Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar Sekolah Kedinasan Non Militer yang Ada di Indonesia

oleh | Okt 30, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan Non Militer – Ada banyak perguruan tinggi yang bisa dipilih ketika ingin melanjutkan pendidikan. Salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yaitu sekolah kedinasan. Perguruan tinggi ini berbeda dengan kampus lainnnya karena berada langsung dalam naungan lembaga pemerintah.

Sekolah kedinasan banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki banyak keunggulan. Sekolah ini dikelola oleh lembaga pemerintah sehingga pendidikannya pun fokus mengikuti lembaga tersebut. Ilmu yang didapat di perguruan tinggi ini juga praktikal sehingga sangat berguna ketika memasuki dunia kerja.

Banyak yang mengira bahwa sekolah kedinasan selalu menyelenggarakan pendidikan dengan ketat dan mengikuti aturan militer. Hal ini tidak salah namun tidak sepenuhnya benar. Sekolah kedinasan memang ketat, namun tidak semuanya memiliki sistem pendidikan militer.

Apa saja sekolah kedinasan non militer di Indonesia? Cek di bawah ini, yuk!

Jenis-jenis Sekolah Kedinasan

Melihat dari sistem pendidikannya, sekolah kedinasan setidaknya dibagi menjadi 3 jenis. Yang pertama yaitu sekolah kedinasan militer. Sekolah kedinasan ini khusus diadakan untuk mendidik dan melatih masyarakat untuk bisa menjadi anggota militer baik itu sebagai prajurit TNI atau anggota Polri.

Jenis sekolah kedinasan yagn kedua yaitu sekolah kedinasan semi militer. Perguruan tinggi ini merupakan perpaduan antara pendidikan akademis dan juga pelatihan militer. Peserta didik akan mendapatkan pelatihan fisik namun tidak seberat sekolah kedinasan militer. Pendidikan akan fokus pada pembentukan keahlian tertentu sesuai program studi.

Ketiga, yaitu sekolah kedinasan non militer. Perguruan tinggi kedinasan yang satu ini berbeda dengan sekolah lainnya karena mahasiswa tidak menerima pelatihan fisik. Pendidikan akan fokus pada bidang akademis dan ilmu praktis yang disesuaikan dengan masing-masing sekolah kedinasan.

Baca juga Apa Penjelasan dari Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas?

Sekolah Kedinasan Non Militer

sekolah kedinasan non militer

Sekolah kedinasan non militer cocok untuk kamu yang tidak mau mengikuti pendidikan dengan pelatihan fisik. Di sekolah kedinasan ini, kamu akan lebih berfokus pada perkuliahan. Berikut ini beberapa pilihan untuk kamu yang ingin berkuliah di perguruan tinggi kedinasan non militer.

PKN STAN

Pilihan pertama untuk perguruan tinggi non militer yaitu Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN. Sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan ini fokus mendidik mahasiswanya dalam urusan keuangan negara.

PKN STAN sendiri memiliki banyak program studi. Di antara program studi tersebut, hanya ada satu yang memiliki pendidikan semi militer yaitu Kepabeanan dan Cukai. Sedangkan program studi lain seperti Akuntansi menerapkan pendidikan non militer sehingga tidak ada pelatihan fisik.

Polstat STIS

Politeknik Statistika atau Polstat STIS merupakan pilihan lain jika ingin mendapatkan pendidikan non militer. Sekolah ini berada dalam pengelolaan Badan Pusat Statistik atau BPS dan fokus pada pendidikan di bidang statistik.

Pendidikan di sekolah kedinasan ini dilakukan tanpa pelatihan fisik atau non militer. Mahasiswa akan fokus pada pengembangan kemampuan di bidang statistika sehingga setelah lulus bisa langsung bekerja di BPS.

Poltek SSN

Sekolah kedinasan non militer lainnya yang bisa kamu pilih yaitu Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN. Sekolah merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN.

Poltek SSN menyelenggarakan pendidikan khusus di bidang siber dan sandi. Mahasiswanya akan berfokus pada pendidikan di bidang tersebut dan tidak melaksanakan pelatihan fisik atau militer.

Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Selain sekolah kedinasan di atas, pendidikan non militer juga bisa didapatkan di sekolah kedinasan non ikatan dinas. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan lembaga pemerintah namun tidak mengadakan program ikatan dinas.

Sekolah kedinasan ini bisa kamu pilih jika kamu tidak ingin mendapatkan pelatihan atau pendidikan fisik. Beberapa sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih yaitu seperti Poltekkes Kemenkes, Poltekpar, STPN, STTN, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakan daftar sekolah kedinasan non militer yang ada di Indonesia sebagai referensi ketika ingin melanjutkan pendidikan. Sekolah ini bisa kamu pilih jika kamu tidak ingin mendapatkan pendidikan berbasis militer dengan pelatihan fisik yang keras.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!