Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

oleh | Agu 28, 2021 | Blog, Tips | 0 Komentar

Kelas Online – Adanya pandemi membuat banyak orang harus beraktivitas dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun ikut terkena dampaknya. Saat ini, kegiatan ini harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berbagai platform online.

Belajar secara online dari rumah dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran virus Covid-19. Melalui cara ini, siswa tetap bisa mengikuti pelajaran dengan lebih aman. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang merasakan bahwa kelas online kini semakin membosankan karena tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

Walau merasa bosan, mengikuti kelas secara daring tetap harus dilakukan. Berikut ini beberapa tips ketika mengikuti kelas online, yuk cari tahu!

Membuat Jadwal Belajar

Belajar di rumah memang menyenangkan dan lebih bebas. Kamu bisa belajar tanpa perlu meninggalkan kamar. Hal ini sebenarnya menjadi salah satu tantangan karena bisa menimbulkan distraksi. Akibatnya, belajar menjadi tidak maksimal.

Cara yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari hal ini adalah dengan membuat jadwal belajar. Kamu perlu mengikuti jadwal kelas yang telah dibuat oleh sekolah atau guru. Selain itu, buat jadwal belajar mandiri untuk mendalami materi dan mengerjakan tugas. Cara ini akan membuat aktivitasmu lebih teratur.

Selalu Mencatat Materi Penting

Tips berikutnya yaitu untuk selalu mencatat materi-materi penting yang disampaikan oleh guru. Cara ini akan berguna karena kamu perlu memperhatikan penjelasan dengan seksama. Memusatkan perhatianmu ketika mengikuti kelas akan membuatmu tidak merasa bosa karena pikiran lebih fokus.

Membuat catatan tentang materi-materi yang penting ini juga akan berguna untuk kamu ke depannya. Catatan tersebut bisa kamu pakai untuk belajar kembali misalnya ketika masa-masa ujian. Kamu tidak akan kerepotan karena telah memiliki catatan tersebut.

Mengerjakan Tugas Sesegera Mungkin

Salah satu hal yang banyak dikeluhkan ketika mengikuti kelas online yaitu banyaknya tugas yang diberikan. Tugas-tugas tersebut sebenarnya memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang telah disampaikan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa mengerjakan tugas secara daring terasa lebih berat.

Supaya kamu tidak kewalahan ketika menghadapi tugas-tugas ini, cara paling tepat yang bisa dilakukan tentunya yaitu tidak menunda-nunda pekerjaan. Saat guru memberikan tugas, kerjakan hal tersebut sesegera mungkin. Hal ini dilakukan supaya tugasmu tidak menumpuk dan membuatmu lebih berat ketika mengerjakannya.

Baca juga Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah? Coba Ikuti Tips Ini!

Mencari Tempat yang Nyaman

Tempat yang kamu guanakan untuk mengikuti kelas daring juga penting untuk dipikirkan. Kamu bisa memilih ruang yang paling nyaman ketika akan melakukan kegiatan belajar. Cara ini penting untuk membangun mood sehingga kamu lebih bersemangat untuk belajar.

Rajin Melakukan Peregangan dan Olahraga

tips kelas online

Kelas online membuat banyak orang jarang melakukan kegiatan fisik. Hal ini dikarenakan kelas daring dilakukan melalui komputer atau laptop dengan posisi duduk. Berada di posisi ini dalam waktu yang lama dan terus-menerus tentunya tidak baik untuk tubuh.

Di masa seperti ini, akan lebih baik bagi kamu untuk rajin melakukan olahraga atau sekadar peregangan. Kegiatan ini akan membantumu untuk menjaga kondisi tubuh. Rajin olahraga akan membuatmu lebih segar dan terhindar dari nyeri sendi akibat sering duduk di depan komputer.

Rilekskan Mata Sejenak

Hal lain yang perlu untuk kamu lakukan ketika banyak mengikuti kelas daring yaitu dengan merilekskan mata. Mengistirahatkan mata sejenak dari menatap layar komputer atau handphone perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan. Hal ini juga bisa dilakukan ketika kamu merasa lelah atau bosan ketika banyak mengikuti kelas daring.

Berbincang dengan Teman Secara Online

Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, kamu tetap bisa memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa saling menghubungi untuk berbincang, mengerjakan tugas, dan lain-lain. Cara ini dapat kamu lakukan supaya tidak merasa bosan karena selalu berada di rumah.

Apakah kamu mulai merasa bosan kelas online terus? Yuk, ikuti 7 tips ini! Tips-tips di atas bisa diterapkan supaya kamu tetap enjoy mengikuti pembelajaran online.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!