Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kampus Negeri dan Swasta yang Membuka Jurusan Sistem Informasi

oleh | Agu 16, 2022 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Kampus yang Membuka Jurusan Sistem Informasi – Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di bidang IT. Jurusan ini bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin kuliah di bidang teknologi serta manajemen dan bisnis. Kamu dapat memilih prodi Sistem Informasi untuk jenjang D3 maupun S1.

Prodi Sistem Informasi merupakan bidang yang menggabungkan ilmu komputer dengan manajemen dan bisnis. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan kemampuan untuk merangcang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kamu tertarik untuk kuliah di jurusan ini? Simak, di bawah ini daftar kampus yang membuka jurusan Sistem Informasi.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jurusan Sistem Informasi ITS berada di Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas. Program sarjana Sistem Informasi ITS terdiri dari 144 kredit. Pada tahun 2017, prodi ini telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Internasional AUN-QA.

Profil lulusan prodi ini antara lain Development Of Information System (IS Developer), Consultant And System Integrator (Consultant & System Integrator), Specialist Database (Database Specialist), dan Akademisi SI.

Telkom University

Prodi Sistem Informasi pertama kali beroperasi pada tahun 2008. Prodi ini merupakan prodi yang terdiri dari 2 domain, yaitu Bisnis dan Teknologi. Sistem Informasi menjembatani kesenjangan antara komponen teknis (teknologi informasi dan komunikasi) dan komponen non teknis (bisnis dan manajemen), sehingga lulusan dari program studi ini akan memiliki kompetensi teknologi dan bisnis.

Mata kuliah wajib yang ada di Sistem Informasi Telkom University:

  • Sistem Enterprise
  • Statistika Industri
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Desain Jaringan Komputer & Komunikasi Data
  • Sistem dan Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Pengembangan Aplikasi Web

Universitas Esa Unggul

Sistem Informasi Universitas Esa Unggul masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Lingkup studi Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.

Bidang peminatannya antara lain:

  • Sistem Informasi Korporasi
  • E-Bisnis
  • Manajemen Informasi
  • Komputerisasi Akuntansi

Baca juga Ini Dia 7 Prospek Kerja Buat Kamu yang Ingin Kuliah Sistem Informasi

Universitas Brawijaya (UB)

Sistem Informasi UB merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Komputer (Filkom). Dilansir dari website Universitas Brawijaya, jurusan di UB ini mendapatkan peringkat 3 besar prodi Sistem Informasi terbaik di Indonesia dan 50 besar Regional. Prodi ini juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Setiap lulusan prodi ini memiliki pengalaman dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pernah bekerja/magang/KKN-P di institusi/lembaga yang relevan guna mendukung peningkatan kompetensi.

Universitas Surabaya (UNESA)

Prodi S1 Sistem Informasi berada di bawah Jurusan Ilmu Komputer. Prodi ini adalah prodi multidisipliner ilmu yang banyak mempelajari tentang bisnis, manajemen serta ilmu-ilmu di bidang IT. Fokus prodi ini adalah pengembangan serta pemanfaatan sistem informasi dalam suatu organisasi.

Universitas Gunadarma

Bidang Komputer dan Informatika serta Sistem Informasi merupakan bidang yang sejak tahun 1981 sampai saat ini menjadi obyek pengabdian utama Yayasan Pendidikan Gunadarma. Sistem Informasi Universitas Gunadarma masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi serta telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Jurusan Sistem Informasi UMN merupakan gabungan dari ilmu teknologi informasi dan manajemen bisnis. Mahasiswa prodi ini harus menyelesaikan 146 SKS dengan lama 4 tahun. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

Prodi Sistem Informasi UMN memiliki beberapa peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dipelajari lebih mendalam. Fokus dari Sistem Informasi UMN adalah Mahadata sehingga beberapa peminatan yang mendukung hal tersebut diantaranya Big Data Specialist, IT Governance Specialist, Enterprise Resource Planning Specialist, dan Database Specialist.

Universitas Mercu Buana

Sistem Informasi Universitas Mercu Buana masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer. Mata kuliahnya antara lain Dasar Keamanan Komputer, Dasar Pemrograman, Sistem Basis Data, Logika Matematika, Pengantar Manajemen Dan Bisnis, Konsep Sistem Informasi, Perancangan Basis Data, Algoritma Dan Struktur Data, Rekayasa Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, dan lainnya.

Untuk mendukung profil lulusan yang baik, maka capaian pembelajaran lulusan prodi ini telah merujuk kepada jenjang kualifikasi KKNI, SN-Dikti, dan SKKNI/Asosiasi Profesi APTIKOM yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.

Universitas Widyatama

Sistem Informasi Universitas Widyatama masuk ke dalam Fakultas Teknik. Fasilitas yang disediakan antara lain laboratorium pendukung sesuai peminatan, portofolio dari sejumlah BUMN, serta penyediaan objek UMKM untuk mengembangkan solusi teknologi informasi secara mandiri bagi setiap mahasiswa. Bidang peminatannya, antara lain:

  • Mobile Application
  • Geographic Information System
  • Database Analyst
  • Enterprise Resource Planning
  • Information Technology Asset

Universitas Amikom

Prodi Sistem Informasi Universitas Amikom mempunyai 2 pilihan jalur kelulusan yaitu Jalur Skripsi dan Jalur Non Skripsi. Mata kuliahnya antara lain Logika & Algoritma, Pengantar Teknologi Informasi, Technopreneur, Pemrograman Terstruktur, Sistem Informasi Manajemen, Pengenalan Perancangan Web, Sistem Manajemen Basis Data, Bahasa Pemrograman, Sistem Operasi, Stuktur Data, dan masih banyak lagi.

Universitas Tarumanagara (Untar)

Sistem Informasi Untar masuk ke dalam Fakultas Teknologi Informasi. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Sistem Informasi di Untar dapat diselesaikan dalam 7 semester dan terdapat juga kelas sore bagi mahasiswa. Prodi ini bekerja sama dengan Database System (Oracle) dan Artificial Intelligence (Huawei).

Itulah Kampus Negeri dan Swasta yang Membuka Jurusan Sistem Informasi. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan Sistem Informasi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…