjaga kesehatan. Di masa pandemi seperti sekarang ini, penting bagi semua peserta untuk mengikuti ujian dalam kondisi yang sehat. Sebelum bisa mengikuti tes, peserta akan diperiksa dulu kondisinya. Jika kamu datang dalam kondisi tidak sehat, kamu perlu mengikuti prosedur tertentu dari panitia.

Menjaga kesehatan juga penting supaya kamu bisa mengerjakan soal dengan lebih baik. Jika kondisimu tidak baik, kamu akan kesulitan berkonsentrasi sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup, makan makanan yang bergizi, dan banyak minum air putih.

Baca juga Kisi-kisi Lengkap Seleksi CPNS 2021, TWK, TIU, dan TKP.

Cek Jadwal dan Lokasi Tes

Saat mengikuti SKD, setiap peserta akan mendapatkan jadwal dan lokasi sesuai dengan yang telah ditentukan oleh panitia atau BKN. Tentunya, kamu perlu untuk mengetahui jadwal serta lokasi tes tersebut untuk bisa mengikuti ujian. Kamu dapat mengeceknya melalui akun SSCASN masing-masing.

Setiap peserta seleksi CPNS harus mengetahui jadwal dan lokasi tes masing-masing. Keduanya perlu untuk diingat supaya peserta bisa mengikuti ujian. Selain itu, mengetahui jadwal dan lokasi akan memudahkan kamu untuk menemukan tempat ujian sehingga tidak terburu-buru saat akan berangkat tes.

Jangan Datang Terlambat Saat Ujian

Tips SKD CPNS

Tips SKD CPNS yang harus kamu ingat yaitu jangan sampai terlambat saat ujian. Sebisa mungkin, kamu datang sebelum waktu yang ditentukan. Hal ini perlu karena akan ada pemeriksaan kesehatan dan verifikasi data sebelum kamu memasuki ruangan ujian. Jadi, datang lebih awal, ya, supaya tidak tregesa-gesa!

Jika kamu punya waktu luang, kamu bisa mengecek tempat ujian terlebih dahulu. Tidak perlu sampai masuk gedung, kamu dapat mendatangi lokasi ujian sebelum jadwal tes untuk memperkirakan waktu perjalanan.

Percaya Diri dan Fokus

Saat mengerjakan tes, jangan lupa untuk tetap percaya diri dan fokus terhadap soal yang dikerjakan. Jangan terpancing dan terpengaruh oleh peserta lainnya. Kamu perlu percaya bahwa kamu bisa mengerjakan soal dengan baik. Selain itu, jangan sampai pengerjaan orang lain tersebut mempengaruhi fokusmu sehingga tidak bisa mengerjakan tes dengan maksimal.

Jangan Mengosongkan Jawaban

Tidak mengosongkan jawaban adalah tips mengerjakan SKD CPNS yang harus terus kamu ingat. Pada peraturan tentang penilaian SKD, disebutkan bahwa soal yang salah dan tidak dijawab akan diberi nilai 0. Jadi, daripada mengosongkan jawaban, akan lebih baik kamu tetap mengisinya. Jika beruntung, jawaban tersebut bisa jadi benar dan kamu mendapat tambahan poin.

Yuk, ikuti 7 tips SKD CPNS supaya lolos seleksi tahun ini! Kamu bisa menerapkan tips-tips di atas ketika akan mengikuti SKD. Jangan lupa untuk memaksimalkan diri dalam mengerjakan SKD karena hasil tes ini akan sangat menentukan kelolosanmu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Biaya Kuliah Binus – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Bagi lulusan SMA, salah satu pilihan yang dapat diambil yaitu dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas. Di Indonesia sendiri, pilihan...

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

UKT UNS – Universitas Sebelas Maret atau UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta ini termasuk PTN terbaik yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Hal ini terbukti dari animo pendaftar yang cukup tinggi di...

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

IUP Kedokteran – Perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Salah satu program yang disediakan yaitu International Undergraduate Program atau IUP. Program ini dibuka untuk menampung mahasiswa baik dalam maupun luar negeri untuk bisa...

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Psikologi – Kuliah psikologi bisa jadi sangat menyenangkan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada manusia dengan segala perilakunya. Hal ini dikarenakan psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia....

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Kelas Online – Adanya pandemi membuat banyak orang harus beraktivitas dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun ikut terkena dampaknya. Saat ini, kegiatan ini harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berbagai platform online. Belajar secara online dari rumah...

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Seleksi TNI – Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan angkatan bersenjata yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan negara Indonesia. TNI sendiri dibagi menjadi 3 angkatan yang memiliki tugas berbeda-beda. Saat ini, TNI dibagi menjadi TNI Angkatan Darat, TNI...