Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Banyak yang Belum Tahu, Ini Prospek Kerja Lulusan Kriminologi

oleh | Feb 3, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Kriminologi – Angka kasus kriminalitas di Indonesia terus meningkat. Oleh karenanya, lulusan Kriminologi sangat dibutuhkan perannya. Di Indonesia, Kriminologi merupakan jurusan yang langka dan belum sepopuler seperti jurusan lain.

Namun, ternyata peminat di jurusan ini cukup banyak. Selain itu, prospek kerja lulusan ini pun cakupannya cukup luas. Sebagai mahasiswa jurusan ini, kamu diharapkan mempunyai keahlian meneliti, mampu berpikir kritis, dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.

Kamu masih bingung bekerja di mana setelah lulus? Sebenarnya apa saja, sih, pilihan kerja yang dimiliki oleh lulusan Kriminologi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang perbuatan kejahatan dan perilaku menyimpang di masyarakat. Studi ini menganalisa tingkah laku manusia yang melakukan kejahatan. Ada 4 fokus yang dibahas di ilmu ini antara lain, pelaku kejahatan, korban, kejahatan itu sendiri, dan reaksi masyarakat.

Kriminologi adalah gabungan dari beberapa ilmu lain seperti sosiologi, hukum, politik, komunikasi, psikologi. Di program studi ini, kamu juga akan mempelajari bidang ilmu yang lain. Adapun ilmu bantu dalam jurusan ini meliputi sosiologi, psikologi, filsafat, ilmu politik, biologi, ekonomi, geografi, sejarah, psikiatri dan antropologi.

Baca juga 8 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Statistika

Prospek Kerja Kriminologi

Walaupun jurusan ini belum sepopuler jurusan lainnya, ternyata cukup banyak prospek kerjanya belum lagi tawaran gaji yang lumayan besar. Lulusan studi ini akan lebih banyak dibutuhkan di berbagai lembaga penegak keadilan. Berikut ini beberapa macam profesi lulusan Kriminologi.

BIN (Badan Intelijen Negara)

Apabila kamu tertarik dengan posisi ini, kamu akan dituntut untuk mempunyai wawasan yang luas. Di posisi kerja ini kamu dituntut untuk bisa berpikir cerdas, berintelek, dan mampu menjaga rahasia. Walaupun menjadi anggota BIN sangat sulit dan mempunyai risiko, tawaran gaji bekerja di BIN lumayan tinggi jumlahnya.

Kepolisian

Sebagai lulusan Kriminologi, kamu bisa bergabung di kepolisian sebagai tim atau bagian penyidik untuk menyelesaikan berbagai kasus kriminal. Lulusan Kriminologi yang bekerja di kepolisian nantinya akan bertugas menjadi bagian dari penyidik kepolisian untuk menyelesaikan kasus kriminal. Tentunya, di posisi ini kamu harus memiliki ketelitian yang tinggi dalam menangani kasus.

Jurnalis

Karena kamu lulusan Kriminologi, kamu dituntut untuk mempunyai keahlian berpikir dengan kritis, melakukan analisis, menemukan bukti, dan membuat laporan yang sistematis. Jika kamu memiliki keahlian itu, kamu bisa memilih bekerja sebagai jurnalis. Sebagai lulusan Kriminologi yang bekerja menjadi jurnalis mempunyai tugas untuk menyajikan berita di terkait tindak-tindak kriminal di media massa.

Dosen

Saat ini, Kriminologi merupakan satu program studi yang langka. Tak heran, perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan Kriminologi sangat membutuhkan banyak dosen di program studi ini. Tentunya sebagai dosen di jurusan ini, harus mempunyai kompetensi di bidang ini.

Lembaga Departemen Pertahanan

Prospek kerja lulusan Kriminologi selanjutnya adalah pegawai di Lembaga Departemen Pertahanan. Posisi ini mempunyai tugas untuk menjaga pertahanan bangsa dan negara supaya terhindar dari berbagai perilaku kekerasan, kriminal, bahkan terorisme. Selain itu, bekerja di lembaga ini kamu bisa mengabdikan diri kepada negara.

Staf KPK

Sebagai lulusan Kriminologi yang bekerja di lembaga KPK, kamu diharapkan untuk bisa memberantas kasus korupsi di Indonesia. Korupsi masih menjadi permasalahan yang serius di Indonesia. Oleh karena itu, banyak dibutuhkan lulusan studi ini untuk menyelesaikan dan menangani kasus korupsi.

Itulah artikel Banyak yang Belum Tahu, Ini Prospek Kerja Lulusan Kriminologi. Ternyata lulusan Kriminologi mempunyai peluang dan pilihan karir yang cukup banyak. Tertarik untuk masuk di jurusan ini? Semoga artikel ini bisa membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!