Informasi Jurusan Desain Interior: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Kampusnya!

by | Apr 15, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, PTN, PTS | 0 comments

Jurusan Desain Interior – Belakangan, mungkin kamu sering melihat interior ruangan mulai dari ruang tamu, kamar tidur hingga cafe yang terlihat Instagramable. Tidak hanya memanjakan mata, interior ruangan seperti ini juga menambah kenyamanan dan nilai guna suatu ruangan. Nah, salah satu profesi yang turut andil di balik ruangan cantik dan fungsional ini adalah seorang desainer interior.  

Menjadi seorang desainer interior membutuhkan ilmu dan kemampuan seputar perancangan hingga tata letak di suatu ruangan yang bisa diperoleh dengan mengambil jurusan kuliah desain interior. Bagi kamu yang memiliki minat untuk melanjutkan studi di bidang desain interior, berikut gambaran mata kuliah yang akan kamu pelajari serta prospek kerja yang bisa kamu coba setelah lulus. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Baca Juga: Informasi 5 Macam Jurusan Desain dan Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan Desain Interior

Jurusan desain interior mendorong kamu untuk bisa berpikir kreatif hingga dapat menemukan sisi kenyamanan pengguna dengan ruangan melalui interior-interior yang digunakan. Dalam pembangunan sebuah ruangan, aspek yang perlu diperhatikan tidak hanya mengenai perlindungan saja. Namun, juga mengenai sisi psikologis kenyamanan pengguna ruangan. 

Maka dari itu pada jurusan desain interior ini tidak hanya belajar mengenai tata letak suatu ruangan saja, namun juga mengenai psikologi. Perlu diketahui, bahwa desain interior dan arsitektur adalah dua jurusan yang berbeda, lho. Jurusan arsitektur akan mempelajari perancangan bangunan, sementara  desain interior bertugas untuk menambah nilai dalam ruangan yang sudah jadi.

Prospek Kerja

Jurusan desain interior juga memiliki beragam prospek kerja. Prospek kerja untuk jurusan desain interior memang tidak jauh-jauh dari ruangan, konstruksi, interior, properti, dan tentunya desain. Bahkan menjadi lulusan desain interior juga bisa membawamu untuk bekerja di BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Contohnya seperti, PT. Wijaya Karya (Persero) dan PT. Adhi Karya (Persero). Namun, selain itu desain interior ini juga memiliki banyak peluang, lho. Berikut prospek kerja yang bisa menjadi pilihan kamu ketika lulus dari jurusan desain interior:

  1. Desainer Interior

Secara umum, tentunya lulusan desain interior akan bekerja menjadi seorang desainer interior rumah, kantor, rumah sakit, maupun hotel. Desainer interior memiliki tugas untuk bisa menciptakan ruangan yang nyaman untuk rumah, kantor maupun bangunan lainnya.

Kemampuan menggambar saja tidak cukup untuk menjadi seorang desainer interior, karena seorang desainer interior perlu untuk menerjemahkan dan mewujudkan keinginan, kebutuhan, dan selera klien dalam bentuk visual.

  1. Konsultan Properti

Tidak hanya seorang psikolog yang memiliki tugas untuk memberi masukan kepada klien. Seorang konsultan juga memiliki peran untuk membantu kliennya dalam menentukan pilihan dan langkah yang ingin diambil, salah satunya seperti seorang Konsultan Properti.

Konsultan properti memiliki tugas untuk memberikan masukan ataupun bimbingan mengenai tren properti saat ini dan memberikan saran agar investasi yang dilakukan menguntungkan. Menjadi seorang konsultan properti bukan hanya membutuhkan pemahaman ilmu mengenai properti saja, kamu juga membutuhkan skill negosiasi.

  1. Kontraktor

Menjadi seorang kontraktor juga bisa menjadi pilihan kamu ketika lulus dari desain interior. Kontraktor erat kaitannya dengan pembangunan, pemeliharaan, pembongkaran, dan pembangunan kembali sebuah bangunan gedung maupun bangunan sipil. Selain itu, menjadi kontraktor juga memiliki tugas untuk membantu klien dalam hal konsultasi konstruksi mengenai, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen penyelenggaraan konstruksi bangunan.

Kontaktor menghabiskan waktunya lebih banyak pada pekerjaan lapangan, apalagi di Indonesia sendiri seorang kontaktor memiliki peran yang cukup penting dalam pembangunan infrastruktur (jalan raya, jalan tol, jalur kereta, pembangkit listrik, dan masih banyak lagi)

  1. Desainer Grafis

Selain bekerja untuk bangunan dan ruangan, lulusan desain interior juga memiliki kesempatan untuk bisa membangun karir dalam dunia media, lho. Salah satunya yaitu menjadi desain grafis. Menjadi desain grafis artinya kamu memiliki tugas untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik. Seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab yang besar atas tampilan promosi suatu produk pada media. Selama perkuliahan tentunya kamu sudah terlatih mengenai perancangan sebuah desain, yang tentunya hal tersebut membantu kamu untuk mudah menjadi seorang desain grafis.

Mata Kuliah Desain Interior

Jurusan Desain Interior ini merupakan jurusan yang tergabung dengan ilmu seni, teknik, psikologi, dan manajemen. Pada jurusan desain interior ini pertama-pertama kamu akan diajarkan mengenai dunia desain interior, seperti gambar, warna, 3D, merancang interior, hingga bisnis interior.

Contohnya pada Institut Teknologi Bandung, dimana pada tahun pertama mahasiswa akan menjalani pendidikan Tahap Persiapan Bersama (TPB). Pada tahap tersebut mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai subjek mata kuliah dasar, hingga di akhir tahun mahasiswa akan memilih program studi atas dasar minat dan prestasi akademik mahasiswa.

Sebagai gambaran mata kuliah apa saja yang akan kamu hadapi ketika memilih jurusan desain interior, berikut contoh mata kuliah pada jurusan desain interior Institut Teknologi Bandung:

  • Dasar Seni Rupa dan Desain
  • Gambar
  • Kreativitas dan Humanika
  • Rekayasa dan Desain
  • Studi Gubahan Desain
  • Teknik Presentasi Desain Interior
  • Psikologi Desain Interior
  • Tata Suara dan Cahaya Interior
  • Desain Mebel

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui dari Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Perguruan Tinggi Dengan Jurusan Desain Interior

Jurusan Desain Interior ini termasuk jurusan yang cukup mudah untuk ditemukan di Perguruan Tinggi. Berikut beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan Desain Interior.

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Trisakti
  3. Universitas Mercu Buana
  4. Institut Teknologi Bandung
  5. Institut Kesenian Jakarta
  6. Institut Seni Indonesia Denpasar
  7. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  8. Institut Seni Indonesia Surakarta
  9. Binus University
  10. Telkom University

Semoga Informasi Jurusan Desain Interior: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Kampusnya bisa membantu kamu, ya! Jika kamu tertarik untuk kuliah di jurusan desain interior, jangan lupa persiapkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan di perguruan tinggi pilihan kamu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan