Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Banyak Dibutuhkan! Ini 9 Prospek Kerja Lulusan Teknologi Informasi dan Rentang Gajinya

oleh | Jun 13, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek kerja Teknologi Informasi – Di era serba digital ini, kebutuhan terkait perkembangan teknologi dan informasi tak bisa dipungkiri cepatnya. Ditambah dengan semakin menjamurnya startup-startup digital yang membutuhkan banyak sumber daya yang ahli di bidang IT. Lulusan Teknologi Informasi atau IT sebenarnya memiliki peluang atau prospek kerja yang sangat beragam saat ini.  

Berikut beberapa pekerjaan yang berpeluang besar untuk ditekuni oleh seorang lulusan teknologi informasi. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan IT terlebih dengan pengalaman profesional tidak tanggung-tanggung bisa mencapai puluhan juta, loh. Yuk, simak ulasan berikut sampai selesai!

1. Web Developer

Website merupakan salah satu media atau platform yang dapat dikatakan wajib bagi industri apapun di jaman sekarang. Mulai dari online shop, korporasi, institusi pemerintahan, institusi pendidikan, BUMN dan lainnya membutuhkan sebuah website untuk menyajikan informasi yang berkaitan dengan kebutuhan masing-masing. Seorang web developer akan bertanggung jawab dalam membuat hingga mengelola laman website. 

Dalam teknisnya, ada dua istilah yang umum ditemui untuk membagi job desk seorang web developer lebih spesifik yaitu back-end developer dan front-end developer. Seorang web developer wajib memahami bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, CSS, AngularJS, EmberJS, Python dan lainnya untuk menunjang pekerjaannya. Gaji seorang web developer berkisar antara Rp 6 juta hingga >30 juta untuk level senior. 

2. Software Engineer

Software engineer adalah profesi yang bertanggung jawab atas sebuah perangkat lunak (software) mulai dari perancangan, pengembangan, pengujian hingga pengelolaannya. Seorang software engineer juga bertugas untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan aplikasi tersebut bagi pengguna/user. Guna menunjang pekerjaannya, bahasa pemrograman seperti C++, Python atau Java wajib dipahami oleh software engineer. Gaji seorang software engineer pada level junior berkisar antara Rp 4,3 – Rp 14 juta sedangkan level senior dapat menerima gaji hingga Rp 40 juta. 

3. Konsultan IT

Pekerjaan sebagai konsultan IT bisa jadi pilihan untuk kamu yang memiliki kemampuan komunikasi, analisis dan problem solving yang mumpuni. Konsultan IT bertugas untuk memberikan saran dan masukan atas kebutuhan klien dalam sistem IT perusahaan atau organisasi. Tentunya pemahaman mengenai sistem IT yang baik menjadi hal wajib untuk dapat menghasilkan keputusan yang tepat dan efisien bagi klien. Gaji yang akan didapatkan seorang konsultan IT berkisar antara Rp 6 juta – Rp 14 juta per bulan.

4. System Analyst

System analyst merupakan pekerjaan yang tidak hanya berfokus pada engineering atau pengembangan sistem IT namun juga berperan hingga evaluasi bisnis di sebuah perusahaan. Seorang system analyst juga tidak akan banyak menghabiskan waktu dengan coding karena lebih dibebankan untuk menganalisis, mendesain hingga mengimplementasikan tujuan bisnis dalam sistem. Rata-rata gaji seorang system analyst di Indonesia yaitu Rp 9 juta dan dapat mencapai belasan juta setiap bulannya.

5. Cloud Architect

Perkembangan penyedia layanan penyimpanan data digital melalui internet atau cloud service saat ini tidak lepas dari campur tangan seorang cloud architect. Cloud architect berperan untuk merancang keseluruhan struktur dari sebuah cloud service hingga dapat diakses dengan baik oleh penggunanya. 

Setidaknya cloud architect harus memiliki pemahaman yang baik di salah satu sistem operasi (OS) seperti Linux, Solaris, Ubuntu atau Windows. Pengetahuan dalam security, bahasa pemrograman hingga networking seperti TCP/IP, IP addresses, HTTP, atau DNS juga wajib dikuasai. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini dapat mencapai  Rp 50 juta. 

6. Cyber security

Semakin maraknya berita hoax di dunia maya seringkali berujung pada berbagai tindak kejahatan digital atau cyber crime. Profesi cyber security menjadi hal wajib untuk meningkatkan keamanan pengguna khususnya untuk menjamin data dan privasi pengguna tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Berbagai jenis perusahaan pun membutuhkan tenaga cyber security untuk mencegah dan mengantisipasi berbagai serangan siber yang dapat terjadi dalam bentuk denial of service (DoS), malware atau virus. Profesi cyber security memiliki gaji rata-rata sekitar Rp  9 juta di Indonesia. 

7.UI/UX Designer

UI/UX designer mungkin jadi salah satu profesi yang belakangan banyak dibahas. Meski sering disandingkan, User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan hal yang berbeda dan dilakukan oleh 2 role yang berbeda pula. Singkatnya, UI designer bertanggung jawab merancang tampilan produk yang ingin diperlihatkan kepada pengguna sementara UX designer lebih berfokus pada pembuatan produk hingga dapat dengan mudah dan nyaman digunakan. 

Meski berbeda, UI dan UX saling berkaitan satu sama lain untuk menghasilkan produk digital seperti website ataupun aplikasi dan software. Seorang UI/UX designer bisa memperoleh gaji yang berkisar antara Rp 8 Juta hingga Rp >15 juta per bulan. 

Selain 9 prospek kerja lulusan teknologi informasi di atas, masih banyak profesi-profesi lainnya yang bisa digeluti setelah lulus dari jurusan teknologi informasi. Skill dan pengalaman tentunya sangat dibutuhkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sesuai nantinya. Semoga informasi ini membantu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!