Berapa Biaya Kuliah di Kelas Internasional ITB?

oleh | Okt 23, 2021 | Biaya Kuliah, Blog, Kelas Internasional, PTN | 0 Komentar

Biaya Kuliah Kelas Internasional ITB – Perguruan tinggi di Indonesia menawarkan pilihan pendidikan yang cukup beragam. Calon mahasiswa bisa memilih program sesuai yang diinginkan baik itu di kelas reguler, internasional, ekstensi, atau lainnya. Salah satu yang banyak diminati yaitu kelas internasional.

Program internasional merupakan salah satu kelas yang populer di Indonesia. Mahasiswa kelas internasional akan mendapatkan pendidikan dengan taraf internasional. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengikuti program-program tertentu yang hanya bisa diikuti oleh peserta didik kelas internasional.

Program kelas internasional ini telah dibuka oleh banyak kampus di Indonesia, salah satunya yatiu Institut Teknologi Bandung atau ITB. Kampus kenamaan ini telah membuka program internasional di samping kelas regulernya.

Kelas internasional tentunya akan berbeda dengan program internasional. Perbedaan yang perlu dipahami saat ingin mendaftar ke kelas internasional ITB yaitu terkait biaya kuliah. Yuk, simak informasi tentang biaya dan program internasional ITB di bawah ini!

Tentang Kelas Internasional ITB

biaya kuliah kelas internasional itb

Kelas internasional di Institut Teknologi Bandung dibuka untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin memiliki pengalaman pendidikan taraf internasional. Pendidikan di kelas ini bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, perkuliahan juga dilaksanakan dengan bahasa Inggris.

Selain bahasa yang digunakan, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman internasionalisasi melalui program khusus yang diselenggarakan oleh kelas internasional ITB. Mahasiswa perlu mengikuti program internasional seperti pertukaran pelajar atau double degree di kampus yang telah bekerja sama dengan ITB.

Baca juga Biaya Kuliah IUP UGM Semua Jurusan Tahun Ajaran 2021/2022.

Program Studi yang Dibuka

Berbeda dengan program reguler yang membuka banyak program studi, ITB hanya membuka beberapa prodi untuk kelas internasional. Pada penerimaan mahasiswa tahun 2021/2022, program studi yang dibuka ada 6 yaitu sebagai berikut.

Program Studi Fakultas/Sekolah
Sains dan Teknologi Farmasi Sekolah Farmasi
Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan
Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri
Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
Teknik Dirgantara Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
Manajemen Sekolah Bisnis dan Manajemen

Biaya Kuliah Kelas Internasional ITB

biaya kuliah kelas internasional itb

Biaya kuliah untuk mahasiswa kelas internasional tentunya berbeda dengan program reguler. Mahasiswa program internasional memiliki jumlah pembiayaan yang telah ditentukan oleh ITB dan sama rata. Selain itu, mahasiswa juga perlu menyiapkan uang pengembangan institusi yang dibayarkan satu kali saat dinyatakan diterima.

Ada beberapa biaya yang harus disiapkan jika ingin menjadi mahasiswa kelas internasional ITB. Biaya yang pertama yaitu application fee atau biaya pendaftaran sebesar 1 juta rupiah. Jika dinyatakan diterima, mahasiswa perlu membayar biaya pengembangan institusi yaitu sebagai berikut.

Mahasiswa Non Manajemen

  • WNI: Rp25.000.000
  • WNA: Rp25.000.000

Mahasiswa Program Studi Manajemen

  • WNI: Rp40.000.000
  • WNA: Rp40.000.000

Selain biaya pengembangan institusi, mahasiswa juga perlu menyiapkan biaya kuliah kelas internasional ITB per semester. Tuition fee atau UKT untuk mahasiswa internasional di ITB yaitu sebagai berikut.

Mahasiswa Non Manajemen

  • WNI: Rp30.000.000
  • WNA: Rp42.000.000

Mahasiswa Program Studi Manajemen

  • WNI: Rp40.000.000
  • WNA: Rp46.500.000

Perlu diperhatikan bahwa biaya di atas hanyalah biaya kuliah. Total tersebut tidak meliputi biaya international exposure, biaya hidup dan akomodasi, biaya buku, serta keperluan lainnya. Selain itu, bagi mahasiswa kelas internasional juga tidak bisa mendapatkan keringanan keuangan seperti beasiswa.

Itulah penjelasan tentang berapa biaya kuliah di kelas internasional ITB? Biaya tersebut merupakan rincian di penerimaan tahun 2021. Ada kemungkinan bahwa biaya di atas bisa berubah di tahun-tahun berikutnya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online. Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…