Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi SBMPTN

oleh | Nov 7, 2019 | Blog | 0 Komentar

Salah satu jalur untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ialah dengan mengikuti SBMPTN. SBMPTN ini sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk seleksi yang satu ini tentu saja berbeda dengan seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dimana, untuk SNMPTN sendiri seleksi yang dilakukan ialah dengan menggunakan nilai raport dari semester  1 (satu) sampai semester 5 (lima) bagi siswa yang masih aktif sebagai pelajar SMA/MA/SMK. Sementara itu, untuk SBMPTN sendiri, harus melalui tes tertulis, baik itu  dalam bentuk cetak (paper based testing) ataupun dengan menggunakan komputer (computer based testing).

Oleh karena itu, mencari cara belajar efektif untuk persiapan SBMPTN menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih lagi, berbagai macam soal yang muncul di dalam SBMPTN tersebut merupakan soal yang membutuhkan nalar atau berpikir secara kritis. Ini karena soal yang terdapat dalam ujian SBMPTN bukanlah soal yang memiliki penyelesaian sederhana.

Tak hanya itu saja, waktu pelaksanaan SBMPTN yang hanya beberapa bulan setelah Ujian Nasional pun membuat sebagian pelajar merasa galau. Tidak sedikit dari mereka yang merasa bingung bagaimana harus menguasai materi sebanyak itu dengan tingkat kesulitan yang tinggi dalam waktu hanya beberapa bulan.

Akan tetapi, tidak ada masalah yang tidak bisa dihadapi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi SBMPTN itu sendiri. Untuk membantu menjawabnya, di bawah ini ada beberapa cara belajar yang efektif, terutama buat Kamu yang ingin menghadapi ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Cara Efektif Belajar SBMPTN

1. Pelajari dan Kerjakan Terlebih Dahulu Soal SBMPTN Tahun Lalu

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan mengerjakan beberapa soal SBMPTN beberapa tahun yang lalu. Kenapa hal yang satu ini harus dilakukan? Apakah penting untuk mempelajari beberapa soal tahun-tahun sebelumnya? Tentu saja penting! Hal ini karena akan sangat membantu Kamu untuk mengetahui tingkat kesulitan dari soal yang ada di SBMPTN itu sendiri.

Terlebih lagi, setiap poin soal SBMPTN berbeda-beda tiap tahunnya. Dengan mempelajari terlebih dahulu soal-soal beberapa tahun lalu, ini akan membantu Kamu apakah sudah siap atau belum. Lalu, bagaimana jika Kamu terus merasa kesulitan saat mengerjakan soal SBMPTN yang satu ini?

Tenang, karena Kamu bisa belajar melalui internet ataupun sumber lainnya. Selain itu, berbagai macam soal SBMPTN pun bisa Kamu temukan dengan mudah di internet. Atau, Kamu juga bisa meminjam soal SBMPTN yang sudah pernah dikerjakan oleh kakak tingkatmu untuk dijadikan latihan.

Cara belajar efektif yang satu ini tentu sangat membantu agar Kamu bisa lebih siap dalam menghadapi berbagai macam jenis soal nantinya. Pastikan juga bahwa Kamu berlatih dengan menggunakan banyak soal dari tahun-tahun sebelumnya. Ini bertujuan agar Kamu lebih paham tentang pola soal dari SBMPTN dan untuk melatih otak agar terbiasa untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

2. Evaluasi Kesiapan Sebelum Mengikuti SBMPTN

Langkah berikutnya ialah dengan mengevaluasi kesiapan sebelum Kamu mengikuti tes yang sesungguhnya. Tidak sedikit pelajar yang merasa mudah untuk mengerjakan satu paket soal SBMPTN. Namun, satu hal yang harus Kamu sadari adalah, meski soal-soal tersebut terlihat mudah untuk dikerjakan, namun tidak sedikit jebakan yang ada di dalamnya.

