9 PTN yang Buka Jurusan Kedokteran Baru di Indonesia

oleh | Mei 15, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Kampus, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

PTN yang Buka Jurusan Kedokteran – Jurusan kedokteran tidak selalu diadakan di semua kampus. Namun banyak kampus yang sudah mulai membuka jurusan ini untuk menyumbang lulusan yang kompeten dan mengatasi kekurangan dokter di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah kecil. Kampus-kampus di luar Jawa juga belum banyak yang menyediakan jurusan ini, yang membuat calon mahasiswa yang mau masuk kedokteran harus menempuh pendidikan di pulau Jawa.

PTN yang Buka Jurusan Kedokteran Baru

Dalam beberapa tahun ini, banyak kampus negeri yang mulai membuka jurusan kedokteran. Berikut beberapa di antaranya:

1.    IPB University

Kampus unggulan yang ada di Bogor ini sudah membuka jurusan kedokteran sejak tahun 2023 lalu. Namun untuk penerimaan mahasiswanya, baru dibuka untuk jalur mandiri saja. Pembukaan jurusan kedokteran di IPB ini adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan jumlah dokter di Indonesia, yang juga bisa terlihat di Pulau Jawa terutama Jawa Barat.

2.    Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS membuka fakultas kedokteran dengan berdasarkan Peraturan Rektor ITS Nomor 2 Tahun 2023. Untuk resmi berdirinya adalah bulan Agustus 2023. Terdapat 3 program studi, yakni Program Studi Sarjana Teknologi Kedokteran, Program Studi Sarjana Kedokteran, dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter.

Baca juga: H-1 Menuju Gelombang 2! Cek Jadwal SNBT 2024 Gelombang 2 Berikut

3.    Universitas Pendidikan Indonesia

UPI yang selama ini mungkin dikenal sebagai kampus yang berfokus pada ilmu pendidikan, sudah membuka fakultas Kedokteran UPI resmi didirikan pada tanggal 5 Mei 2023 berdasarkan izin Lembaga Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Program studi Kedokteran di FK UPI menerapkan kurikulum dengan pendekatan outcome based education berbasis competency based medical education.

4.    Universitas Negeri Semarang

Masih di tahun yang sama, yakni pada 2023 kampus ternama di Semarang ini membuka fakultas kedokteran. Tersedia beragam program studi, di antaranya:

  • Sarjana: Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Gizi, dan Farmasi
  • Magister: Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Doktor: Ilmu Kesehatan Masyarakat

Meskipun tergolong baru, namun sudah tersedia 3 pilihan jalur untuk masuk FK UNNES ini. Mulai dari SNBP, SNBT sampai dengan Seleksi Mandiri.

5.    Universitas Negeri Surabaya

UNESA membuka fakultas kedokteran pada tahun 2023 lalu, dan menyediakan 2 pilihan program yakni S1 Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Pendidikan kedokteran UNESA memiliki perbedaan dengan kampus-kampus lain, karena lebih berfokus pada bidang olahraga, dan lulusannya bisa dikatakan jadi dokter olahraga.

6.    UPN Veteran Jawa Timur

Untuk PTN yang satu ini sudah mulai mendirikan fakultas kedokteran sejak tahun 2019.  Menyediakan 2 program pendidikan, yakni S1 Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Lulusannya diproyeksikan siap mengabdi untuk menangani kegawatdaruratan dalam negeri, terutama dalam pascabencana.

7.    Universitas Bangka Belitung

Jurusan S1 Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter Universitas Bangka Belitung resmi dibuka pada 17 Februari 2023 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 194/E/O/2023. Diharapkan nantinya lulusan kampus ini bisa unggul dalam Functional Medicine on Degenerative Disease.

8.    UIN Walisongo

Kampus Islam ini berlokasi di Semarang dan menjadi salah satu kampus Islam Negeri unggulan di Indonesia. Meski belum resmi berdiri, UIN Walisongo sedang mempercepat pembukaan Fakultas Kedokteran dengan target menghasilkan lulusan dokter yang bisa menduduki posisi casemix manager untuk menjembatani antara dokter klinis dan BPJS sesuai ketentuan BPJS.

9.    Universitas Borneo Tarakan

Terakhir, ada kampus negeri pertama di Kalimantan Utara yang bernama Universitas Borneo Tarakan. UBT ini menargetkan untuk membuka Fakultas Kedokteran di tahun 2024 ini. Lalu untuk kuota penerimaannya diperkirakan 40-50 mahasiswa.

Demikian 9 PTN yang buka jurusan kedokteran baru di Indonesia beberapa tahun ini. Jadi untuk kamu yang ingin masuk kedokteran, tidak perlu kuliah jauh-jauh lagi dan tetap bisa dapat kualitas pendidikan yang unggul.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…