Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Informasi Tentang Jurusan Ilmu Komputer, Mata Kuliah, dan Kampusnya

oleh | Nov 16, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Ilmu Komputer – Di masa seperti sekarang ini, teknologi berupa komputer sangat berkembang. Penggunaannya sangat luas dan telah menjadi bagian dari kehidupan. Tentunya, dibalik kemajuan teknologi ini, terdapat para ahli di bidang komputer yang mengembangkannya.

Salah satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih jika ingin menjadi ahli di bidang komputer yaitu Ilmu Komputer. Jurusan yang berada di rumpun saintek ini termasuk sebagai pilihan yang banyak diambil oleh calon mahasiswa. Salah satu alasan utamanya yaitu karena ilmu dan kemampuan yang bisa didapat dari perkuliahan di Ilmu Komputer.

Apa saja sebenarnya yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komputer? Perguruan tinggi mana saja yang membuka jurusan ini? Cari tahu penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Jurusan Ilmu Komputer?

Ilmu Komputer adalah salah jurusan yang berfokus pada pembelajaran di sains komputer atau komputasi. Mahasiswa akan belajar berbagai hal baik yang abstrak seperti algoritma sampai ilmu konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, dan juga perangkat keras. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang computer programming.

Bidang pembelajaran Ilmu Komputer sangatlah luas mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Di jenjang Sarjana, mahasiswa akan belajar selama 4 tahun atau 8 semester. Pada semester-semester awal, mahasiswa belajar materi Ilmu Komputer secara umum. Lalu, di semester berikutnya, mahasiswa bisa memilih peminatan.

Peminatan di jurusan Ilmu Komputer berbeda-beda tergantung kurikulum setiap perguruan tinggi. Sebagai contoh, mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Indonesia bisa memilih salah satu dari 3 peminatan yang ada yaitu:

  • Kecerdasan Artifisial
  • Infrastruktur dan Keamanan
  • Rekayasa Perangkat Lunak

Baca juga Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Aktuaria?

Materi yang Dipelajari oleh Mahasiswa

Fokus pembelajaran di jurusan ini berada pada sains di bidang komputer. Materi yang dipelajari pun beragam mengikuti kurikulum setiap kampus. Mahasiswa perlu mengambil mata kuliah sesuai kurikulum ini untuk bisa memiliki kompetensi sebagai lulusan Ilmu Komputer.

Mata kuliah untuk jurusan Ilmu Komputer berbeda-beda tergantung kebijakan perguruan tinggi. Sebagai gambaran, berikut ini mata kuliah Ilmu Komputer di Universitas Indonesia.

jurusan ilmu komputer
jurusan ilmu komputer

Mata Kuliah Peminatan Kecerdasan Artifisial

jurusan ilmu komputer

Mata Kuliah Peminatan Infrastruktur dan Keamanan

Mata Kuliah Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak

jurusan ilmu komputer

Pilihan Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer termasuk sebagai jurusan di bidang IPA yang populer bagi calon mahasiswa. Hal ini terlihat dari jumlah peminat Ilmu Komputer setiap kali pendaftaran mahasiswa baru dibuka. Populernya jurusan ini di berbagai kampus yang membuka jurusan ini.

Popularitas Ilmu Komputer di Indonesia diseimbangi dengan banyaknya perguruan tinggi yang membuka program ini. Banyak kampus yang menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komputer baik di kampus swasta atau pun negeri. Beberapa kampus yang membuka jurusan ini yaitu:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Telkom University
  • BINUS University
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjadjaran
  • Institut Pertanian Bogor

Kamu bisa menggunakan informasi tentang jurusan Ilmu Komputer, mata kuliah, dan kampusnya ini sebagai referensi. Jurusan ini cocok jika kamu ingin mendalami ilmu di bidang komputer. Semoga bermanfaat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!