Hal inilah yang membuat banyak pelajar terjebak karena kurang teliti. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Kamu tidak hanya mengerjakan soal SBMPTN saja, namun Kamu juga harus mencari tahu cara menjawab yang benar beserta triknya. Jika Kamu masih kesulitan untuk mencari jawaban sendiri, Kamu bisa minta bantuan kakak tingkat yang pernah lulus di ujian SBMPTN.

Tak hanya itu, bahkan Kamu juga bisa mengikuti bimbingan belajar khusus untuk SBMPTN. Biasanya, dengan begitu Kamu bisa mempelajari berbagai macam cara menghadapi soal-soal jebakan.

Sebenarnya, untuk soal SBMPTN itu sendiri memiliki pola yang sama setiap tahunnya, namun hanya digantikan dengan angka ataupun dengan tingkat kesulitan yang lebih sulit. Kuncinya adalah, jangan langsung bangga diri karena Kamu sudah bisa menyelesaikan satu paket.

Setelah Kamu menyelesaikan satu paket, pastikan bahwa Kamu juga melihat kunci dari jawaban atau cara mengerjakannya. Dengan begitu, cara belajar SBMPTN yang Kamu lakukan menjadi lebih mudah dan efektif. Namun ingat, untuk mengerjakan soal SBMPTN ini jangan sering melihat kunci, ini agar Kamu bisa mengetahui kemampuan sebenarnya.

3. Kupas Tuntas Semua Bahan Materi yang Ada di SBMPTN

Cara belajar SBMPTN yang efektif berikutnya ialah dengan mengupas tuntas semua materi yang ada di dalam soal SBMPTN. Nah, setelah mengerjakan beberapa paket soal yang ada, tentunya Kamu bisa mengetahui kira-kira ada materi apa saja yang muncul dalam SBMPTN.

Perhatikan dengan baik apakah semua materi yang ada di soal-soal SBMPTN diambil dari kelas 10 sampai kelas 12? Atau hanya diambil beberapa materi saja? Nah, mengetahui dengan pasti materi apa saja yang ada di dalam SBMPTN juga akan membantu Kamu untuk belajar lebih mudah.

Tak hanya itu, cara belajar Kamu juga bisa lebih mudah serta efektif. Kamu bisa mengupas dengan tuntas setiap materi yang ada dalam soal SBMPTN. Mungkin jika diperlukan, Kamu bisa membuat beberapa catatan penting untuk membantumu belajar.

Mengupas tuntas semua materi yang ada di SBMPTN akan membantu Kamu untuk bisa mengerjakan soal lebih mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi? Cara yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Kamu lakukan.

Nah, tips yang bisa Kamu lakukan untuk cara ini ialah, dengan menuliskan beberapa rumus atau istilah penting yang kemungkinan akan keluar pada soal. Jadi, ketika Kamu belajar dan lupa rumusnya, Kamu bisa langsung membuka catatan yang sudah dibuat.

4. Membuat Jadwal Belajar SBMPTN

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, cara yang satu ini juga menjadi salah satu cara yang harus dilakukan. Mungkin, sebagian dari Kamu yang tidak terlalu berpatokan dengan jadwal belajar, ini akan menjadi sebuah beban.

Atau, buat Kamu yang sedang belajar untuk persiapan Ujian Nasional, juga akan memikirkannya kembali. Nah, buat Kamu yang malas untuk membuat jadwal belajar, mungkin Kamu bisa membaca beberapa pertimbangan yang ada di bawah ini:

  • Dengan membuat jadwal belajar, Kamu akan memiliki gambaran sampai hari H. Hal ini dapat membantu Kamu untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak waktu yang tersisa lagi untuk Kamu manfaatkan sampai hari ujian tiba.
  • Dengan membuat jadwal belajar juga akan membantu Kamu untuk mengalokasikan semua materi yang perlu diulang dan beberapa soal yang perlu dikerjakan. Nah, dengan cara yang satu ini tentu akan sangat membantu Kamu agar bisa mengerjakan berbagai macam soal dengan variasi apapun.
  • Sebagai alarm pengingat untuk terus belajar. Maksudnya adalah, ketika Kamu menuliskan target di jadwal yang telah dibuat, misalnya menguasai materi tentang sel hewan sebelum tanggal 25 Februari, maka Kamu harus bisa melakukan itu. Jika lalai dengan target yang  dibuat tersebut, paling tidak Kamu akan berpikir bahwa ada hutang materi yang harus dipenuhi.

