Fakultas Kedokteran Terfavorit Di Bandung

oleh | Mei 2, 2020 | Blog | 0 Komentar

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan impian setiap orang. Terlebih apabila bisa berkuliah di kampus favorit dengan jurusan yang bisa dibilang berkelas. Dewasa ini fakultas kedokteran menjadi jurusan yang bisa di katakan cukup berkelas. Selain biayanya yang tidaklah cukup dapat dijangkau oleh semua golongan serta persaingan untuk masuk dan lulus dari jurusan tersebut menjadikannya jurusan dambaan bagi sebagian orang.

Untuk kamu yang ingin berkuliah dan mengambil jurusan kedokteran, artikel ini mempunyai beberapa list fakultas kedokteran terfavorit di Universitas Negeri maupun Swasta yang berada di Bandung. Berikut adalah daftarnya,

  • Universitas Padjajaran (Unpad)

Merupakan universitas negeri yang berada di bandung, tepatnya berada di Jl. Raya Bandung Sumedang No.KM 21, Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363. FK Unpad sendiri telah berdiri sejak 1979 dan telah menjadi salah Universitas yang mempunyai Fakultas Kedokteran terfavorit di Indonesia, khususnya di Bandung. Berikut adalah progam studi yang ditawarkan Unpad di Fakultas Kedokterannya untuk jenjang s1,

  1. Program Studi Ilmu bedah;
  2. Program Studi Ilmu Bedah Saraf;
  3. Program Studi Ilmu Kesehatan Anak;
  4. Program Studi Ilmu Kesehatan Mata;
  5. Program Studi Ilmu Bedah Anak;
  6. Program Studi Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok – Bedah Kepala dan Leher (T.H.T.K.L);
  7. Program Studi Ilmu Penyakit Dalam;
  8. Program Studi Ilmu Kesehatan Jiwa;
  9. Program Studi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal;
  10. Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin;
  11. Program Studi Dokter Layanan Primer;
  12. Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif;
  13. Dll.
  • Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Merupakan universitas swasta yang berada di bandung, untuk lokasi pastinya berada di Jl. Tamansari No.20, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. Fakultas Kedokteran di Universitas Islam Bandung atau UNISBA telah berdiri sejak tahun 2004. UNISBA menerapkan seleksi yang cukup ketat untuk menyeleksi calon-calon mahasiswanya. Tak jarang juga para mahasiswa datang dari dalam dan luar kota. Terdapat dua progam studi di UNISBA yaitu PPSK (Progam Pendidikan Sarjana Kedokteran) dan P3D (Progam Pendidikan Profesi Dokter). Perlu diketahui untuk lulusan dari Fakultas ini akan dibekali sertifikasi HIPERKES dan Advanced Cardiac Life Support (ACLS).

  • Universitas Kristen Maranatha

Universitas swasta di Bandung yang terkenal akan Fakultas Kedokterannya yaitu Universitas Maranatha. Untuk gedung dari fakultas kedokteran Universitas Kristen Maranatha ini berlokasikan di Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65, Bandung – 40164, Jawa Barat. Fakultas kedokteran di Universitas Kristen Maranatha memiliki 2 program studi yaitu S-1 Pendidikan Dokter dan Program profesi Dokter.

  • Universitas Jendral Ahmad Yani (UNJANI)

Universitas lain yang mempunyai Fakultas Kedokteran di Bandung adalah Universitas Jendral Ahmad Yani atau dapat disingkat dengan UNJANI. Merupakan universitas swasta di bandung, yang berlokasikan di Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40531. Fakultas Kedokteran di Universitas Jendral Ahmad Yani telah berdiri sejak tahun 1993 dan telah menerima akreditasi B oleh BAN-PT dan sudah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dari tahun 2007/ 2008 berdasarkan Standar Pendidikan Profesi Dokter dan Standar Kompetensi Dokter. Terdapat dua program studi yang di tawarkan Universitas Jendral Ahmad Yani, yaitu Profesi Dokter dan Profesi Doktor gigi,

  • Universitas Pasundan (UNPAS)

Universitas pasundan atau UNPAS merupakan universitas swasta lainnya yang memiliki Fakultas Kedokteran di kampusnya. Untuk gedungnya sendiri berlokasikan di Jl. Kenari, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Fakultas Kedokteran di Universitas ini terkenal dengan banyaknya artis yang masuk dan berkuliah di FK tersebut, selain itu juga banyak terdapat mahasiswa yang multitalent. Banyaknya model, penyanyi dan orang yang bekerja di bidang entertaiment yang berkuliah di Fakultas Kedokteran itu yang berasal dari Bandung dan sekitarnya. Maka tak heran hal tersebut menjadi salah satu daya tarik. Terlebih lagi akreditasi di Fakultas Kedokteran UNPAS sudah cukup bagus.

Demikian adalah beberapa referensi Universitas di Bandung yang mempunyai Fakultas Kedokteran. Apabila  teman-teman ingin melanjutkan studi di bidang kedokteran sebaiknya segera mempersiapkan diri secara materi maupun pikiran. Karena tidak mudah untuk masuk dan lulus dari sebuah Fakultas Kedokteran manapun. Berbanggalah apabila kalian bisa menjadi seorang Dokter, karena seorang Dokter dapat dikatan sebuah penghubung do’a anatara hamba dan Tuhannya tentang kesehatan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.