Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Kedokteran? Yuk, Cari Tahu!

oleh | Sep 6, 2021 | Blog, Kedokteran, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Kedokteran – Program studi Pendidikan Dokter atau Kedokteran masih menjadi favorit banyak orang. Setiap kali seleksi penerimaan mahasiswa baru dibuka, program ini selalu ramai pendaftar. Tidak hanya itu, program ini juga termasuk yang terfavorit di berbagai perguruan tinggi.

Program studi Kedokteran tidak hanya dikenal akan peminatnya yang banyak. Sejalan dengan ramainya peminat ini, seleksi program studi Kedokteran selalu ketat. Selain itu, program ini juga dikenal dengan proses perkuliahannya yang panjang dan tidak mudah untuk dilalui.

Meskipun sulit, Pendidikan Dokter tetap menjadi program studi primadona di Indonesia. Menjadi mahasiswa program ini tidak hanya membawa kebanggaan tersendiri, prospek kerja Kedokteran juga cukup luas dan stabil. Ada berbagai profesi yang bisa dipilih oleh lulusan Pendidikan Dokter. Yuk, cari tahu di bawah ini!

Dokter Umum

prospek kerja kedokteran

Salah satu pekerjaan yang populer di masyarakat bagi lulusan Pendidikan Dokter tentunya adalah Dokter Umum. Pekerjaan ini merupakan salah satu default bagi lulusan program studi Kedokteran. Profesi ini sendiri sangatlah menjanjikan karena selalu dibutuhkan. Kamu bisa bekerja sebagai Dokter Umum di rumah sakit maupun klinik.

Dokter Spesialis

Selain sebagai Dokter Umum, prospek kerja lulusan Kedokteran lainnya yaitu menjadi Dokter Spesialis. Sesuai namanya, Dokter Spesialis akan mendalami suatu ilmu di bidang kedokteran seperti mata, saraf, ginekologi, jiwa, dan lain-lain. Bagi yang ingin bekerja sebagai Dokter Spesialis, harus mengikuti pendidikan lanjutan setelah mendapat gelar dokter.

Akademisi

prospek kerja kedokteran

Tidak hanya menjadi dokter, lulusan program Kedokteran juga bisa memilih untuk menjadi seorang akademisi. Lulusan program ini bisa menjadi pengajar di perguruan tinggi atau biasa disebut dengan Dosen. Sama seperti Dokter Spesialis, untuk bisa menjadi seorang akademisi di perguruan tinggi, kamu perlu menempuh pendidikan lanjut yaitu minimal S2.

Peneliti

Jika kamu berminat untuk mengembangkan ilmu kedokteran dan kesehatan, menjadi Peneliti adalah pilihan yang tepat. Kamu akan melakukan berbagai penelitian di bidang tersebut. Hasil yang didapat dari riset itu kemudian akan digunakan untuk kemajuan dan perkembangan ilmu ini. Tidak hanya itu, hasil penelitian ini juga akan bermanfaat untuk masyarakat.

Baca juga Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Swasta.

Pegawai Struktural atau Manajerial

prospek kerja kedokteran

Prospek kerja lulusan Kedokteran selanjutnya yaitu menjadi pegawai struktural atau manajerial di rumah sakit. Bagi yang memilih profesi ini, akan mendapat kesempatan bekerja di rumah sakit namun bukan sebagai dokter praktik. Kamu akan bekerja di balik layar dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan rumah sakit.

Bekerja di Industri

Jika kamu tidak tertarik untuk bekerja di rumah sakit, pilihan karir lainnya bisa didapatkan di perusahaan atau industri. Kamu bisa bekerja di bidang Research and Development atau Rnd. Di bidang ini, kamu akan melakukan penelitian dan mengembangkan produk perusahaan. Kamu bisa memilih berbagai perusahaan seperti farmasi, makanan, dan lain-lain.

Ahli Diet atau Dietician

prospek kerja kedokteran

Pilihan pekerjaan lainnya yaitu menjadi Ahli Diet atau Dietician. Sesuai namanya, pekerjaan ini dilakukan dengan menjadi konsultan diet seseorang atau klien. Pekerjaan ini memiliki prospek yang cerah karena banyak dibutuhkan dan dicari. Namun, untuk bisa menjadi Ahli Diet yang kompeten, kamu perlu untuk mendalami ilmu gizi juga.

PNS

Lulusan Pendidikan Dokter juga bisa bekerja sebagai pegawai pemerintah yaitu dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Supaya bisa menjalani profesi ini, kamu perlu untuk mengikuti seleksi CPNS dan memilih jabatan dengan syarat lulusan Kedokteran. Jika lolos, kamu akan berkesempatan untuk bekerja sebagai praktisi, pemangku kepentingan, atau pembuat kebijakan.

Penyuluh Kesehatan Masyarakat

prospek kerja kedokteran

Penyuluh Kesehatan Masyarakat juga merupakan salah satu prospek kerja lulusan Kedokteran. Kamu akan bekerja untuk memberikan pendidikan terkait kesehatan kepada masyarakat luas. Di profesi ini, kamu akan berkolaborasi dengan lulusan program lainnya seperti Kesehatan Masyarakat.

Nah, kamu sudah tahu kan, apa saja prospek kerja lulusan Kedokteran? Yuk, cari tahu! Jika kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa program ini, berbagai profesi di atas merupakan pekerjaan yang bisa kamu pilih. Semoga membantumu dalam menentukan pekerjaan nantinya, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!