Nah, dengan adanya jadwal yang satu ini tentu akan sangat membantu Kamu agar lebih konsisten dan disiplin dalam belajar. Jangan lupa untuk membuat beberapa target, baik itu target mingguan ataupun target bulanan. Nah, dengan cara ini Kamu akan lebih cepat menguasai beberapa materi yang ada di soal SBMPTN.

5. Mengulang Semua Materi

Mengulang atau me-review semua materi merupakan bagian yang paling penting. Nah, dalam tahap yang satu ini yang harus Kamu lakukan ialah dengan belajar, belajar dan terus belajar. Mungkin Kamu akan berpikiran bahwa cara yang satu ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan karena Kamu hanya tinggal belajar dan mengulang semua materi yang sudah dicatat.

Namun, ternyata pemikiran tersebut salah besar. Ada dua kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelajar ketika mereka belajar SBMPTN.

Berikut ini kesalahan umum yang kerap dilakukan saat belajar materi SBMPTN:

  • Langsung Berlatih Soal Campuran

Kesalahan pertama dan paling utama yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang ialah langsung belajar soal campuran. Tentu, cara tersebut merupakan cara yang paling fatal dan bisa membuat cara belajar Kamu menjadi sia-sia.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ini karena, meskipun Kamu sudah berlatih berbagai macam jenis soal setiap harinya, tapi Kamu tidak mendalami setiap materi yang ada pada soal tersebut, maka hal yang satu ini merupakan hal yang membuat Kamu rugi.

Alangkah baiknya untuk mendalami satu materi terlebih dahulu. Setelah itu, carilah contoh soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Jika Kamu merasa sudah menguasai hampir sebagian besar materi yang ada di soal SBMPTN, maka langkah berikutnya ialah dengan mengerjakan soal campuran.

  • Terlalu Asik Belajar Materi

Nah, untuk kesalahan umum yang kedua merupakan kebalikan dari kesalahan pertama. Tidak sedikit dari mereka yang justru lebih asyik belajar materi ketimbag latihan soal. Meski memperdalam materi yang ada itu sangat penting, namun jangan sampai lupa untuk melatih otak Kamu dengan berbagai macam latihan soal.

Dengan belajar latihan soal Kamu akan mengetahui berapa tingkat kesulitan yang harus dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya. Pastikan bahwa belajar materi dan latihan soal itu seimbang.

6. Belajar Dengan Baik

Setiap orang tentu saja memiliki tipe belajarnya sendiri-sendiri. Namun, jika Kamu masih sulit untuk menemukan cara belajar yang terbaik dan paling efektif, mungkin Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Caranya ialah dengan mengulas dan memperdalam materi yang kiranya sulit bagi Kamu.

Selain itu, banyak-banyaklah melatih diri dengan menggunakan beberapa contoh latihan soal tentang materi yang Kamu anggap sulit. Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menguasai sebuah materi yang sulit untuk dihafalkan ataupun diingat.

Cara yang paling praktis dan mudah ialah dengan menggunakan mind mapping atau peta konsep. Mengapa harus membuat sebuah peta konsep untuk belajar? Peta konsep yang dibuat akan membantu otak Kamu untuk bisa mencerna berbagai macam informasi dengan baik. Selain itu, peta konsep juga akan membantu Kamu untuk mengingat semua materi yang telah ditulis.

