4 Kampus Swasta dengan Fakultas Kedokteran di Bandung

by | Mar 8, 2023 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 comments

Fakultas kedokteran di Bandung – Bandung merupakan salah satu kota yang didambakan banyak calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selain karena suasananya yang nyaman, Kota Bandung juga memiliki banyak pilihan kampus mulai dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hingga Swasta (PTS). Pilihan jurusan yang disediakan juga beraneka ragam mulai dari jurusan hukum, ilmu komunikasi, teknik, pendidikan hingga kedokteran.  

Pilihan kampus yang membuka program kedokteran di Bandung cukup bervariasi dengan kualitas yang tak kalah baiknya dengan PTN atau kampus swasta di daerah lain. Bagi kamu calon mahasiswa yang berminat untuk mengambil pendidikan dokter di Bandung, yuk simak pilihan kampusnya di sini!

Kampus Swasta dengan Fakultas Kedokteran di Bandung

1. Universitas Islam Bandung (Unisba)

Fakultas Kedokteran Unisba

Universitas Islam Bandung (Unisba) merupakan salah satu kampus swasta tertua di Kota Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1960 dengan nama Perguruan Islam Tinggi dan berganti menjadi Unisba sejak 1967.  Lokasi kampus FK Unisba berada di Jalan Tamansari nomor 22, Bandung. 

Pada tahun 2004, Unisba resmi membuka Fakultas Kedokteran yang saat ini menaungi Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter yang telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes. Pendaftaran jenjang sarjana prodi kedokteran Unisba dapat diikuti melalui jalur USM dan jalur PMDK mulai 9 Januari 2023 untuk Gelombang 1. 

2. Universitas Kristen Maranatha (UKM)

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha (UKM) telah berdiri sejak tahun 1965  dan menjadi salah satu yang terbaik di Bandung. Lokasi FK UKM berada di Gedung D, Universitas Kristen Maranatha Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65, Bandung. 

Pendidikan di Fakultas Kedokteran terdiri dari dua tahap yaitu pendidikan sarjana dan pendidikan profesi. Tahap pendidikan sarjana kedokteran di UKM dapat ditempuh dalam waktu 7 semester dengan beban studi 146 SKS. Sementara untuk pendidikan profesi dokter dapat ditempuh selama 4 semester dengan beban studi 45 SKS. 

Pendaftaran mahasiswa baru FK Universitas Kristen Maranatha untuk tahun 2023 sudah dibuka dengan jadwal seleksi yang bisa dipilih sendiri setiap Senin-Jumat. Materi seleksinya terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Khusus Kedokteran (Tes Biologi Manusia dan Tes Bakat & Kepribadian). 

Baca juga: 10 Program Studi Kedokteran di Universitas Swasta yang Sudah Terakreditasi A

3. Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani)

Fakultas Kedokteran Unjani

Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) merupakan salah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) milik TNI AD. Pada 20 April 1993, Unjani resmi mendirikan Program Studi Pendidikan Dokter yang saat ini telah terakreditasi Unggul oleh LAM-PTKes. 

FK Unjani berlokasi di Gedung Hindarto Joesman, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cimahi, Jawa Barat. Selain pendidikan Sarjana Kedokteran, FK Unjani juga membuka program Sarjana Administrasi Rumah Sakit, Profesi Dokter dan Magister Penuaan Kulit dan Estetika. 

Pendaftaran program studi kedokteran di FK Unjani dibuka melalui banyak jalur seperti jalur PMDK, USM, Raport hingga jalur undangan. Pendaftaran jalur PMDK dibuka mulai bulan Desember-Januari, sementara jalur USM  dibuka pada bulan Maret, Mei, Juni, Juli dan Agustus. Materi seleksi terdiri dari Tes Kemampuan IPA, TPA, Psikotes dan Psikometri. 

Baca juga: Skill Ini Harus Kamu Miliki Jika Ingin Sukses Menjadi Mahasiswa Kedokteran

4. Universitas Pasundan (Unpas)

Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan

Universitas Pasundan (Unpas) telah berdiri sejak tahun 1960 sebagai institusi pendidikan yang mengusung budaya Sunda dan Nilai Keislaman. Hingga saat ini Unpas telah memiliki 40 program studi, salah satunya program studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter di bawah Fakultas Kedokteran Unpas.  

FK Unpas berlokasi di Jl. Kenari, Kota Bandung, Jawa Barat. Fasilitas di FK Unpas juga sangat lengkap untuk mendukung pendidikan dokter dan profesi mulai dari laboratorium, ruang kelas, skills lab dan tutorial hingga fasilitas iPad & Medical Apps. 

Berminat menempuh pendidikan dokter di Unpas? Pendaftaran Program Studi Kedokteran Unpas telah dibuka untuk Gelombang1 mulai 9 Januari-1 April 2023. Materi seleksi untuk pendaftaran Kedokteran Unpas terdiri dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), wawancara, Open House, IPA Kedokteran dan USM Scholastic

Itulah daftar kampus swasta yang membuka Fakultas Kedokteran di Bandung, bisa jadi pilihan nih untuk calon mahasiswa dari Jawa Barat dan sekitarnya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan