Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

8 Prospek Kerja bagi Para Lulusan Ilmu Politik

oleh | Feb 21, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 1 Komentar

Prospek Kerja Ilmu Politik – Ilmu Politik merupakan program studi yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan isu sosial politik. Di jurusan ini, kamu tidak hanya mempelajari politik di Indonesia tetapi juga politik di berbagai negara. Bagi kamu yang peka terhadap isu-isu politik, jurusan ini cocok untuk kamu ambil.

Di Ilmu Politik, kamu akan mengkaji gejala dan fenomena sosial politik yang nantinya akan memberikan solusi dari permasalahan sosial politik tersebut. Di jurusan ini akan membahas secara mendalam mengenai segala kebijakan politik di berbagai negara seluruh dunia. Sebagai mahasiwa Ilmu Politik, kamu dituntut untuk mampu berpikir kritis, analitis, rasional, serta cakap dalam berkomunikasi.

Peluang kerja bagi lulusan Ilmu Politik cukup terbuka lebar dan menjanjikan. Bagi kamu yang tertarik di dunia politik bisa menjadikan jurusan ini pilihan yang tepat untuk kamu ambil. Berikut daftar prospek kerja bagi lulusan Ilmu Politik.

Aparat Pemerintah

Aparat Pemerintah bertugas mengurus segala hal mengenai pemerintahan. Aparat pemerintah dituntut untuk terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan. Kamu bisa bekerja sebagai pegawai di pemerintahan baik di tingkat daerah hingga pusat.

Anggota Partai Politik

Sebagai lulusan Ilmu Politik, kamu punya peluang untuk menjadi anggota partai politik. Kamu bisa bergabung di partai politik jika memiliki ketertarikan untuk berkontribusi dalam partai. Melalui partai politik inilah menjadi salah satu wadah guna menyampaikan beragam aspirasi dan gagasan.

Pengamat Politik

Pengamat Politik sangat dibutuhkan perannya terutama untuk kepentingan di dunia politik. Terutama oleh pemangku kepentingan sebagai referensi bagi partai tersebut terkait hal yang berhubungan dengan kebijakan politik. Hasil pengamatan yang dilakukan pengamat politik bisa menjadi acuan untuk mengambil keputusan dan membuat perubahan.

Jurnalis

Lulusan Ilmu Politik memiliki peluang kerja di dunia jurnalistik bidang politik. Jurnalis politik merupakan jurnalis yang khusus membahas isu-isu sosial-politik. Jurnalis Politik bisa bekerja di berbagai media seperti televisi, radio, media cetak, serta media online.

Profesi ini dituntut untuk bersikap kritis dan aktif dalam mengikuti perkembangan dunia politik. Profesi ini juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Sebagai jurnalis politik, kamu juga harus memiliki kemampuan peka terhadap isu-isu politik.

Hubungan Masyarakat/Public Relation

Hubungan Masyarakat merupakan profesi yang memiliki peran besar di masyarakat. Humas memegang peran penting dalam proses penyebaran informasi kepada masyarakat. Jika kamu tertarik menjadi humas, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking yang bagus.

Politikus

Politikus merupakan pekerjaan yang terjun langsung di dunia politik dan dapat bekerja di instansi pemerintahan. Politikus bertanggung jawab dalam menjalankan kebijakan berdasarkan aspirasi masyarakat. Untuk menjadi politikus, kamu bisa mulai bergabung di suatu partai politik/organisasi masyarakat nasional.

Diplomat

Diplomat tergabung ke dalam organisasi internasional sebagai salah satu perwakilan dari suatu negara. Diplomat umumnya bertugas di Kementerian Luar Negeri atau Kedutaan Besar Luar Negeri sebagai penghubung politik antarnegara. Bagi kamu yang tertarik untuk menjalin dan merawat hubungan politik antarnegara, bisa mencoba peluang sebagai diplomat.

Dosen

Bagi kamu lulusan Magister Ilmu Politik bisa terjun ke bidang pendidikan. Kamu bisa berkarir sebagai staf pengajar atau dosen. Dosen Ilmu Politik bertanggung jawab menyampaikan segala macam ilmu politik termasuk isu-isu terbaru berdasarkan teori dan praktik.

Itulah 8 Prospek Kerja bagi Para Lulusan Ilmu Politik. Bagi kamu yang berminat masuk jurusan Ilmu Politik, peluang kerjanya cukup menjanjikan, lho.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

1 Komentar

  1. Harkani

    Jurusan ilmu politik adalah bidang ilmu sosial yang mempelajari tentang teori – teori, deskripsi, analisis sistem politik, perilaku politik dan juga sekaligus prakek politik yang orientasinya berkaitan dengan akademis, teori serta riset. Prospek kerja ilmu politik pun sangat banyak. Kami juga membahasnya disini https://sinyalkarir.com/2021/12/prospek-kerja-ilmu-politik.html

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!