Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Jangan Putus Asa! Berikut Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

oleh | Jun 23, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Alternatif Tidak Lulus SBMPTN – Semua siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi ke PTN berusaha untuk bisa lulus SBMPTN. Namun, tidak semua calon mahasiswa bisa berkesempatan lolos UTBK-SBMPTN.

Pengumuman hasil seleksi UTBK-SBMPTN telah diumumkan tanggal 23 Juni 2022 lalu. Bagi kamu yang tidak lolos di UTBK-SBMPTN kemarin, jangan sedih dan putus asa, ya. Ada beberapa pilihan alternatif bagi kamu yang belum berkesempatan lolos SBMPTN di PTN pilihanmu. Yuk, simak lengkapnya di bawah ini.

Mengikuti Seleksi Mandiri PTN

Selain jalur SBMPTN, kamu bisa mengikuti jalur Seleksi Mandiri. Bagi kamu yang tetap ingin berkuliah di PTN pilihanmu, bisa mengikuti ujian mandiri yang diselenggarakan oleh PTN favoritmu. Informasi mengenai Seleksi Mandiri bisa kunjungi website atau media sosial PTN pilihanmu.

Jika kamu ingin mengikuti jalur ini, pastikan kamu sudah mendaftar sebelumnya ya. Perlu diperhatikan ketentuan dan persyaratan jalur mandiri di PTN pilihanmu ya karena di setiap universitas mempunyai aturan yang berbeda-beda.

Mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta

Selain kuliah di PTN, kamu bisa mempertimbangkan mendaftar kuliah di perguruan tinggi swasta. Ada banyak perguruan tinggi swasta yang tidak kalah bagus kualitasnya dengan PTN. Contohnya UII, UMM, UAD, UMY, Binus University, Universitas Telkom, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin melanjutkan studi di PTS, kamu perlu mengecek akreditasi kampus, jurusan, dan fasilitasnya. Selain itu, perlu juga untuk kamu mengecek biaya kuliahnya karena tidak semua PTS menerapkan biaya kuliah yang mahal.

Baca juga Ikuti Tips-tips Ini Supaya Lolos Ujian Mandiri PTN

Mendaftar di Sekolah Vokasi & Politeknik

Pertimbangan alternatif selanjutnya adalah mendaftar di sekolah vokasi, politeknik, atau akademi. Pendidikan Vokasi yaitu perguruan tinggi yang menunjang mahasiswanya untuk menguasai keahlian terapan tertentu. Program pendidikannya meliputi D1, D2, D3, dan D4.

Pendidikan Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi/pelatihan vokasional. Program di politeknik lebih mengutamakan praktik dibanding teori. Sedangkan pendidikan akademik mengutamakan penguasaan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni.

Memilih Gap Year

Ada beberapa siswa yang memilih untuk gap year setelah gagal dalam SBMPTN. Mereka akan mengikuti UTBK-SBMPTN pada tahun depan dengan persiapan yang lebih matang. Jika kamu memilih untuk gap year, kamu rehat terlebih dahulu selama setahun untuk menunggu SBMPTN tahun depan.

Jika tidak ingin gagal lagi di SBMPTN tahun depan, kamu harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN tahun berikutnya. Terlebih, kamu bisa punya banyak waktu untuk belajar UTBK-SBMPTN. Ada baiknya juga jika kamu mengikuti bimbel intensif untuk UTBK-SBMPTN agar kesempatanmu lolos di tahun depan lebih besar.

Kuliah di Luar Negeri

Selain kuliah di Indonesia, kamu bisa kuliah di luar negeri. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Jika kamu kuliah di luar negeri, banyak pengalaman yang bakal kamu dapat seperti memperluas jejaring internasional, mempelajari berbagai perspektif baru, dan pengalaman tinggal di luar negeri.

Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Bagi kamu yang masih ingin melanjutkan studi di PTN lewat jalur SBMPTN, pilihan ini bisa kamu ambil. Kamu harus belajar lebih tekun lagi dan jangan lupa untuk mempersiapkan mental dan fisik secara baik, ya.

Kamu sudah memiliki pengalaman mengikuti UTBK-SBMPTN sebelumnya, jadi tentunya kamu harus lebih siap lagi dibandingkan tahun ini. Kegagalan lolos di SBMPTN tahun ini bisa menjadi pengalaman untukmu mengetahui dan menghadapi UTBK-SBMPTN tahun depan. Pelajari soal dan materi ujian secara mendalam supaya kamu bisa menyelesaikan soal tahun berikutnya dengan lebih mudah.

Itulah artikel Jangan Putus Asa! Berikut Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN. Bagi kamu yang gagal dalam SBMPTN tahun ini, simak dan perhatikan alternatif di atas ya. Semoga artikel di atas membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ingin Menunda Kuliah? Lakukan 5 Kegiatan Ini Agar Tetap Produktif selama Gap Year | LKBB Indonesia college - […] Baca juga: Jangan Putus Asa! Berikut Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!