Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Ada di Indonesia

oleh | Sep 8, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Perguruan Tinggi Kedinasan – Perguruan tinggi kedinasan adalah perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dan diselenggarakan oleh berbagai lembaga pemerintahan. Lulusannya akan mendapat kesempatan untuk langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil di lembaga terkait.

Karena memiliki prospek yang langsung kerja, banyak orang berlomba-lomba untuk masuk ke sekolah kedinasan. Biaya pendidikannya pun gratis, mungkin cuma bayar biaya pendaftaran saja di awal.

Banyaknya keuntungan jika menempuh pendidikan di sini, kamu pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Ini dia daftarnya!

IPDN

perguruan tinggi kedinasan

IPDN merupakan singkatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Perguruan tinggi kedinasan ini bergerak di bidang kepamongprajaan sebagai penghasil abdi negara yang berkarakter dan berkompetensi. Program pendidikan di IPDN ada diploma IV, sarjana, pascasarjana, dan program profesi kepamongprajaan.

Baca juga Cari Tahu Dulu 7 Fakta Sekolah Kedinasan Ini Sebelum Mendaftar!

PKN STAN

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kemenkeu di bidang keuangan negara. Setelah lulus dari sini, kamu bisa ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang sedang membutuhkan aparatur di bidang pengelolaan uang negara.

Polstat STIS

perguruan tinggi kedinasan

Politeknik Statistika STIS atau Polstat STIS merupakan sekolah kedinasan yang dikelola oleh BPS (Badan Pusat Statistik). Kampus ini akan mengajarimu ilmu statistik dan ilmu matematika secara mendalam.

STMKG

STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah BMKG. Di STMKG terdapat empat program studi terapan, yaitu D-IV Meteorologi, D-IV Klimatologi, D-IV Geofisika, dan D-IV Instrumentasi.

PTDI STTD

perguruan tinggi kedinasan

PTDI-STTD merupakan tempat yang cocok bagi kamu yang tertarik pada transportasi, karena perguruan tinggi kedinasan ini memiliki fokus pembelajaran di transportasi darat. Kampus ini berada di bawah naungan Kemenhub. Terdapat lima program studi, yaitu D-IV Transdar, D-III LLAJ, D-III Perkeretaapian, D-III LLASDP, dan D-II PKB.

STPI

STPI atau Sekolah TInggi Penerbangan Indonesia juga masih berada di bawah naungan Kemenhub. STPI memiliki berbagai jurusan, yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan, Jurusan Manajemen Penerbangan, dan lain-lain. Saat ini, STPI juga dikenal dengan PPI dan Poltekbang.

Poltek SSN

perguruan tinggi kedinasan

Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. Poltek SSN memiliki tiga program studi, yaitu Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah BIN (Badan Intelijen Negara). Di sini, kamu bisa memilih untuk mengambil Jurusan Agen atau Jurusan Intelijen.

POLTEKIM & POLTEKIP

perguruan tinggi kedinasan

Politeknik Ilmu Imigrasi (POLTEKIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan dua perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Kemenkumham. Di POLTEKIM, terdapat tiga program studi, yaitu Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian. Sedangkan di POLTEKIP, program studinya adalah Teknik Pemasyarakatan, Manajemen Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan.

AKPOL

Akademi Kepolisian (AKPOL) adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Para Taruna AKPOL akan menempuh pendidikan selama empat tahun. Beberapa mata kuliah yang akan mereka dapatkan yaitu kriminologi forensik, psikologi forensik, hukum perdata, bela diri polri, dan lain-lain.

AKMIL

perguruan tinggi kedinasan

AKMIL atau Akademi Militer adalah sekolah pendidikan TNI untuk mencetak TNI Angkatan Darat. Terdapat lima program studi di AKMIL, yaitu Manajemen Pertahanan, Administrasi Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektro Pertahanan, dan Teknik Sipil Pertahanan.

Itu adalah Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Ada di Indonesia. Kuliah dibiayai negara dengan prospek kerja yang pasti, tertarik?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi. Pilih bimbingan yang tersedia yaitu Bimbel Sekolah Kedinasan, Bimbel Kedokteran, Bimbel IUP UGM & KKI UI, serta Bimbel CPNS.


Selalu update informasi seputar perkuliahan di blog indonesia-college.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!