Awas! 5 Hal Ini Jadi Penyebab Nilai Skripsi Jelek

oleh | Nov 30, 2023 | Blog, Mata Kuliah, Skripsi | 0 Komentar

Penyebab Nilai Skripsi Jelek – Dalam perkuliahan, skripsi menjadi tantangan akhir untuk mencapai kelulusan dan mendapatkan gelar. Proses pengerjaannya sendiri ada yang cepat, tidak sedikit juga yang sampai bertahun-tahun. Setelah selesai dibuat, mahasiswa harus menjalani ujian untuk mempertanggungjawabkan skripsi yang mereka buat.

Tau tidak, kalau ada beberapa faktor yang menjadi penyebab nilai skripsi jelek, lho. Nah supaya kamu tidak kecewa dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, ada baiknya untuk mengetahui penyebab-penyebab ini.

Penyebab Nilai Skripsi Jelek yang Wajib Kamu Ketahui

Nilai skripsi yang jelek tentunya sangat tidak memuaskan karena bisa membuat IPK kamu jadi turun, padahal skripsi jadi mata kuliah terakhir yang jadi penentu IPK paten kamu setelah lulus nantinya. Bahkan hal ini juga bisa menjadikan kamu tidak lulus sidang skripsi, dan harus mengulang.

Pastinya tidak mau hal ini kejadian, kan? Nah, berikut beberapa penyebab nilai skripsi jelek yang wajib kamu hindari:

1.    Tidak Menguasai Isi Skripsi yang Kamu Buat

Skripsi merupakan tugas akhir yang memiliki bobot tinggi dalam penentuan kelulusan setiap mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang menganggap bahwa skripsi ini adalah tugas yang sulit dan jadi beban berat, bahkan banyak yang memilih tidak melanjutkan dan memilih menggunakan jasa joki yang tentunya ilegal untuk digunakan.

Padahal ini jadi faktor utama yang membuat nilai skripsi kamu jadi jelek, lho! Sebisa mungkin, kamu harus menguasai apa yang sudah kamu buat. Minimal dengan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh sesudah mendapatkan jadwal ujian supaya hasilnya tidak mengecewakan. Pastikan juga penyampaian saat presentasi lancar, ya.

Baca juga: 6 Manfaat Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Saat Kuliah

2.    Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan dari Dosen Penguji

Selanjutnya, kalau kamu tidak menguasai isi skripsi kamu, kamu juga tidak akan bisa menjawab pertanyaan dosen penguji kamu dengan maksimal. Karena biasanya dosen akan menguji pemahaman, serta pandangan kamu mengenai penelitian yang sudah kamu buat.

Hampir dalam setiap sidang skripsi, mahasiswa pasti akan didebat oleh dosen penguji. Ini bisa jadi karena skripsi kamu kurang tepat, atau hanya untuk menguji seberapa paham kamu dengan skripsi yang kamu buat.

3.    Terlalu Ngeyel dengan Dosen Penguji

Terlalu percaya diri dan kekeh dengan pandangan kamu juga tidak bisa dikatakan bagus, lho! Apalagi dosen-dosen penguji kamu pastinya adalah dosen yang sudah terbiasa dengan pembahasan skripsi yang kamu buat. Jadi ilmunya pasti tidak bisa diremehkan. Oleh karena itu, walaupun pendapat kamu sekiranya sudah sangat kuat, usahakan untuk mendengarkan apa yang disampaikan dosen penguji.

4.    Penggunaan Bahasa Tidak Ilmiah

Ingat! sidang skripsi adalah acara formal yang ada di ruang lingkup formal juga, serta berhadapan dengan dosen-dosen yang profesional. Maka kamu wajib menggunakan tata bahasa yang bagus. Walaupun menganggap santai sidang skripsi bisa membantu mengurangi kecemasan, namun jangan sekali-sekali bersikap tidak sopan karena sangat bisa mengurangi nilai skripsi kamu.

5.    Tidak Hafal dengan Nama-Nama Dosen di Jurusan

Hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum sidang skripsi dimulai tidak hanya untuk menguasai materi skripsi kamu saja. Biasanya jadwal sidang akan diberikan beberapa hari sebelumnya, dengan tujuan agar mahasiswa bisa mempersiapkan sidang dengan baik.

Dosen juga biasanya akan menguji seberapa dalam pemahaman kamu mengenai kampus yang selama ini menjadi tempat menempuh pendidikan. Nah, tidak jarang dosen penguji akan menanyakan beberapa hal seperti mata kuliah dari dosen-dosen yang sudah kamu ikuti sebelumnya.

Jadi demikian 5 penyebab nilai skripsi jelek yang wajib kamu hindari supaya bisa dapat nilai akhir yang maksimal! Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.