Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Apa Saja, Sih, Jenis-jenis Organisasi Kampus?

oleh | Agu 4, 2021 | Blog | 0 Komentar

Organisasi Kampus – Memasuki dunia perkuliahan, ada banyak hal baru yang ditemui oleh mahasiswa. Tidak hanya yang terkait dengan kuliah, ada juga hal lain yang ada di kampus seperti contohnya organisasi mahasiswa. Mungkin mahasiswa baru banyak mengira bahwa organisasi ini mirip dengan OSIS. Padahal, organisasi kampus berbeda dengan organisasi SMA.

Setiap perguruan tinggi memiliki organisasi yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, organisasinya pun beragam dan memiliki cakupan tersendiri. Biasanya, organisasi kampus terbagi menjadi setingkat universitas, tingkat fakultas, dan tingkat jurusan atau program studi.

Yuk, cari tahu jenis-jenis organisasi yang bisa kamu ikuti!

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan organisasi BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM merupakan organisasi umum yang ada di kampus karena anggotanya berasal dari berbagai latar belakang prodi. Organisasi ini memiliki tugas di antaranya yaitu:

  • Sebagai jembatan penyampaian aspirasi dari mahasiswa kepada pihak kampus.
  • Mengelola organisasi-organisasi lainnya supaya tetap bersinergi.
  • Mengorganisir berbagai kegiatan kampus seperti orientasi mahasiswa baru.
  • Menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan BEM kampus lain.
  • dan lain-lain.

BEM terbagi menjadi dua yaitu BEM universitas dan BEM fakultas. BEM universitas berada di bawah rektorat dan anggotanya merupakan mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi tersebut. Sedangkan untuk BEM fakultas cakupannya hanya sebatas fakultas saja dan berada di bawah dekanat. Anggota BEM fakultas berasal dari mahasiswa fakultas tersebut.

Baca juga 35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)

Organisasi Kampus

Organisasi kampus lainnya yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa atau DPM. Organisasi ini bisa dibilang sebagai legislatif di kampus yang memiliki tugas pengawasan terhadap BEM yang merupakan eksekutif. Anggota dari DPM biasanya diajukan atau dipilih melalui prosedur tertentu yang disepakati.

DPM memiliki tugas yang berbeda dengan BEM karena menjalankan fungsi legislasi. Beberapa tugas yang dilakukan oleh DPM yaitu:

  • Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa.
  • Membuat dan melakukan perubahan produk perundang-undangan.
  • Mengawasi kinerja BEM.
  • Memiliki fungsi advokasi untuk mahasiswa yang disampaikan kepada pihak kampus.

Himpunan Mahasiswa Jurusan atau Prodi (HMJ/HIMA)

Kamu juga bisa memilih organisasi kampus dengan lingkup yang lebih spesifik yaitu HIMA atau HMJ. Organisasi ini terbatas untuk mahasiswa dari program studi atau jurusan tertentu saja. Misalnya yaitu Himpunan Mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program Akuntansi saja.

HIMA/HMJ memiliki pekerjaan yang berbeda dengan organisasi lainnya. Organisasi ini akan fokus pada pengembangan mahasiswa di jurusannya. Kegiatan yang dilakukan juga menyasar mahasiswa jurusan tersebut.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Organisasi Kampus

Bagi kamu yang tertarik pada suatu bidang tertentu, terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang bisa kamu ikuti. UKM akan lebih berfokus pada suatu bidang seperti seni, olahraga, atau yang lainnya.

Setiap kampus memiliki UKM yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih organisasi yang sesuai dengan minat. Contoh beberapa UKM yang umumnya ada di kampus yaitu seperti Pers Mahasiswa, Pecinta Alam, UKM beladiri, Marching Band, UKM fotografi, Paduan Suara, dan lain-lain.

Sama seperti BEM, UKM juga terbagi menjadi dua yaitu tingkat universitas dan tingkat fakultas. UKM tingkat universitas bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa yang tertarik. Sedangkan UKM fakultas terbuka untuk mahasiswa dari fakultas tersebut. Biasanya, UKM universitas akan lebih bervariasi dibandingkan dengan UKM fakultas.

Apa saja, sih, jenis-jenis organisasi kampus? Setiap perguruan tinggi memiliki organisasi mahasiswa yang berbeda-beda. Penyebutannya pun terkadang berbeda meskipun memiliki fungsi yang sama. Jika kamu telah menjadi mahasiwa, bisa mengikuti organisasi kampus ini untuk menambah pengalaman dan juga relasi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!