Dear Lulusan Baru, Ini Perbedaan D3, D4 dan S1 yang Wajib Kamu Pahami!

oleh | Des 14, 2023 | Blog, PTN, PTS, Skripsi | 0 Komentar

Perbedaan D3, D4 dan S1 – Dalam masa perkuliahan, calon mahasiswa akan mendapatkan beberapa pilihan jenjang pendidikan seperti D3, D4, dan S1. Masing-masing tentunya memiliki perbedaan. Ada yang berpikiran bahwa jenjang S1 lebih unggul, tapi ini belum tentu benar dan belum tentu sistem pendidikannya lebih baik, lho!

Nah biasanya lulusan baru juga masih belum paham apa perbedaan dari jenjang-jenjang pendidikan ini. Jadi daripada bingung, kamu bisa simak penjelasannya supaya bisa memilih jenjang pendidikan dengan lebih mantap.

Pengertian D3, D4 dan S1

Sebelum mengetahui perbedaannya, lebih baik kamu ketahui dulu bagaimana pengertian dari jenjang-jenjang pendidikan ini. Dengan begitu, kamu bisa sedikit punya gambaran untuk mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan di antara ketiganya.

1.    Apa Itu D3?

Jenjang D3 atau Diploma 3 adalah jenjang vokasi yang memiliki masa pendidikan 3 tahun. Mahasiswa Diploma 3 akan dipersiapkan untuk menjadi lulusan yang siap untuk terjun dalam dunia kerja.

Selama masa pendidikan dalam waktu 3 tahun, mahasiswanya akan lebih banyak mendapatkan praktik sehingga menjadi tenaga ahli yang terampil. Lulusannya bisa melanjutkan jenjang S1 secara langsung tanpa harus melanjutkan D4 terlebih dahulu dengan program ekstensi.

Baca juga: Jurusan Matematika Bisnis – Mata Kuliah, Prospek Kerja & Kelebihannya

2.    Apa Itu D4?

Dipandang hampir sama dengan Diploma 3, ternyata jenjang D4 ini memiliki perbedaan. Diploma 4 ini adalah jenjang pendidikan perkuliahan yang memiliki masa studi 4 tahun. Mahasiswa Diploma 4 ini juga akan dipersiapkan untuk bisa memiliki keterampilan yang mumpuni dengan pengajaran praktik yang lebih banyak dibanding teori. Namun jenjang ini memiliki keunggulan yakni bisa langsung melanjutkan ke jenjang S2 tanpa harus S1.

3.    Apa Itu S1?

Selanjutnya untuk S1 ini merupakan jenjang Sarjana. Kompetensi yang dimiliki lulusan S1 adalah kemampuan analisis, berpengetahuan luas dan juga bisa memecahkan masalah. Sistem pembelajarannya sendiri rata-rata 50% teori dan 50% lagi praktik. Namun tidak sedikit juga yang mengunggulkan praktiknya.

Perbedaan D3, D4 dan S1

Jadi dengan gambaran pengertian di atas, ada beberapa perbedaan lain dari masing-masing jenjang pendidikan ini. Namun untuk peluang kerjanya sendiri akan menyesuaikan dengan tempat dan kebutuhan nantinya.

1.    Gelar

Perbedaan pertama tentu saja pada gelar yang akan didapatkan. Jenjang D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya (AMd), kemudian D4 akan memperoleh gelar Sarjana Terapan (STr), dan jenjang S1 akan menyandang gelar Sarjana (S).

2.    Lama Masa Studi

Masing-masing memiliki masa studi yang berbeda. Mulai dari D3 yang akan ditempuh dalam waktu 3 tahun (6 semester), D4 dan S1 sama-sama akan menghabiskan waktu 4 tahun (8 semester). Namun ada juga yang lebih cepat atau lebih lama, kembali lagi kepada masing-masing mahasiswanya.

3.    Bobot SKS

Perbedaan lainnya ada pada bobot SKS yang harus dijalani mahasiswa. Untuk D3, akan mendapatkan rata-rata 112 SKS dan harus diselesaikan dalam waktu 3 tahun atau 6 semester. Untuk D4, rata-rata SKSnya adalah 114 dan bisa diselesaikan dalam waktu 4 tahun atau 8 semester. Sementara S1 akan mendapatkan bobot 144-160 SKS dan harus diselesaikan dalam waktu 4 tahun atau 8 semester.

4.    Tugas Akhir

Perbedaan selanjutnya ada di tugas akhir, yang mana pada jenjang D3 harus mengerjakan laporan praktik kerja lapangan (magang). Sedangkan D4 bisa mengerjakan tugas akhir atau menyusun skripsi menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus. Dan untuk S1 akan mengerjakan skripsi atau karya tulis ilmiah berdasarkan dari penelitian yang dilakukan dari analisis masalah.

Bagaimana, sudah jelas kan penjelasan mengenai perbedaan D3, D4 dan S1 di atas? Kamu bisa memilih yang kira-kira paling sesuai dengan target kamu nantinya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.