Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ilmu Ekonomi, Salah Satu Jurusan Tertua di Perguruan Tinggi

oleh | Des 11, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar


Jurusan Ilmu Ekonomi – Di rumpun ilmu sosial, ada banyak jurusan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih yaitu Ilmu Ekonomi. Jurusan ini berada di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama jurusan lainnya seperti Manajemen dan Akuntansi.

Ilmu Ekonomi merupakan jurusan yang sudah dikenal oleh masyarakat. Bahkan, di bangku sekolah menengah pun ilmu ini sudah dipelajari oleh siswa terutama di kelas IPS. Hanya saja, pembelajaran di bangku perkuliahan akan lebih dalam dan lebih kompleks.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa Ilmu Ekonomi? Apa yang kira-kira akan dipelajari? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Jurusan Ilmu Ekonomi?

Secara umum, Ilmu Ekonomi adalah bidang studi yang mempelajari penggunaan dan optimalisasi berbagai jenis sumber daya untuk kebutuhan manusia. Berbagai sumber daya yang ada baik itu sumber daya alam atau manusia jumlahnya terbatas sehingga perlu dikelola dengan baik.

Banyak yang beranggapan bahwa di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang uang. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena uang termasuk bidang yang dipelajari. Selain tentang uang, ada banyak ilmu lain yang dipelajari mahasiswa Ilmu Ekonomi seperti ilmu sosial, hukum, manajemen, dan sebagainya.

Materi yang akan dipelajari oleh mahasiswa juga bergantung pada peminatan yang diambil. Pada semester awal, mahasiswa akan mempelajari materi umum. Lalu di semester-semester berikutnya, ada peminatan yang bisa diambil oleh mahasiswa. Sebagai contoh, di Universitas Gadjah Mada, ada beberapa konsentrasi yang tersedia yaitu:

  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonomi Publik
  • Ekonomi Internasional
  • Ekonomi Moneter
  • Ekonomi Bisnis

Baca juga 8 Prospek Kerja untuk Mahasiswa Jurusan Manajemen.

Materi yang Dipelajari Mahasiswa Ilmu Ekonomi

Mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi memiliki bidang studi yang luas. Sebagai salah satu ilmu tertua di perguruan tinggi, Ilmu Ekonomi merupakan program yang sudah sangat berkembang. Setiap kampus telah mengembangkan kurikulum tertentu untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang ekonomi.

Tentunya, masing-masing perguruan tinggi memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa pun juga bermacam-macam. Sebagai contoh, berikut ini mata kuliah Ilmu Ekonomi di Universitas Gadjah Mada.

jurusan ilmu ekonomi
jurusan ilmu ekonomi
jurusan ilmu ekonomi
jurusan ilmu ekonomi
jurusan ilmu ekonomi

Perguruan Tinggi yang Membuka Program Ilmu Ekonomi

Hampir setiap perguruan tinggi di Indonesia membuka jurusan Ilmu Ekonomi. Hal ini dilakukan karena lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan. Selain itu, peminat Ilmu Ekonomi juga tidak pernah surut. Bahkan, banyak juga perguruan tinggi yang khusus mengajarkan ilmu yang ada di bidang ekonomi.

Ada banyak perguruan tinggi yang bisa kamu pilih jika tertarik untuk mempelajari Ilmu Ekonomi. Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ini yaitu:

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Kristen Satya Wacana
  • UIN Sunan Ampel
  • Universitas Negeri Medan

Itulah penjelasan tentang Ilmu Ekonomi, Salah Satu Jurusan Tertua di Peguruan Tinggi. Jurusan ini bisa dipilih jika kamu tertarik mempelajari ekonomi. Kamu dapat meilih perguruan tinggi yang membuka jurusan ini ketika mendaftar sebagai mahasiswa.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!