Apa itu KKN dalam Kuliah: Program Kerja dan Tujuannya

oleh | Nov 25, 2023 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Apa itu KKN dalam Kuliah – Dalam perguruan tinggi baik negeri maupun swasta pada umumnya akan mengadakan kegiatan KKN di semester atas sebelum mereka bisa mengerjakan tugas akhir. Kegiatan ini menjadi tugas untuk mahasiswa untuk bisa memecahkan masalah dalam suatu wilayah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Nah, dalam kegiatan KKN ini kamu diharuskan untuk berbaur dengan masyarakat. Lokasinya sendiri akan jauh dari kota. Ketahui informasi lebih lengkapnya, yuk!

Apa Itu KKN dalam Kuliah?

KKN merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata, yang biasanya dilaksanakan di semester 5 ke atas. Waktu pelaksanaan KKN ini sendiri biasanya menyesuaikan keputusan dari masing-masing perguruan tinggi itu sendiri. Ada yang mengadakan selama 30 hari, 45 hari, sampai dengan 60 hari.

KKN juga terbagi menjadi 3 jenis, masing-masing dibentuk untuk memberikan variasi dalam bentuk dan tujuan program kerja nantinya. 3 jenis tersebut adalah:

  • KKN Reguler
  • KKN Tematik
  • KKN Kerja

Setiap mahasiswa juga diwajibkan mengikuti program KKN apabila dari perguruan tinggi tersebut memang menerapkan program KKN. KKN ibarat menjadi mata kuliah wajib yang memiliki bobot SKS. Jadi tanpa mengikuti KKN, mahasiswa belum bisa lulus, bahkan menjadi syarat wajib ujian skripsi.

Baca juga: Macam-Macam Jurusan Teknik yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Program Kerja KKN

Dalam menjalankan KKN, setiap kelompok akan diharuskan membuat program kerja (proker) untuk mengisi kegiatan yang bermanfaat dalam memajukan wilayah yang didatangi. Program kerja ini wajib dibuat secara individual juga dan wajib dilaporkan secara rutin kepada dosen pembimbing lapangan (DPL).

Beberapa contoh proker yang banyak dilakukan mahasiswa selama KKN adalah: mengajar di sekolah dan TPA, vaksinasi masyarakat, kerja bakti, sosialisasi pertanian, penghijauan, pembuatan gapura, sampai dengan menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi wisata.

Tujuan Diadakannya KKN

Diadakannya Kuliah Kerja Nyata atau KKN ini tentunya tidak sekadar menjadi syarat lulus bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan kuliahnya. Ada beberapa tujuan atau maksud lain yang berguna untuk mahasiswanya. Di antaranya:

1.    Pengabdian Kepada Masyarakat

Sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi:

  • Pendidikan dan Pengajaran
  • Penelitian dan Pengembangan
  • Pengabdian kepada Masyarakat

Momen KKN ini menjadi momen penerapan dharma ke-3 yakni “Pengabdian kepada Masyarakat”. Ini membuktikan kalau orang dengan pendidikan tinggi tetap harus mengabdi dan kembali ke masyarakat dengan tindakan yang nyata.

2.    Menumbuhkan Rasa Empati

Biasanya setiap perguruan tinggi yang mengadakan kegiatan KKN akan menempatkan para mahasiswanya di wilayah-wilayah kecil yang masih jauh dari kata maju. Hal ini bertujuan supaya mahasiswa bisa berperan membantu memajukan wilayah tersebut dengan inovasi-inovasi kreatif seperti membangun perekonomiannya, kerukunan antar masyarakat, dan lain sebagainya.

3.    Memberikan Pengalaman Terjun Langsung Kepada Mahasiswa

Dengan membuat mahasiswa terjun langsung untuk mempraktikkan ilmu dan kemampuannya di masyarakat, mereka bisa memiliki pengalaman baru yang mungkin bisa juga dimanfaatkan setelah lulus nanti. Diharapkan setelah lulus nanti kamu bisa lebih baik dalam terjun dan berinteraksi sosial.

4.    Pengembangan Pola Pikir Mahasiswa

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kegiatan KKN ini menjadi tugas agar mahasiswa bisa mengatasi masalah yang ada di suatu wilayah. Dalam praktiknya, mereka juga pasti akan menemukan hal-hal lain yang harus dipecahkan. Nah, ini sangat berguna juga untuk mengembangkan pola pikir mahasiswa supaya bisa lebih berpikir kritis, serta memiliki kemampuan pemecahan masalah.

5.    Menerapkan Ilmu yang Sudah Dipelajari

Biasanya kegiatan KKN akan dilakukan secara berkelompok. Pihak kampus akan membagi kelompok dengan jumlah anggota rata-rata 10 orang dari jurusan yang berbeda-beda. Selain bertujuan untuk memperluas relasi mahasiswanya.

Kegiatan KKN ini juga ditujukan agar mahasiswanya bisa menerapkan ilmu-ilmu yang sudah mereka pelajari selama perkuliahan. Dari 10 orang dengan jurusan yang berbeda-beda, mereka bisa saling melengkapi sekaligus belajar ilmu baru untuk juga diamalkan kepada masyarakat.

Nah, sudah paham kan apa itu KKN dalam kuliah? Kira-kira kamu punya rencana membuat program kerja apa?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.