Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

8 Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Kedokteran Gigi

oleh | Des 10, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Kedokteran Gigi – Ada berbagai jurusan yang bisa dipilih ketika ingin memasuki dunia kesehatan. Salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa yaitu Kedokteran Gigi. Sesuai namanya, jurusan ini fokus pada pembelajaran kesehatan dan perawatan bagian oral yaitu gigi dan mulut.

Pembelajaran di bidang Kedokteran Gigi dilaksanakan terpisah dari Kedokteran Umum. Hal ini dikarenakan materi yang dipelajari pun berbeda. Oleh karena itu, tak mengherankan jika prospek kerja Kedokteran Gigi dan Kedokteran Umum pun berbeda meskipun masih dalam rumpun kesehatan.

Jika telah lulus dari jurusan Kedokteran Gigi, pekerjaan apa saja yang bisa dipilih? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Tentang Jurusan Kedokteran Gigi

Kedokteran Gigi adalah jurusan kesehatan yang khusus mempelajari tentang kesehatan gigi dan mulut. Mahasiswa belajar tentang struktur mulut, permasalahan, dan juga cara menanganinya. Selain itu, mahasiswa program ini juga belajar tentang estetika gigi dan mulut manusia.

Mahasiswa Kedokteran Gigi perlu menjalani berbagai tahapan pembelajaran sebelum bisa menjadi dokter gigi. Mahasiswa akan belajar teori terlebih dahulu selama 7-8 semester untuk memperoleh gelar sarjana. Setelah itu, mahasiswa perlu mengikuti koasistensi di rumah sakit atau klinik dan mengikuti uji kompetensi untuk bisa mengucap sumpah dokter gigi.

Baca juga Mau Dapat Beasiswa Kedokteran? Ikuti Tips-tips Ini, Yuk!

Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Gigi

prospek kerja kedokteran gigi

Mahasiswa jurusan Kedokteran Gigi tentunya mendapat pendidikan untuk menjadi seorang ahli di bidang kesehatan gigi dan mulut. Ada beberapa prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan Kedokteran Gigi yaitu sebagai berikut.

Membuka klinik gigi

Setelah lulus dari jurusan Kedokteran Gigi, kamu bisa memilih untuk membuka praktik dokter gigi sendiri. Kamu bisa membuka klinik dan menjalankan praktik secara mandiri atau bersama orang lain. Tentunya, untuk bisa membuka praktik ini, kamu perlu modal dan persiapan yang matang.

Bekerja di rumah sakit swasta

Jika ingin bekerja di rumah sakit, kamu bisa memilih berbagai rumah sakit swasta yang ada di Indonesia. Ada banyak rumah sakit yang membutuhkan tenaga ahli di bidang kesehatan mulut dan gigi. Kamu pun bisa mendaftarkan diri untuk bisa bekerja di rumah sakit tersebut.

Bekerja di kepolisian

Kepolisian Republik Indonesia juga membutuhkan tenaga ahli di bidang kedokteran gigi. Saat penerimaan peserta didik baru, salah satu aspek yang diperiksa yaitu kesehatan gigi dan mulut. Hal ini merupakan peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusan Kedokteran Gigi.

Berwirausaha

Jika tertarik di bidang bisnis, lulusan Kedokteran Gigi bisa memilih untuk memulai wirausaha sendiri. Kamu bisa membuka bisnis yang berada di bidang kedokteran gigi seperti misalnya perawatan khusus estetika. Bidang ini memiliki prospek kerja cerah bagi lulusan Kedokteran Gigi karena banyak orang yang sangat memperhatikan estetika giginya.

Dosen

Prospek kerja berikutnya bagi lulusan jurusan Kedokteran Gigi yaitu menjadi pengajar atau dosen. Jika tertarik untuk bekerja di bidang pendidikan ini, kamu perlu mengikuti pendidikan tingkat lanjut. Setelah lulus dari pendidikan lanjut tersebut, barulah kamu bisa mendaftar menjadi dosen.

Content creator

Perkembangan teknologi dan internet membuat pekerjaan sebagai content creator banyak dilirik orang. Kamu bisa memilih pekerjaan ini dan menjadi creator di bidang kesehatan gigi dan mulut. Kamu tidak hanya akan mendapatkan penghasilan dari konten namun juga mendidik masyarakat luas terkait kesehatan gigi dan mulut.

Menjadi PNS

Lulusan Kedokteran Gigi juga bisa memilih untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Jika tertarik untuk mengabdi kepada negara, kamu perlu mengikuti seleksi penerimaan PNS terlebih dahulu. Ada berbagai tahapan yang perlu dilalui sebelum kamu dinyatakan diterima.

Penyuluh kesehatan gigi

Sebagai seorang dokter, salah satu tanggung jawab yang dimiliki yaitu mendidik masyarakat terkait kesehatan. Bagi lulusan Kedokteran Gigi sendiri, pendidikan bisa difokuskan di bidang kesehatan gigi dan mulut. Kamu bisa memilih untuk bekerja sebagai penyuluh kesehatan gigi jika ingin memberikan pendidikan kepada masyarakat luas.

Itulah 8 prospek kerja yang bisa dipilih lulusan Kedokteran Gigi. Berbekal ilmu yang didapat di masa perkuliahan, lulusan jurusan ini memiliki banyak pilihan pekerjaan menjanjikan. Semakin yakin untuk jadi mahasiswa Kedokteran Gigi?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!