Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Bisakah Lulusan Paket C Mendaftar untuk Masuk Kuliah?

oleh | Jan 27, 2022 | Blog | 0 Komentar

Bisakah Paket C Masuk Kuliah – Cara untuk mendapatkan ijazah di Indonesia bisa dilakukan melalui berbagai cara. Seseorang bisa menempuh pendidikan formal sesuai kurikulum dan waktu yang telah ditentukan untuk memperoleh ijazah. Selain itu, terdapat juga program kejar paket yang bisa digunakan untuk mendapatkan ijazah tertentu.

Kejar paket A/B/C di Indonesia merupakan cara yang banyak dilakukan untuk bisa mendapatkan ijazah tanpa menempuh pendidikan formal. Pertanyaannya adalah, bisakah lulusan paket C untuk masuk kuliah dan mengikuti pendidikan di perguruan tinggi? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Apa Itu Kejar Paket C?

Kejar paket C merupakan sebuah program pendidikan untuk mendapatkan ijazah penyetaraan. Pendidikan ini dilakukan melalui jalur pendidikan di luar sekolah formal. Program ini dapat diikuti oleh siapa pun tanpa batas usia asalkan memiliki ijazah setara tingkat pendidikan sebelumnya yaitu SMP atau paket B.

Ijazah yang telah didapatkan dari program ini memiliki tingkatan setara dengan ijazah SMA. Pemilik ijazah kemudian bisa menggunakannya untuk berbagai hal seperti melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan.

Tujuan Diadakannya Paket C

Program paket C ini diadakan oleh pemerintah guna memberi kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan ijazah. Program ini akan sangat membantu seseorang yang tidak menempuh pendidikan formal baik itu karena keterbatasan ekonomi, tidak lulus ujian, dan lain sebagainya.

Masyarakat yang telah mendapat penyetaraan akan memperoleh kesempatan yang lebih luas terutama dalam mencari pekerjaan. Ijazah yang didapatkan bisa digunakan untuk mendapat pekerjaan. Hal ini tentunya bisa menunjang jenjang karier dan juga pendapatan.

Baca juga Berbagai Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja di Masa Depan.

Cara Mengikuti Kejar Ijazah Paket C

Kejar paket C bisa diikuti oleh siapa pun yang ingin mendapatkan ijazah setara SMA. Tentunya, calon peserta perlu untuk melakukan pendaftaran dan mengikuti program terlebih dahulu. Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan jika ingin mendaftar yaitu:

  • Ijazah SMP/sederajat atau ijazah paket B.
  • Foto warna berukuran 3×4 menggunakan kemeja putih.
  • Mengisi formulir pendaftaran sesuai penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.

Selain melakukan pendaftaran, calon peserta juga perlu untuk melakukan pembayaran. Biaya ini disesuaikan dengan penyelenggara pendidikan. Biaya yang perlu disiapkan yaitu biaya pendaftaran dan biaya mengikuti bimbingan.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta bisa mengikuti pendidikan terlebih dahulu sebelum melaksanakan ujian penyetaraan. Perlu diketahui bahwa pelaksanaannya memiliki jadwal tersendiri. Calon peserta perlu mengikuti program sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh penyelenggara pendidikan.

Bisakah Lulusan Paket C Masuk Kuliah?

bisakah paket c masuk kuliah

Jika bertanya tentang, bisakah lulusan paket C untuk masuk kuliah? Jawabannya adalah, tentu saja bisa. Ijazah yang diperoleh dari program ini memiliki tingkatan setara SMA sehingga bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu bahwa tidak semua perguruan tinggi menerima pendaftar dari paket C. Di beberapa perguruan tinggi, lulusan paket C hanya bisa mendaftar ke beberapa jurusan saja. Jadi, jika kamu merupakan lulusan paket C, pastikan untuk memastikan syarat pendaftaran terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri ke perguruan tinggi.

Lulusan paket C bisa mendaftarkan diri ke berbagai perguruan tinggi baik itu swasta atau negeri. Jika ingin mendaftar ke PTN, lulusan paket C bisa memilih jalur SBMPTN atau seleksi mandiri. Lulusan paket C tidak bisa mendaftar SNMPTN karena jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa sekolah formal.

Itulah penjelasan tentang bisakah lulusan paket C mendaftar untuk masuk kuliah? Jika kamu memiliki ijazah paket C, bisa memperhatikan persyaratan pendaftaran dari perguruan tinggi yang dituju.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!