Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Informasi Tentang Jurusan Sosiologi, Mata Kuliah, dan Kampusnya

oleh | Feb 12, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Sosiologi – Sosiologi merupakan salah satu jurusan yang sebagian besar ada di setiap perguruan tinggi. Sosiologi merupakan studi tentang hubungan sosial manusia dan dinamika sosial. Jurusan ini mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan pola perilaku masyarakat.

Di jurusan ini, kamu akan belajar ilmu dengan cakupan yang sangat luas. Fokus program studi ini juga menyasar di banyak aspek. Bagi kamu yang tertarik masuk jurusan Sosiologi, yuk, simak pembahasan lebih lanjut berikut ini.

Apa Itu Jurusan Sosiologi?

Sosiologi merupakan bidang ilmu yang membahas berbagai bidang yang terkait dengan hubungan antar manusia dan pengaruhnya. Di jurusan ini kamu akan mempelajari struktur dan karakter masyarakat, fenomena sosial, bahkan permasalahan masyarakat. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari metode survei sosial (kuisioner dan statistik), serta metode analisis dari hasil survei tersebut.

Ruang lingkup pembelajaran di prodi Sosiologi luas sekali. Ilmu ini juga mengajarkan berbagai teknik penelitian pada hampir semua aspek kehidupan sosial. Sebagai mahasiswa Sosiologi kamu juga akan melakukan penelitian lapangan dan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk mengkaji fenomena sosial secara kritis.

Baca juga Antropologi, Jurusan yang Mempelajari Manusia, Tertarik?

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sosiologi

Setiap kampus memiliki kurikulum pembelajaran yang tidak sama. Kurikulum dan mata kuliah di jurusan Sosiologi akan berbeda-beda untuk setiap kampus. Sebagai referensi, berikut contoh kurikulum mata kuliah Sosiologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Sosiologi

Sosiologi merupakan jurusan yang banyak diajarkan di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kampus yang menyelenggarakan pembelajaran di jurusan ini pun beragam baik itu perguruan tinggi negeri atau swasta. Berikut daftar perguruan tinggi yang membuka Jurusan Sosiologi.

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Andalas
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Terbuka (UT)
  • Universitas Udayana
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Hasanuddin

Itulah artikel Informasi Tentang Jurusan Sosiologi, Mata Kuliah, dan Kampusnya. Bagi kamu yang tertarik mempelajari hubungan masyarakat kamu bisa memilih jurusan ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tertarik Kuliah di Sosiologi? Yuk, Cek Mata Kuliahnya di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Informasi Tentang Jurusan Sosiologi, Mata Kuliah, dan Kampusnya […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!