Fakultas Kedokteran favorit Yang Ada Di Malang

oleh | Mei 6, 2020 | Blog | 0 Komentar

Bisa berkuliah di Fakultas Kedokteran adalah sebuah cita-cita yang didambakan banyak orang.karena untuk berkuliah di Fakultas kedokteran bukanlah suatu hal yang mudah. Faktor biaya yang dapat dikatakan tidaklah cukup murah serta sulitnya persaingan untuk masuk dan lulus, menjadikan Fakultas ini menjadi semakin berkelas. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila masuk dan lulus dari Fakultas Kedokteran, seperti kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri, dapat menaikan martabat keluarga, dan bahkan setelah lulus kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang cukup besar.

Untuk kalian yang ingin melanjutkan studi Kedokteran di Malang, berikut adalah  daftar Fakultas Kedokteran terfavorit di kota Malang baik itu dari Universitas Negeri maupun Universitas Swasta yang bisa menjadi referensi kamu untuk melanjutkan studi ke Kedokteran. Daftarnya adalah sebagai berikut,

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan Universitas Negeri di Malang yang mempunyai Fakultas Kedokteran. Fakultas kedokteran yang berada di Universitas Brawijaya merupakan salah satu FK terfavorit di Malang, maka tak heran setiap tahunnya banyak para Mahasiswa baru dari dalam ataupun luar daerah yang mencoba untuk mendaftar masuk ke FK Universitas Brawijaya. Fakultas ini beralamatkan di Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. Fakultas Kedokteran ini telah berdiri sejak 14 September 1963 yang pada saat itu masih dengan nama Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM). Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT berdasarkan nomor 003/BAN-PT/AK-XI/S1/2008. Dan untuk program studi (S1) yang ditawarkan oleh Fakulktas Kedokteran Universitas Brawijaya adalah sebagai berikut,

  1. Ilmu Keperawatan;
  2. Ilmu Gizi kesehatan;
  3. Kedokteran Gigi;
  4. Farmasi;
  5. Kebidanan.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang atau bisa disebut dengan UMM merupakan salah satu Universitas swasta di Malang yang memiliki Fakultas Kedokteran. FK di Universitas ini cukup diminati setiap tahunnya, banyak mahasiswa baru yang datang dari dalam dan luar kota. Untuk Fakultas ini sendiri beralamatkan di Jln Bendunganm Sutami 188 A Malang. Fakultas Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Malang telah berdiri sejak September 2001 dan telah mendapatkan akreditasi B oleh BAN-PT berdasarkan nomor 017/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012. Masa pendidikan di FK UMM sangat di susun secara profesional dan sistematis dengan masa sebelas semester atau lima setengah tahun yang nantinya terbagi dalam dua proses masa pendidikan, yaitu pendidikan sarjana Kedokteran kurang lebih selama 7 (tujuh) semester dan pendidikan profesi selama 4 (empat) semester. Adapun program studi yang ditawarkan oleh Fakultas Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Malang adalah pendidikan dokter dan profesi dokter.

Universitas Islam Malang (UNISMA)

UNISMA atau bisa disebut dengan Universitas Islam Malang merupakan salah satu Universitas swasta di malang yang mempunyai Fakultas Kedokteran yang digemari setiap tahunnya. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang sendiri berlokasikan di Jl. MT. Haryono No.193, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144. FK UNISMA telah berdiri sejak tahun 1995 dan telah mendapatkan akreditasi B oleh LAM-Ptkes berdasarkan nomor 0957/ LAM-Ptkes/Akr/Sar/XI/2016. Fakultas Kedokteran ini merupakan FK pertama yang berdiri dilingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia yang telah mendapatkan status akreditasi B oleh BAN-PT dan LAM-Ptkes. Adapun program studi yang ditawarkan oleh FK Universitas Islam Malang adalah,

  1. Program studi pendidikan dokter;
  2. Program studi profesi dokter;
  3. Program studi Farmasi.

Fakultas Kedokteran di UNISMA menerapkan kurikulum yang berbasis Keislaman tercermin dari proses pembelajanrannya yang terintegrasi yang tidak dapat dipisahkan dengan pondok pesantrennya (Pondok Pesantren Ar-Razi). Masa pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang adalah minimal 7 (tujuh) semester dan maksimal adalah 13 (tiga belas) semester dengan total 149 SKS dan terdiri dari 118 SKS muatan kurikulum inti dan 31 SKS muatan lokal. Namun pada tahun 2018 telah disempurnakan untuk pembagian SKS nya menjadi 112 (seratus dua belas) SKS blok dan 37 (tiga puluh tujuh) SKS General Studies.

Demikian adalah daftar Fakultas Kedokteran tervaforit di Malang yaang meliputi Universitas Negeri maupun Universitas Swasta. Untuk teman-teman yang mempunyai cita-cita untuk masuk Fakultas Kedokteran di salah satu Universitas di Malang dapat menjadikan ini sebagai sebuah referensi. Tentunya perjuangan menjadi seorang Dokter tidaklah mudah dan perjalannaya tidak selalu mulus. Butuh perjungan extra yang harus di persiapkan secara matang agar hasilnya maksimal. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.