Berbagai Jurusan Kuliah IPA dan Prospek Kerja Lulusannya

oleh | Jun 5, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Jurusan Kuliah IPA – Bagi kamu para siswa kelas 12 SMA dan ingin melanjutkan pendidikan, terkadang bingung untuk menentukan jurusan yang akan dipilih. Hal ini terjadi karena banyaknya pilihan jurusan yang bisa didaftarkan.

Salah satu langkah yang bisa kamu pertimbangkan ketika memilih jurusan yaitu rumpun ilmu utamanya. Kamu bisa memilih ingin belajar di jurusan kuliah IPA atau IPS, karena keduanya jelas memiliki fokus yang berbeda begitu juga mata kuliahnya.

Cara mudah untuk memilih antara kedua fokus tersebut yaitu mempertimbangkan jurusan yang kamu ambil di sekolah. Kamu bisa memilih jurusan kuliah yang relevan misalnya lulusan IPS dan memilih bidang studi ekonomi.

Setelah mengetahui fokus studi yang kamu inginkan, langkah selanjutnya yaitu memilih jurusan atau program studi. Nah, kalau kamu ingin melanjutkan ke jurusan kuliah IPA, berikut ini beberapa contoh program yang bisa kamu pertimbangkan.

Pendidikan Dokter

Jurusan yang satu ini merupakan salah satu yang selalu menjadi favorit. Setiap tahunnya, Pendidikan Dokter selalu diserbu oleh banyak pendaftar. Tidak hanya itu, pendaftar yang memilih program ini juga memiliki skor ujian yang tinggi seperti misalnya di UTBK.

Kalau kamu ingin memilih jurusan ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Selain persaingannya yang ketat, kuliah di jurusan ini lebih panjang dan tidak bisa santai. Akan ada banyak materi yang harus dikuasai dan dihafal. Kemudian, kamu juga akan melakukan banyak praktikum.

Meskipun prosesnya panjang dan berat, lulusan dari program ini akan selalu dibutuhkan dimana saja terutama jika kamu mengambil spesialis. Kamu bisa fokus ke salah satu ilmu di dunia kedokteran misalnya menjadi dokter saraf, dokter anak, atau dokter kulit.

Farmasi

Jurusan Kuliah IPA

Jika kamu menyukai mata pelajaran Kimia dan Fisika, maka jurusan Farmasi cocok untukmu. Kamu akan mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan obat-obatan seperti menakar dan meraciknya. Jurusan ini sangatlah penting di dunia kedokteran karena tanpa adanya ahli farmasi, pasien tidak bisa mendapat penanganan yang tepat.

Perlu diketahui bahwa lulusan Farmasi tidak selalu akan menjalani profesi Apoteker. Kamu bisa juga berkarir di perusahaan dalam bidang pengembangan produk atau research and development. Beberapa jenis perusahaan yang membutuhkan lulusan Farmasi yaitu kecantikan, kosmetik, makanan, serta obat-obatan.

Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan jurusan kuliah IPA yang saat ini sedang naik daun. Kepopulerannya bukanlah sebuah hal yang tidak wajar, mengingat saat ini hampir segala aspek kehidupan kita sudah terkoneksi dengan teknologi dan para ahli TI inilah orang-orang yang berjasa di balik pengembangannya.

Jika kamu menjadi mahasiswa Teknik Informatika, kamu akan sangat dekat dengan komputer terutama perangkat lunaknya. Kamu bisa memilih beberapa fokus yang terkait dengan jurusan ini seperti pengembangan aplikasi, keamanan siber, atau kecerdasan buatan. Ketiganya memiliki prospek kerja yang luas.

Baca juga Seperti Apa, Sih, Program Studi Teknik Informatika Itu?

