Jangan Sampai Salah! Ini Dia 7 Tips Memilih Sekolah Kedinasan

oleh | Apr 17, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Memilih Sekolah Kedinasan – Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) tahun 2021 sudah dibuka sejak 9 April lalu. Berbagai sekolah kedinasan yang berada dalam naungan lembaga negara ikut meramaikan seleksi peserta didik ini.

Proses pendaftaran PTK ikatan dinas ini dilaksanakan melalui satu portal milik BKN. Di sana, calon peserta seleksi diharuskan untuk membuat akun dan melengkapi pendaftaran. Setelah itu, peserta yang lolos administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar yang juga diselenggarakan oleh BKN. Apabila lolos tahapan ini, barulah pendaftar akan diseleksi langsung oleh sekolah kedinasan yang dipilih.

Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar ke laman BKN, ada satu hal yang harus dilalui terlebih dahulu oleh pendaftar yaitu memilih sekolah kedinasan yang tepat. Banyaknya pilihan yang tersedia terkadang membuat calon pendaftar bingung. Tak perlu khawatir, baca artikel Jangan Sampai Salah! Ini Dia 7 Tips Memilih Sekolah Kedinasan ini sampai selesai, ya.

Ketahui Sekolah Kedinasan yang Membuka Penerimaan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan yaitu mengetahui PTK yang membuka pendaftaran. Pada penerimaan tahun 2021 ini, ada 8 lembaga negara yang menyelenggarakan penerimaan melalui sekolah kedinasan. Berikut ini daftar PTK beserta lembaga negara yang menaunginya.

No. Kementrian/Lembaga Sekolah Kedinasan
1. BIN STIN
2. BMKG STMKG
3. BPS Polstat STIS
4. BSSN Poltek SSN
5. Kemendagri IPDN
6. Kemenkumham POLTEKIP dan POLTEKIM
7. Kemenkeu PKN STAN
8. Kemenhub 21 PTK (5 Darat, 10 Laut, 6 Udara)

Jika dijumlahkan, maka terdapat 29 PTK yang membuka pendaftaran melalui DIKDIN. Masing-masing sekolah kedinasan memiliki fokus pendidikan yang berbeda sehingga jangan sampai kamu salah memilih.

Cari Informasi Terkini

Memilih Sekolah Kedinasan

Setelah mengetahui sekolah-sekolah yang membuka pendaftaran, langkah selanjutnya yaitu mengetahui berbagai informasi terkait penerimaannya. Ada beberapa hal yang perlu untuk dicatat seperti formasi, syarat, jadwal, dan lain-lain.

Kamu bisa dapatkan informasi penerimaan berbagai sekolah kedinasan melalui link berikut ini.

  1. Penerimaan STIN
  2. Penerimaan STMKG
  3. Penerimaan Polstat STIS
  4. Penerimaan Poltek SSN
  5. Penerimaan IPDN
  6. Penerimaan POLTEKIP
  7. Penerimaan POLTEKIM
  8. Penerimaan PKN STAN
  9. Penerimaan Taruna DEPHUB

Perhatikan Baik-baik Persyaratan yang Diminta

Langkah selanjutnya supaya tidak salah memilih sekolah kedinasan yaitu memahami persyaratan yang diminta. Sesuaikan dengan kondisi asli yang kamu miliki. Apabila kamu lulusan IPS, maka pilihlah sekolah kedinasan dan program studi yang menerima pendaftar IPS. Sebagai contoh, kamu bisa mendaftar ke D-III Operasi Bandar Udara di PPI Curug.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan hal seperti persyaratan fisik. Beberapa sekolah kedinasan mengharuskan peserta didiknya untuk tidak berkacamata. Ada pula yang mensyaratkan tinggi badan minimal seperti STIN, yaitu 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.

Kamu juga perlu memperhatikan persyaratan seperti domisili asal. Bagi pendaftar PTDI STTD jalur Polbit Pemda, ada formasi tertentu yang sudah disediakan berdasarkan daerah. Pastikan kamu tidak salah pilih, karena pendaftar sekolah kedinasan jalur BKN hanya diperbolehkan untuk memilih satu prodi di satu PTK.

Membaca Berbagai Pengalaman Seleksi

Poltrada Bali

Apabila kamu masih bimbang dengan pilihanmu, hal lain yang bisa dilakukan yaitu mencari tahu berbagai pengalaman seleksi atau perkuliahan di sekolah kedinasan yang kamu incar. Pengalaman-pengalaman tersebut bisa dengan mudah kamu cari di internet.

Cerita-cerita dari orang lain yang sudah terlebih dahulu mengikuti seleksi dan lolos akan membantumu mendapat gambaran proses seleksi dan pendidikan ke depannya. Kamu juga bisa membandingkan berbagai cerita apabila masih bimbang karena memiliki beberapa pilihan PTK.

Teliti Saat Mendaftar dan Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Setelah memantapkan pilihan, selanjutnya kamu tinggal melakukan pendaftaran ke laman DIKDIN BKN. Persiapkan berbagai dokumen yang menjadi persyaratan. Apabila berkas yang kamu miliki berbentuk fisik, maka jangan lupa untuk men-scan-nya terlebih dulu.

Perhatikan pula pengisian data yang diminta. Ada banyak kolom yang perlu untuk diisi sehingga mungkin untuk melakukan kesalahan. Jangan sampai kamu kehilangan fokus dan salah mengisi, karena hal ini bisa menjadi alasan ketidaklolosanmu di tahap administrasi. Bisa dibilang, kalah sebelum perang.

Belajar Soal-soal SKD

Sembari menunggu proses seleksi administrasi berlangsung, kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan memperbanyak latihan soal-soal SKD. Ada tiga jenis materi yang akan diujikan yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seleksi Kompetensi Dasar merupakan pintu utama dalam seleksi sekolah kedinasan. Peserta yang lolos dari penyaringan ini barulah bisa mengikuti seleksi lanjutan dari PTK. Supaya sukses dan lancar menghadapi SKD, belajar dan banyak latihan soal merupakan hal yang mutlak. Kamu juga bisa pertimbangkan untuk mengikuti bimbingan belajar khusus sekolah kedinasan.

Persiapkan Kebugaran dan Kesehatan Fisik

Tes kesehatan dan fisik merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui ketika mendaftar sekolah kedinasan. Tidak memandang apabila pilihanmu bukan sekolah ketarunaan, karena untuk bisa lolos seleksi, kamu harus melewati tahapan ini.

Mempersiapkan fisik dengan menjaga pola makan dan olahraga perlu untuk dimulai sesegera mungkin. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal ketika menempuh tes lanjutan, terutama jika kamu memilih sekolah kedinasan dengan persyaratan fisik yang ketat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...