Berbagai Jenis Tes dalam Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan

oleh | Okt 1, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Tes Kedinasan – Perguruan tinggi kedinasan atau akrab juga disebut dengan sekolah kedinasan merupakan institusi pendidikan tingkat lanjut yang dikelola oleh lembaga pemerintah atau kementerian. Perguruan tinggi ini dibangun untuk mendidik siswa supaya siap untuk mengabdi kepada negara.

Sekolah kedinasan menawarkan program ikatan dinas. Siswa yang belajar di kampus ini akan mendapatkan keringanan biaya kuliah bahkan gratis. Kemudian, setelah lulus, peserta didiknya akan bekerja di bawah instansi yang menaungi sekolahnya.

Biaya sekolah yang ditanggung pemerintah serta kepastian mendapat pekerjaan, menjadikan perguruan tinggi kedinasan sebagai pilihan favorit. Tentunya, tidak semua orang bisa menjadi siswa di sekolah ini. Ada berbagai tes yang perlu dihadapi untuk bisa masuk sekolah kedinasan. Berikut ini beberapa tahapan seleksi kedinasan secara umum.

Seleksi Administrasi

Tahapan pertama yang perlu dilewati oleh peserta yaitu Seleksi Administrasi. Saat mendaftar, peserta akan diminta untuk mengunggah berbagai persyaratan administrasi sesuai instansi yang dilamar. Kelengkapan dan kesesuaian syarat tersebut akan dicek di tahapan ini. Jika ada persyaratan yang tidak dipenuhi, maka peserta akan dinyatakan gugur.

Seleksi Kemampuan Dasar

tes kedinasan

Peserta yang telah lolos Seleksi Administrasi kedinasan, akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Di tahapan ini, peserta akan mengikuti ujian dengan sub tes berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Peserta harus memenuhi nilai ambang batas untuk bisa lolos tahapan ini.

Tes Potensi Akademik

Selain SKD, ada juga sekolah kedinasan yang melangsungkan Tes Potensi Akademik (TPA). Peserta akan diuji kemampuannya dalam bidang akademik. Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta terkait ilmu yang telah dipelajari di sekolah. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa peserta bisa mengikuti pendidikan.

Baca juga Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Perhubungan dengan Ikatan Dinas.

Tes Kemampuan Bidang

Sekolah kedinasan di Indonesia memiliki fokus pendidikan masing-masing. Supaya bisa mendapatkan peserta didik yang sesuai, ada tahapan tes lainnya berupa Tes Kemampuan Bidang. Peserta akan diuji kemampuannya terkait fokus sekolah yang akan dituju. Misalnya yaitu Polstat STIS yang mengadakan ujian matematika.

Psikotes dan Wawancara

Tahapan berikutnya yang ada dalam seleksi sekolah kedinasan yaitu Psikotes dan Wawancara. Melalui tes ini, panitia akan mengetahui kondisi kejiwaan para peserta. Pemeriksaan ini penting untuk dilakukan guna memastikan bahwa peserta bisa mengikuti pendidikan dengan baik dan menyelesaikan studi.

Tes Kesehatan

tes kedinasan

Tes selanjutnya dalam seleksi PTK yaitu tes kesehatan. Peserta akan diperiksa kondisi kesehatannya baik itu bagian fisik luar ataupun dalam. Pada tahapan ini, panitia akan memeriksa kesehatan peserta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Pemeriksaan ini penting terutama untuk sekolah kedinasan yang semi militer.

Tes Kesamaptaan

Selain tes kesehatan, peserta seleksi sekolah kedinasan juga perlu mengikuti tes kesamaptaan. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji kebugaran peserta. Pada tahapan ini, peserta akan melakukan serangkaian kegiatan fisik seperti lari, sit up, push up, pull up/chinning, shuttle run, dan juga renang.

Ada berbagai jenis tes dalam seleksi masuk sekolah kedinasan. Setiap instansi memiliki tahapan seleksi yang berbeda-beda. Jika kamu berniat masuk ke sekolah kedinasan, pastikan telah mengetahui jenis tes yang akan dilakukan. Mengetahui hal ini akan membantumu untuk melakukan persiapan secara lebih terarah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...