Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Bingung Pilih Jurusan? Bisa Coba 5 Jurusan Sepi Peminat Ini!

oleh | Jul 28, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah, Tips | 0 Komentar

Jurusan Sepi Peminat – Saat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, salah satu pertimbangan yang dilakukan yaitu memilih jurusan kuliah yang tepat. Jurusan akan menentukan ilmu yang akan dipelajari selama beberapa tahun ke depan. Tidak hanya itu, jurusan juga bisa berpengaruh terhadap pekerjaan yang didapat.

Ketika berbicara tentang jurusan kuliah, mungkin banyak orang yang terpikirkan program-program populer seperti Kedokteran, Hukum, Teknik, Psikologi, dan lain-lain. Jurusan-jurusan tersebut selalu mendapatkan banyak peminat di setiap penerimaan mahasiswa baru. Mengikuti hal itu, tentunya persaingan untuk bisa masuk ke program tersebut sangatlah ketat.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada juga, loh, jurusan kuliah sepi peminat yang juga memiliki prospek menjanjikan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Arkeologi

Bagi kamu yang tertarik dengan sejarah sekaligus benda-benda peninggalannya, jurusan Arkeologi merupakan pilihan yang tepat. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai ilmu terkait analisis peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, dan juga artefak. Kamu akan mendapatkan materi seperti Penelitian Arkeologi, Keramologi, Peradaban Kuno, dan lain-lain.

Jika kamu suka berpetualang dan meneliti benda masa lampau, cocok banget buat masuk jurusan ini. Kamu akan sering berkunjung ke situs-situs sejarah yang tersebar di berbagai wilayah. Selain itu, jurusan ini juga penting karena sampai saat ini karena masih banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah di dunia.

Ilmu Perpustakaan

Jurusan Sepi Peminat

Jurusan sepi peminat berikutnya yaitu Ilmu Perpustakaan. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang perpustakaan, arsip, dan juga informasi. Jika kamu suka dengan data, penyusunan informasi, sekaligus berkomunikasi dengan orang lain, jurusan ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun tidak banyak diminati saat penerimaan mahasiswa baru, jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki peluang kerja yang cukup luas. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan membutuhkan tenaga ahli dalam bidang kepustkaan dan juga kearsipan. Tidak hanya menjadi pustakawan, kamu juga bisa berprofesi sebagai sekretaris, administrasi ardip, document controller, dan masih banyak lagi.

Baca juga Jurusan Kuliah Langka Ini Cuma Ada 1, Loh, di Indonesia!

Filsafat

Filsafat adalah bidang yang menjadi induk segala ilmu. Jurusan ini mempelajari tentang cara berpikir. Mahasiswa akan belajar tentang keadaan dan juga memformulasikan pandangan menggunakan akal, pikiran, bahasa, dan eksistensi. Selain itu, Filsafat juga mempelajari kesesatan berpikir, tindakan baik buruk, karakteristik ilmu, dan lainnya.

Lulusan jurusan Filsafat memiliki kesempatan kerja yang cukup luas. Tidak hanya menjadi dosen, lulusan jurusan ini juga bisa mendapatkan pekerjaan lain seperti konsultan rekrutmen, psikoterapis, penulis, dan lain-lain.

Oseanografi

Sesuai dengan namanya, Oseanografi merupakan jurusan kuliah yang berhubungan erat dengan laut. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang berbagai fenomenal laut, lingkungan, bencana, perikanan, dan lain-lain.  Hal ini dipelajari melalui mata kuliah seperti Selam dan Navigasi Laut, Pasang Surut, Komputasi Oseanografi, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari kelautan, jurusan Oseanografi bisa menjadi pertimbangan. Lulusan jurusan ini memiliki kesempatan kerja yang tinggi terlebih di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Lulusan Oseanografi dibutuhkan di berbagai bidang baik lembaga swasta, pemerintah, peneliti, atau tenaga pengajar.

Astronomi

Jurusan Sepi Peminat

Jurusan kuliah yang sepi peminat berikutnya yaitu Astronomi. Di Indonesia sendiri, jurusan ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan ini merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan Asia Tenggara, loh! Di jurusan ini, kamu akan belajar mata kuliah seperti Matematika, Mekanika Astrofisika, Tata Surya, dan lain sebagainya.

Lulusan Astronomi tentu akan menjadi ahli dalam bidang yang sama. Setelah lulus, kamu akan bisa memilih berbagai profesi seperti astronom, peneliti, dosen, dan juga pegawai pemerintahan seperti di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atau Lembaga Penerbangan dan Antariksan Nasional (LAPAN).

Apakah kamu masih bingung pilih jurusan? Bisa coba 5 jurusan sepi peminat ini! Tentunya, dengan memilih jurusan tersebut saingan untuk bisa diterima tidaklah banyak sehingga kesempatanmu lebih besar.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!