Arsitektur

Jurusan Kuliah IPA

Rekomendasi jurusan kuliah IPA berikutnya yaitu Arsitektur. Ilmu ini merupakan gabungan dari berbagai keahlian yaitu teknik, fisika, matematika, dan juga seni. Jadi, kalau kamu ingin kuliah IPA namun tetap ‘nyeni’, kamu bisa mempertimbangkan jurusan ini.

Kamu pasti berfikir bahwa lulusan Arsitektur akan otomatis menjadi Arsitek. Hal tersebut tidak salah, hanya saja ada berbagai profesi lain yang bisa dijajal oleh lulusan dari jurusan ini. Salah satunya yaitu menjadi bagian dari perencana tata kota dan ruang yang bekerja di bawah pemerintah. Kamu juga bisa menjadi Inspektur Bangunan Bersejarah, lho, kerja sambil jalan-jalan!

Teknik Sipil

Program studi yang satu ini erat kaitannya dengan jurusan sebelumnya yaitu Arsitektur. Keduanya sama-sama mempelajari tentang bangunan, hanya saja fokusnya berbeda. Arsitektur lebih berfokus pada perencanaannya, sedangkan Teknik Sipil bertindak sebagai eksekutornya.

Mahasiswa Teknik Sipil akan mempelajari tentang banyak hal yang lebih detail tentang bangunan seperti struktur dinding, pemasangan pondasi, dan lain-lain. Berbekal ilmu tersebut, lulusan Teknik Sipil bisa bekerja dalam sebuah proyek atau berprofesi lainnya seperti konsultan konstruksi, manajer kontrol kualitas sistem, atau pengawas dan penyedia properti pemerintah.

Pertanian

Kesediaan pangan merupakan hal yang mendasar di kebutuhan manusia. Salah satu cara untuk memenuhinya yaitu dengan memanfaatkan hasil bumi dalam hal ini tumbuhan. Oleh karena itulah, jurusan pertanian sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup banyak orang.

Lulusan Pertanian memiliki prospek kerja yang cukup beragam. Ilmu tentang tumbuhan yang dimiliki akan mengantarkan mereka ke berbagai profesi seperti Konsultan Pertanian, Pegawai Perusahaan Pangan, Pengelola Perkebunan, atau bisa membangun bisnis sendiri.

Teknologi Pangan

Sesuai dengan namanya, mahasiswa yang belajar di jurusan ini akan berfokus pada makanan dan menggabungkannya dengan teknologi. Mahasiswa akan belajar untuk meningkatkan efisiensi produksi pangan, penyimpanannya, proses pengemasan, pengawetan, distribusi, dan lain-lain.

Ilmu tersebut tentunya sangat penting di dunia saat ini. Misalnya yaitu ketika perlu mengirimkan buah-buahan tropis ke daerah empat musim, kemampuan dari lulusan Teknologi Pangan sangat dibutuhkan untuk menjamin kesegarannya. Tidak hanya itu, ahli di bidang Teknologi Pangan juga bisa berkontribusi dalam pembuatan makanan olahan.

Berbagai profesi bisa dicoba oleh lulusan Teknologi Pangan di antaranya yaitu Quality Control, Pengembangan Produk, Pegawai BPOM, atau pengusaha.

Berdasarkan contoh berbagai jurusan kuliah IPA dan prospek kerja lulusannya di atas, dapat diketahui bahwa rumpun ilmu ini memiliki beragam cabang studi yang berbeda. Semoga penjelasan tadi membantumu yang masih galau memilih jurusan perkuliahan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah...

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Beasiswa Telkom University – Melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut terkadang menjadi beban untuk sebagian orang. Biaya besar yang perlu dikeluarkan bukan lagi sebuah hal baru. Calon mahasiswa harus mengeluarkan banyak uang mulai dari mengikuti seleksi sampai lulus...

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

SMB Telkom University – Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini dinobatkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai PTS terbaik di Indonesia....

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY – Salah satu universitas swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY kembali membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Seleksi tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi mahasiswa UMY asalkan memenuhi persyaratan...