Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Apa Prospek Kerja yang Ada untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan?

oleh | Nov 12, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan – Saat memilih jurusan kuliah, salah satu hal yang tak boleh luput untuk diperhitungkan yaitu kesempatan kerja lulusannya. Jurusan yang dipilih akan sangat membantu ketika nanti telah lulus dan terjun di dunia kerja.

Jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas tentunya akan menjadi pilihan banyak orang. Salah satu rumpun ilmu yang banyak diincar oleh calon mahasiswa yaitu ekonomi. Ada banyak cabang jurusan di rumpun ilmu ini di antaranya yaitu Ekonomi Pembangunan.

Jurusan Ekonomi Pembangunan cukup diminati karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Apa saja peluang kerja yang ada? Cari tahu di bawah ini, yuk!

Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Ekonomi Pembangunan adalah jurusan yang merupakan cabang dari ilmu ekonomi. Jurusan ini memiliki fokus pada pembelajaran terkait perkembangan ekonomi di masa lalu, masa kini, dan juga masa depan. Cakupan pembelajarannya sangat luas mulai dari industri keuangan, bisnis, dan juga perbankan.

Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan akan belajar banyak pengetahuan yang berada di rumpun ilmu ekonomi. Mahasiswa akan mendapat mata kuliah yang bermacam seperti akuntansi, ekonomi moneter, manajemen perbankan, ekonomi internasional, dan lain-lain. Mata kuliah ini dipelajari supaya mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai.

Baca juga Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan? Cari Tahu, Yuk!

Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Ekonomi Pembangunan

prospek kerja ekonomi pembangunan

Lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki prospek kerja yang luas. Hal ini mungkin karena kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli di bidang ekonomi. Selain itu, sebagai negara yang masih berkembang, kemampuan dari lulusan Ekonomi Pembangunan akan sangat membantu.

Lulusan Ekonomi Pembangunan bisa bekerja di berbagai bidang karena kemampuannya dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa dipilih.

Pegawai Pemerintah

Pilihan pekerjaan yang pertama untuk jurusan Ekonomi Pembangunan yaitu sebagai pegawai pemerintah baik pusat atau daerah. Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di pemerintahan karena bisa berkontribusi dalam pembuatan kebijakan terkait perkembangan ekonomi Indonesia.

Research and Development

Lulusan Ekonomi Pembangunan juga dapat memilih untuk bekerja di bidang research and development atau RnD. Di bidang ini, kamu akan melakukan berbagai penelitian untuk mengembangkan produk atau jasa perusahaan. Bidang ini sangat penting di sebuah perusahaan sehingga kesempatan kerjanya luas.

Analis Bisnis

Analis bisnis juga bisa menjadi salah satu prospek kerja Ekonomi Pembangunan. Sesuai namanya, seorang analis bisnis akan melakukan berbagai analisis seperti tentang perilaku konsumen. Hasil analisis tersebut kemudian akan digunakan sebagai pertimbangan perusahaan dalam mengembangkan produks serta pelayanan.

Analis Kredit

Saat menjalani kuliah di jurusan Ekonomi Pembangunan, kamu akan belajar banyak hal terkait keuangan. Hal ini akan membantumu ketika nanti bekerja sebagai analis kredit. Seorang analis kredit bertanggung jawab untuk menilai dan membuat pedoman kelayakan kredit untuk calon nasabah. Hal ini penting supaya perusahaan tidak merugi.

Pegawai Bank

Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang keuangan, tentunya menjadi pegawai bank adalah salah satu pilihan yang tak boleh terlewat. Kamu bisa masuk ke berbagai posisi seperti auditor, sales, account officer, dan lain-lain. Kebutuhan tenaga kerja di bidang perbankan terus ada sehingga kesempatannya cukup tinggi.

Juru Taksir

Seorang juru taksir akan bertanggung jawab untuk melakukan perkiraan harga untuk berbagai jenis barang atau jasa seperti misalnya properti. Selain itu, juru taksir juga perlu menganalisis penjualan, studi pasar, dan lain-lain. Hal ini dilakukan supaya penentuan harga bisa lebih akurat.

Dosen

Prospek kerja lainnya untuk lulusan Ekonomi Pembangunan yaitu menjadi akademisi atau dosen. Supaya bisa menjalani profesi ini, kamu perlu menjalani studi lanjutan di jenjang magister. Sebagai dosen, kamu tidak hanya akan mengajar mahasiswa namun juga berkesempatan untuk melakukan berbagai penelitian.

Apa prospek kerja yang ada untuk lulusan Ekonomi Pembangunan? Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa diambil ketika telah lulus dari jurusan ini. Kamu bisa memilih profesi yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!