Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Apa Saja, Sih, yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan?

oleh | Jan 25, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kedokteran Hewan – Apakah kamu menyukai binatang? Di dunia perkuliahan, ada sebuah program yang khusus mempelajari tentang ilmu hewan, pemeliharaan, dan pengobatannya, yaitu Kedokteran Hewan. Sesuai namanya, jurusan ini akan mempelajari ilmu kedokteran namun objeknya bukan manusia melainkan hewan.

Jurusan ini merupakan pilihan tepat jika seseorang ingin mendalami ilmu kesehatan tentang hewan. Selain itu, kebutuhan akan seorang ahli di bidang ini juga tinggi sehingga lulusannya memiliki peluang kerja yang besar. Nah, sebenarnya, apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa Kedokteran Hewan? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Mengenal Jurusan Kedokteran Hewan

jurusan kedokteran hewan

Sebenarnya, mahasiswa Kedokteran Hewan mempelajari berbagai ilmu yang mirip dengan Kedokteran Umum namun dengan objek berbeda. Mahasiswa akan belajar berbagai ilmu seperti anatomi hewan, fisiologi hewan, obat untuk hewan, ilmu penyakit dalam hewan, virus, bakteri, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang mengira bahwa di jurusan ini, mahasiswa hanya fokus pada hewan-hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Padahal kenyataannya, di Kedokteran Hewan, mahasiswa akan belajar tentang segala jenis hewan baik itu hewan domestik, hewan ternak, hewan eksotis, dan juga hewan liar.

Walaupun berbeda, proses pendidikan untuk menjadi dokter di jurusan Kedokteran Hewan mirip dengan Kedokteran Umum. Mahasiswa akan belajar di fase pra klinik baik itu teori atau praktik untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Hewan. Setelah itu, mahasiswa akan mengikuti Koas selama 1 tahun sebelum kemudian mengucap sumpah menjadi drh.

Baca juga Yuk, Ketahui Apa Saja Persiapan untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran!

Materi Kuliah Kedokteran Hewan

Mahasiswa Kedokteran Hewan akan mempelajari banyak hal terkait ilmu kedokteran khusus untuk hewan. Tentunya, setiap perguruan tinggi memiliki kurikulum pembelajaran yang berbeda-beda. Penyusunan kurikulum ini dilakukan supaya mahasiswa bisa memiliki standar kompetensi yang sesuai ketika lulus.

Kurikulum dan mata kuliah di jurusan Kedokteran Hewan akan berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi. Sebagai contoh, berikut ini daftar mata kuliah di Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin.

jurusan kedokteran hewan
jurusan kedokteran hewan
jurusan kedokteran hewan
jurusan kedokteran hewan

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Kedokteran Hewan

Kedokteran Hewan merupakan ilmu yang telah diajarkan di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Banyaknya kampus yang membuka jurusan ini dikarenakan kebutuhan dokter hewan di Indonesia sangat tinggi. Kampus yang menyelenggarakan pendidikan di jurusan ini pun beragam baik itu perguruan tinggi negeri atau swasta.

Berikut ini beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Kedokteran Hewan.

  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Udayana
  • Universitas Nusa Cendana
  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Nusa Tenggara Barat
  • Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Itulah penjelasan tentang Apa Saja, Sih, yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan? Jurusan ini bisa menjadi pilihan di perguruan tinggi jika kamu tertarik untuk mempelajari hewan terutama di bidang kesehatannya. Kamu bisa mendaftar ke salah satu perguruan tinggi di atas jika tertarik masuk ke jurusan ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ini Dia 7 Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Hewan yang Beragam | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Apa Saja, Sih, yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan? […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!