Ikatan Dinas Adalah: Pengertian dan Contoh Perguruan Tinggi

oleh | Sep 23, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Ikatan Dinas Adalah – Saat ingin melanjutkan pendidikan, pasti sering terdengar istilah ikatan dinas. Ada beberapa perguruan tinggi yang dalam pengumuman penerimaannya mengatakan bahwa siswa harus bersedia mengikuti ikatan dinas sesuai ketentuan. Apa, sih, sebenarnya ikatan dinas itu?

Di Indonesia, perguruan tinggi yang menyediakan ikatan dinas selalu ramai diserbu oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Peserta didik yang mengikuti ikatan dinas akan memiliki pekerjaan yang terjamin sehingga tidak perlu repot ketika lulus nanti.

Apakah kamu tertarik untuk masuk ikatan dinas? Cari tahu penjelasannya dulu, yuk, di bawah ini!

Apa Itu Ikatan Dinas?

Singkatnya, ikatan dinas adalah program perjanjian yang dilakukan oleh suatu lembaga dan peserta didiknya. Sesuai namanya, program ini bersifat mengikat untuk kedua belah pihak. Pihak lembaga atau instansi harus bersedia untuk membayar biaya pendidikan. Sedangkan peserta didik harus mau bekerja di bawah lembaga yang telah membiayai pendidikannya.

Program ikatan dinas merupakan win-win solution bagi lembaga maupun siswa. Pihak siswa akan dibantu untuk mendapat pendidikan. Sedangkan pihak pemberi beasiswa bisa mendapatkan tenaga kerja yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Ikatan Dinas dan Sekolah Kedinasan

Banyak orang yang menyamakan ikatan dinas dengan sekolah kedinasan. Keduanya memang sangat berhubungan karena banyak sekolah kedinasan yang menyelenggarakan ikatan dinas. Meskipun begitu, keduanya tetaplah hal yang berbeda.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada dalam naungan lembaga atau kementerian. Sekolah ini dikelola oleh lembaga tersebut. Pembelajarannya juga disesuaikan dengan keahlian lembaga misalnya yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) yang menaungi Politeknik Statistika (Polstat STIS).

Perlu diketahui bahwa tidak semua sekolah kedinasan mengadakan program ikatan dinas. Ada beberapa perguruan tinggi yang mengadakan ikatan dinas seperti AKPOL. Namun, ada juga sekolah kedinasan yang bukan ikatan dinas seperti Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN).

Jadi, meskipun kamu masuk sekolah kedinasan, kamu tidak selalu akan mengikuti ikatan dinas. Program ini hanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memang mengadakannya.

Baca juga Cari Tahu 7 Fakta Sekolah Kedinasan Ini Sebelum Mendaftar!

Jalur Masuk Sekolah dengan Ikatan Dinas

Program ikatan dinas tentunya juga diadakan oleh berbagai sekolah kedinasan yang dimiliki oleh pemerintah. Ada banyak sekolah kedinasan di Indonesia yang membuka penerimaan peserta didik dengan menggunakan ikatan dinas. Jika kamu masuk perguruan tinggi jalur ini, setelah lulus akan diangkat menjadi pegawai negara.

Program ikatan dinas yang diadakan oleh sekolah kedinasan pembiayaan mahasiswanya dilakukan oleh negara. Artinya, setelah lulus, peserta didiknya harus bersedia untuk mengabdi kepada negara sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Penerimaan peserta didik sekolah kedinasan jalur ikatan dinas dilakukan untuk mendidik calon tenaga ahli yang dibutuhkan pemerintah. Oleh karena itu, seleksinya diselenggarakan dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara secara langsung.

Seleksi sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dilaksanakan setiap tahunnya secara terintegrasi. Penerimaan ini juga dibuka secara nasional untuk siapa pun yang memenuhi persyaratan. Peserta seleksi bisa memilih 1 program studi di 1 perguruan tinggi yang paling sesuai dengan minatnya.

Contoh Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah

Ikatan dinas adalah program yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pegawai dengan kemampuan memadai. Sekolah kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan ikatan dinas ini cukup beragam dengan konsentrasi ilmu berbeda-beda. Beberapa contoh sekolah ikatan dinas pemerintah yaitu:

  • Akademi Kepolisian (AKPOL)
  • Akademi Militer (AKMIL)
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  • Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)
  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
  • Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
  • Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Itu tadi artikel tentang Ikatan Dinas Adalah: Pengertian dan Contoh Perguruan Tinggi. Mengikuti program ikatan dinas merupakan pilihan tepat jika kamu ingin berkuliah secara gratis dan langsung bekerja setelah lulus. Jika tertarik, kamu bisa mengikuti penerimaan sekolah dengan ikatan dinas ketika seleksinya dibuka.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...