Apakah Benar Lulusan IPS Bisa Masuk Jurusan Kedokteran?

oleh | Jan 7, 2022 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Apakah Lulusan IPS Bisa Masuk Kedokteran – Kedokteran merupakan pilihan jurusan yang menjadi favorit banyak calon mahasiswa. Jurusan ini selalu menjadi incaran dan populer di setiap penerimaan mahasiswa baru. Tidak hanya itu, seleksi untuk bisa masuk jurusan ini juga ketat karena nilai pendaftar yang tinggi.

Jurusan Kedokteran merupakan program yang berada di rumpun Saintek. Jurusan ini ditujukan untuk lulusan SMA jurusan IPA yang ingin mempelajari ilmu kedokteran. Meskipun begitu, sering muncul pertanyaan ‘apakah lulusan IPS bisa masuk Kedokteran?’ Pertanyaan ini muncul dari siswa IPS yang ternyata juga tertarik untuk mempelajari ilmu kedokteran.

Pertanyaan ini sering ditanyakan dan menjadi sumber kegalauan banyak orang. Ada yang berkata bahwa, asalkan rajin belajar dan mengikuti penyetaraan, lulusan IPS atau SMK bisa mendaftar ke Kedokteran. Namun, apakah benar kenyataannya seperti itu?

Peraturan Tentang Asal Jurusan untuk Masuk Kedokteran

Meskipun sering dipertanyakan, nyatanya asal jurusan untuk bisa masuk ke program Kedokteran sudah diatur. Saat melakukan pendaftaran, salah satu syarat yang dituliskan oleh perguruan tinggi untuk program Kedokteran adalah berasal dari jurusan IPA. Beberapa jurusan lain seperti Kedokteran Gigi, Kimia, dan lainnya juga memiliki syarat yang sama.

Selain itu, Konsil Kedokteran Indonesia atau KKI juga telah memiliki standar pendidikan profesi dokter Indonesia. Di dalam dokumen standar tahun 2012 ini, terdapat bagian mengenai mahasiswa. Tertulis bahwa penerimaan mahasiswa sesuai dengan prinsip relevansi. Artinya, seleksi masuk hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA/sederajat jurusan IPA.

Praktik Lulusan Selain Jurusan IPA Masuk Kedokteran

Meskipun terdapat peraturan yang jelas, pendaftaran lulusan selain jurusan IPA tetap di program Kedokteran tetap terjadi. Biasanya, pendaftaran ini dilakukan pada seleksi berbasis tes seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Tidak hanya dari pihak pendaftar, penerimaan mahasiswa Kedokteran selain dari jurusan IPA juga terjadi karena keputusan perguruan tinggi. Ada perguruan tinggi yang tetap menerima lulusan IPS bahkan SMK untuk masuk ke jurusan Kedokteran. Perguruan tinggi berdalih bahwa penerimaan tetap sah karena mahasiswa telah melakukan penyetaraan.

Baca juga Yuk, Ketahui Apa Saja Persiapan untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran!

Alasan Lulusan IPS Tidak Disarankan Masuk Kedokteran

apakah lulusan ips bisa masuk kedokteran

Peraturan tentang asal jurusan untuk bisa masuk ke program Kedokteran tentunya bukan tanpa alasan. Kedokteran merupakan jurusan yang banyak mempelajari ilmu dengan basis IPA seperti biologi dan kimia. Dikhawatirkan, lulusan IPS tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik karena kurangnya basic ilmu yang dimiliki.

Selain itu, pendidikan di bidang kedokteran juga diawasi dengan ketat karena akan berpengaruh terhadap kualitas lulusannya. Pendidikan yang memiliki kualitas rendah akan menghasilkan dokter dengan kualitas yang sama. Ke depannya, hal ini akan berbahaya karena seorang dokter akan bersinggungan langsung dengan hidup-mati manusia.

Melihat pentingnya hal ini, beberapa kampus dengan tegas menyatakan bahwa pendaftar jurusan Kedokteran haruslah lulusan IPA. Lulusan jurusan lain seperti IPS, SMK, atau Bahasa tidak bisa mendaftarkan diri.

Kesempatan Penerimaan Lulusan IPS di Jurusan Kedokteran

Kembali lagi ke pertanyaan ‘apakah lulusan IPS bisa masuk Kedokteran?’ Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sebenarnya sudah ada aturan yang menyatakan bahwa lulusan selain jurusan IPA tidak bisa masuk Kedokteran. Meskipun begitu, terkadang terdengar kabar bahwa ada lulusan IPS yang berhasil diterima di Kedokteran.

Berarti, lulusan IPS tetap punya kesempatan mendaftar?

Tentu saja, lulusan jurusan apa pun bisa melakukan pendaftaran ke jurusan Kedokteran. Pendaftaran bisa dilakukan, terutama jika mengikuti seleksi jalur tes. Hanya saja, kesempatan bagi lulusan non IPA untuk diterima sangatlah kecil.

Seleksi untuk bisa masuk ke jurusan Kedokteran sangatlah ketat. Selain karena pendaftarnya yang banyak, nilai yang dibutuhkan untuk masuk Kedokteran sangatlah tinggi. Hal ini menambah kesulitan untuk bisa diterima. Bahkan, lulusan IPA pun susah masuk Kedokteran.

Tidak hanya itu, aturan terkait asal jurusan calon mahasiswa juga menjadi pertimbangan kampus dalam melakukan penerimaan di program Kedokteran. Perguruan tinggi yang melanggar bisa mendapat teguran. Lebih dari itu, bahkan program Kedokteran di perguruan tinggi yang melanggar bisa terancam ditutup.

Itulah penjelasan tentang Apakah Benar Lulusan IPS Bisa Masuk Kedokteran? Berdasarkan penjelasan di atas, jika memang tertarik untuk masuk ke jurusan ini, maka pilihlah peminatan IPA ketika berada di bangku SMA. Semoga informasi ini membantu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.