Berbagai Pilihan Jurusan Kuliah IPS untuk Kamu Calon Maba

oleh | Jun 16, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Jurusan Kuliah IPS – Terdapat banyak pilihan konsentrasi studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Biasanya dari pihak perguruan tinggi akan membagi program-program tersebut menjadi dua kelompok besar yaitu Sains dan Teknologi atau Saintek serta Sosial dan Humaniora atau Soshum.

Calon mahasiswa kemudian bisa memilih beberapa program studi yang terbagi dalam dua kelompok tersebut. Hal ini dilakukan ketika calon peserta melakukan pendaftaran untuk ikut seleksi. Bagi pendaftar, hal yang perlu diperhatikan yaitu ketika memilih program studi, ada yang mengajukan berbagai syarat yang berbeda. Syarat-syarat tersebut harus diperhatikan jika pendaftar ingin lolos seleksi.

Salah satu persyaratan yang tidak boleh luput dari perhatian yaitu asal jurusan pendaftar. Biasanya, sebuah kampus telah memberitahukan syarat ini melalui pengumuman resminya. Ada beberapa yang mengajukan persyaratan lulusan yang spesifik, namun secara umum dibagi berdasar IPA atau IPS.

Menariknya, kebanyakan jurusan kuliah IPS bisa didaftarkan oleh siapa pun meskipun lulusannya tidak relevan. Hal ini membuka kesempatan bagi lulusan non IPS untuk bisa bergabung ke jurusan yang diinginkan. Berikut ini berbagai pilihan program studi favorit yang bisa dipertimbangkan.

Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan salah satu yang paling diincar oleh calon mahasiswa. Hampir di setiap kampus, program ini selalu menduduki peringkat dengan pendaftar terbanyak. Tidak hanya itu, jurusan kuliah IPS ini juga menjadi yang terfavorit di seleksi masuk tingkat nasional yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

Kepopuleran jurusan Manajemen terjadi karena banyak orang yang menganggap bahwa lulusan program ini memiliki kesempatan kerja yang lebih besar. Hal tersebut tidak salah, karena setiap perusahaan membutuhkan seorang ahli manajemen baik itu berkaitan dengan konsumen maupun urusan internal.

Akuntansi

Jurusan Kuliah IPS

Akuntansi merupakan jurusan untuk kamu yang suka dengan perhitungan dan angka. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar mengenai keuangan, pembukuan, bahkan juga pajak. Tentunya, lulusan dari Akuntansi juga memiliki kesempatan kerja yang luas karena kemampuan yang dimiliki bisa diterapkan di mana saja.

Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah IPS berikutnya yaitu Ilmu Komunikasi. Program ini juga menjadi salah satu yang paling diminati di rumpun Soshum. Akibatnya, seleksi untuk bisa masuk ke jurusan ini sangatlah ketat terutama untuk kampus-kampus favorit seperti Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ilmu Komunikasi menjadi incaran banyak calon mahasiswa karena beragam hal yang bisa dikuasai di jurusan ini. Mahasiswa bisa mendalami ilmu jurnalistik, public relation, iklan, desain, fotografi, dan lain-lain. Biasanya, setiap kampus akan memiliki konsentrasi yang dapat dipilih sehingga mahasiswa bisa menentukan minatnya.

Baca juga Berbagai Jurusan Kuliah IPA dan Prospek Kerja Lulusannya.

Hubungan Internasional

Jurusan Kuliah IPS

Kalau kamu berminat dengan dunia politik luar negeri, diplomasi, kajian sosial global, Hubungan Internasional merupakan pilihan yang tepat. Banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan Hubungan Internasional akan otomatis menjadi diplomat. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena ada berbagai pilihan karir lain seperti di perusahaan multinasional.

Psikologi

Mahasiswa yang belajar di jurusan Psikologi akan mempelajari berbagai hal terkait kejiwaan dan sikap manusia. Kalau kamu tertarik dengan hal ini atau bercita-cita menjadi Psikolog, jurusan ini merupakan pilihan yang tepat. Kamu juga akan memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan di bagian HRD.

Hukum

Jurusan Kuliah IPS

Jurusan Hukum juga menjadi salah satu yang paling diminati di Indonesia. Bahkan, ada berbagai universitas yang telah membuka Fakultas Hukum secara terpisah seperti di UGM dan UI.

Lulusan dari jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas karena pengetahuan yang telah dimiliki selama berkuliah. Lulusan Hukum tidak selalu menjadi hakim, ada pula yang berprofesi sebagai pengacara, notaris, atau legal perusahaan.

Sastra

Pilihan berikutnya yaitu untuk berkuliah di berbagai jurusan Sastra. Kalau kamu tertarik dengan ilmu linguistik, budaya, atau bahkan sejarah, jurusan ini merupakan pilihan yang tepat. Ada berbagai jurusan yang bisa kamu pilih seperti Sastra Indonesia, Sastra Jawa, Sastra Belanda, Sastra Rusia, Sastra Inggris, dan lain-lain. Kamu bisa memilih satu yang paling cocok dengan minatmu.

Ada berbagai pilihan jurusan kuliah IPS untuk kamu calon maba. Pilih satu yang memang sesuai dengan keinginan dan jangan lupa untuk melihat prospek kerja lulusannya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...