Ini Dia 7 Prospek Kerja Buat Kamu yang Ingin Kuliah Sistem Informasi

oleh | Sep 17, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Prospek Kerja Sistem Informasi – Perkembangan teknologi menuntut orang untuk ikut beradaptasi. Tidak hanya sebagai pengguna, saat ini, kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli di bidang ini juga semakin meningkat. Banyak perusahaan yang terus membuka rekrutmen untuk pekerja di bidang teknologi.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika ingin bekerja di bidang teknologi atau IT adalah denagn berkuliah di jurusan yang sesuai. Tidak melulu harus di jurusan Teknik Informatika, saat ini, terdapat banyak jurusan lain yang sejenis seperti Sistem Informasi.

Sistem Informasi merupakan jurusan yang cukup berkembang dan banyak diminati. Jurusan ini merupakan pilihan yang dapat diambil jika kamu ingin berkuliah di bidang teknologi namun juga belajar manajemen atau bisnis. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di banyak bidang dengan bermodalkan ilmu dan gelar yang telah diperoleh.

Tertarik kuliah di jurusan ini? Sebelumnya, yuk, cari tahu dulu apa saja prospek kerja lulusan Sistem Informasi di bawah ini!

Software Developer

Pilihan karier yang bisa kamu jajal sebagai lulusan Sistem Informasi yaitu sebagai Software Developer. Pada bidang ini, kamu akan bekerja mulai dari pembuatan, pengembangan, bahkan sampai uji coba software.

Program perangkat lunak yang kamu buat pun bisa bermacam-macam tergantung perusahaanmu. Saat ini, permintaan akan pekerja Software Developer sangat tinggi karena banyak perusahaan yang membutuhkan perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas.

Network Administrator

Lulusan Sistem Informasi juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai Network Administrator. Di sini, kamu akan bekerja terkait pengelolaan, desain, dan juga pengembangan sistem informasi di suatu perusahaan.

Selain berurusan dengan komputer dan teknologi, kamu juga perlu berinteraksi dengan orang lain jika bekerja di bidang ini. Kamu harus bisa mengajari orang atau pegawai lain terkait sistem informasi yang telah kamu kembangkan.

System Analyst

prospek kerja sistem informasi

System Analyst merupakan posisi yang penting dan sangat dibutuhkan di era seperti sekarang ini. Kamu akan mengerjakan banyak hal untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari sistem yang nantinya berguna untuk perusahaan.

Sebagai seorang System Analyst, kamu akan memeriksa sistem dan juga model bisnis yang telah ada. Hasil dari analisa tersebut kemudian akan digunakan untuk pengembangan guna bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga Seperti, Apa, Sih, Program Studi Teknik Informatika Itu?

Web Developer

Sebagai seorang lulusan dari jurusan yang berhubungan dengan teknologi, kamu juga bisa bekerja sebagai Web Developer. Pada pekerjaan ini, kamu akan membuat dan mengembangkan website sesuai dengan permintaan klien.

Profesi sebagai Web Developer saat ini memiliki permintaan yang tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya bisnis yang membutuhkan website untuk bisa online dan mendapatkan banyak konsumen.

Enterprise Resource Planning (ERP)

Kamu juga bisa bekerja di bidang Enterprise Resource Planning atau ERP. ERP sendiri merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk integrasi aktivitas sebuah perusahaan baik itu untuk kegiatan organisasi atau pun bisnis.

Aplikasi ERP ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan di sebuah perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan yang mengembangkan aplikasi ini sehingga kebutuhan akan ahli di bidang ERP terus meningkat.

UI/UX Developer

Prospek kerja lulusan Sistem Informasi yang lainnya yaitu sebagai UI/UX Designer atau User Interface dan User Experience. Pekerjaan ini merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan.

Sebagai seorang UI Designer, kamu akan mengembangkan tampilan sebuah aplikasi atau website untuk memudahkan pengguna. Sedangkan seorang UX Designer akan berfokus pada bagaimana user bisa dengan mudah menggunakan aplikasi/web. Kolaborasi UI dan UX Designer akan membuat pengguna bisa dengan mudah memakai aplikasi.

Business Data Analyst

Business Data Analyst merupakan salah satu prospek kerja yang bisa kamu coba sebagai lulusan Sistem Informasi. Sesuai namanya, kamu akan berurusan dengan data ketika bekerja di bidang ini.

Seorang Business Data Analyst akan berhubungan erat dengan data baik itu mengumpulkan dan mengolahnya. Hasil dari analisis yang telah dilakukan kemudian dilaporkan kepada perusahaan. Kemudian, data tersebut akan digunakan sebagai informasi baik itu untuk evaluasi maupun pengembangan.

Ini dia 7 prospek kerja buat kamu yang ingin kuliah Sistem Informasi. Kamu bisa bekerja di salah satu bidang di atas jika telah lulus dari jurusan tersebut. Meskipun begitu, masih ada banyak pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan sebagai lulusan Sistem Informasi. Pilih pekerjaan yang paling sesuai dengan minatmu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...