Nah, pastikan pula untuk membuat sebuah peta konsep yang menarik dan sesuai dengan tema yang disukai. Dengan begitu, Kamu akan lebih mudah untuk belajar dan tidak cepat merasa bosan.

7. Melakukan Try Out Mandiri

Jika Kamu sudah melakukan beberapa cara belajar efektif di atas dan sudah menguasai berbagai macam materi yang ada pada SBMPTN. Maka, langkah selanjutnya yang bisa langsung Kamu lakukan ialah dengan melakukan try out mandiri.

Lalu, bagaimana caranya untuk melakukan try out sendiri? Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk melakukan try out SBMPTN ini. Pertama, Kamu bisa memanfaatkan beberapa soal SBMPTN tahun lalu yang bisa dijadikan sebagai latihan. Atau, Kamu juga bisa mengikuti try out SBMPTN yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga.

Nah, dengan demikian, Kamu bisa mengetahui kemampuan yang dimiliki setelah mengikuti try out SBMPTN yang satu ini. Pastinya, soal-soal baris tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda jika dibandingkan dengan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya. Dengan begitu, Kamu akan memprediksi berapa tinggi tingkat kesulitan soal yang akan dihadapi nantinya.

Jadi, buat Kamu yang ingin sukses dan lulus dalam ujian SBMPTN, jangan sampai lewatkan berbagai try out SBMPTN yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga ataupun beberapa universitas.

8. Evaluasi Setiap Kelemahan yang Kamu Miliki

Nah, setelah beberapa langkah di atas sudah Kamu lakukan dengan baik, maka langkah berikutnya ialah dengan mengevaluasi setiap kekurangan yang Kamu miliki. Tentunya, ada banyak sekali kekurangan yang harus Kamu hadapi saat mencoba mengerjakan soal try out SBMPTN.

Namun, jangan mudah menyerah hanya karena Kamu merasa kesulitan atau tidak bisa mengerjakannya. Masih ada waktu buat Kamu untuk mengevaluasi setiap kesalahan yang dimiliki tersebut. Kamu mungkin bisa buka lagi catatan materi yang sudah pernah dibuat, contoh pembahasan soal dan masih banyak yang lainnya.

Intinya jangan mudah menyerah karena masih banyak waktu dan kesempatan untuk memperbaiki kelemahan yang Kamu miliki. Teruslah berlatih dan jangan lupa untuk menyelipkan doa dalam setiap latihan agar usaha yang Kamu lakukan itu tidak sia-sia.

9. Mulai Lebih Awal

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh banyak pelajar adalah dengan tidak memulainya dari awal. Padahal, untuk soal SBMPTN ini sendiri bukan sembarang soal dengan cara penyelesaian soal yang mudah. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa menguasai semua materi yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, memulainya lebih awal menjadi hal yang harus Kamu lakukan. Namun, jika Kamu bingung dan berpikir bagaimana Kamu akan berlatih soal Ujian Nasional jika Kamu hanya berlatih soal SBMPTN? Tak perlu khawatir, beberapa waktu senggang yang Kamu miliki mungkin bisa dimanfaatkan untuk latihan soal-soal SBMPTN.

Nah, hal inilah yang menjadikan alasan mengapa membuat jadwal belajar SBMPTN itu sendiri sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, Kamu bisa membagi waktumu sendiri agar bisa imbang dalam belajar materi untuk Ujian Nasional ataupun belajar materi untuk SBMPTN. Namun biasanya, materi dari Ujian Nasional dan SBMPTN hampir sama.

Demikian beberapa cara belajar efektif yang bisa Kamu lakukan untuk lulus dari tes SBMPTN. Tidak ada hal yang tidak mungkin Kamu raih asalkan ada niat besar di dalamnya. Nah, selain bisa belajar dengan rajin dan tekun, Kamu juga harus rajin berdo’a dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena, akan sia-sia suatu hal jika tidak disertai dengan berdo’a kepada Tuhannya. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.