Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ingin Kuliah di PTN? Yuk Ikuti 8 Tips Lolos UTBK SBMPTN di Sini!

oleh | Mar 1, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Lolos UTBK SBMPTN – Semua siswa tentunya mempunyai impian ingin kuliah di PTN favoritnya masing-masing, termasuk kamu. Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di PTN favoritmu, kamu harus siap bersaing dengan siswa lainnya. Ada tiga jalur masuk PTN yang bisa kamu ikuti, salah satunya yaitu SBMPTN.

SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan tes ujian secara nasional dan serentak. Persaingan SBMPTN tiap tahunnya sangat ketat dan hanya yang terseleksi yang akhirnya bisa masuk PTN favorit. Namun, kamu harus ikut UTBK sebagai syarat mendaftar SBMPTN karena nilai dari UTBK akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN.

Agar kamu berkesempatan besar diterima di PTN favorit melalui jalur SBMPTN, yuk ikuti beberapa tips bagi kamu yang ingin lolos UTBK berikut ini.

Pilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Jurusan yang kamu pilih harus sesuai dengan minat dan bakatmu. Hindari jurusan yang tidak kamu minati karena kamu akan menghabiskan waktu kurang lebih 4 tahun untuk mempelajari mata kuliah jurusan tersebut. Cermati secara detail informasi jurusan di situs LTMPT SBMPTN seperti ketetatan, peminat, dan daya tampung.

Pilih Strategi dalam Memilih Jurusan dan PTN

Kamu harus mempunyai strategi tepat dalam memilih jurusan dan PTN. Jangan sampai kamu gagal karena salah memilih jurusan yang diminati. Faktor yang harus diperhitungkan adalah perhatikan ketatnya persaingan dengan melihat passing grade dan jumlah peminat jurusan.

Baca juga 5 Fakta Nilai UTBK yang Perlu untuk Dipahami

Cari Informasi UTBK SBMPTN Sedetail Mungkin

Kamu perlu mengumpulkan banyak informasi tentang UTBK SBMPTN. Kemungkinan, peraturan UTBK pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jangan lupa untuk cermati dokumen yang diperlukan dan dibawa, baik untuk pendaftaran dan saat pelaksanaan ujian.

Pahami Konsep Soal

Soal UTBK dari tahun ke tahun memiliki pola yang tidak jauh berbeda. Semakin kamu mengerjakan banyak soal latihan, semakin kenal juga kamu dengan konsep pola soal ujian yang sering muncul. Jika kamu akrab dengan konsep pola soal, maka kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya.

Dapat Nilai UTBK yang Tinggi

Nilai UTBK merupakan nilai yang digunakan untuk syarat masuk PTN jalur masuk SBMPTN dan Mandiri. Bagi kamu yang mendapat nilai UTBK tinggi, akan memiliki kesempatan besar masuk jurusan dan kampus yang diinginkan. Kamu bisa mendapat nilai UTBK tinggi dengan cara memahami konsep materi ujian, mengetahui sistem penilaian UTBK, dan menghitung waktu pengerjaan soal.

Ikut Try Out

Kamu bisa mengikuti try out untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Selain itu, juga dapat mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal dan menentukan tingkat kelolosan. Hal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan dan kesiapanmu dalam menghadapi UTBK. Kamu juga bisa mengetahui materi mana saja yang belum dimengerti.

Time Management yang Baik Saat Mengerjakan Ujian

Pada saat mengerjakan UTBK nanti, akan ada sistem blocking time. Untuk soal setiap subtes yang dikerjakan, nantinya akan ada batas waktu pengerjaan soal yang berbeda-beda. Kamu harus mengerjakan soal UTBK sekaligus berpacu dengan waktu.

Kamu harus memiliki strategi manajemen waktu yang efektif dalam mengerjakan UTBK. Kerjakan soal dari yang mudah terlebih dahulu, kemudian kembali pada soal yang sulit ketika semua soal mudah sudah terselesaikan. Selain itu, ceklah timer pada layar komputer atau bawalah jam tangan ke ruang ujian agar kamu bisa memantau waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal.

Jaga Kesehatan dan Fisik

Kamu tentunya harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan UTBK dengan maksimal. Terlebih pelaksanaan UTBK kamu harus berada di depan layar komputer selama ujian berlangsung. Kamu perlu menjaga matamu jangan sampai terlalu lelah saat menatap layar komputer.

Selalu istirahat yang cukup dan usahakan untuk tidur lebih awal. Kurangi kegiatan yang bisa menguras tenaga dan mengganggu kesehatan badanmu. Jangan lupa juga jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Ingin Kuliah di PTN? Yuk Ikuti 8 Tips Lolos UTBK SBMPTN di Sini! Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu untuk lolos UTBK SBMPTN.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Simak Daftar PTN yang Menggunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Ingin Kuliah di PTN? Yuk Ikuti 8 Tips Lolos UTBK SBMPTN di Sini! […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…